Sebabkan Penyakit Aneh, Pengujian Vaksin COVID-19 Oxford-AstraZeneca Ditunda
Dunia

Uji klinis tahap III vaksin COVID-19 AstraZeneca bersama dengan Universitas Oxford akan ditunda atau dihentikan sementara lantaran memicu penyakit aneh yang tak dapat dijelaskan.

WowKeren - Inggris diketahui telah mengebut untuk menyelesaikan vaksin COVID-19 buatan mereka. Bahkan dalam waktu dekat AstraZeneca bersama dengan Universitas Oxford akan melakukan uji coba lanjutan vaksin COVID-19 tersebut.

Namun, AstraZeneca menghentikan sementara atau menunda uji klinis tahap III tersebut lantaran memicu penyakit aneh. Penyakit aneh yang tak dapat dijelaskan ini merupakan efek samping dari uji klinis sebelumnya.

"Sebagai bagian dari pelaksanaan uji coba global secara acak dan terkendali dari vaksin Oxford, berdasarkan standar proses kami, (maka kami) melakukan penundaan vaksinasi untuk melakukan peninjauan data keamanan (vaksin)," seperti tertulis dalam pernyataan resmi Astra Zeneca dilansir CNN, Rabu (9/9).

AstraZeneca tidak mengungkap reaksi efek samping apa yang terjadi pada peserta uji klinis itu. Namun, sumber Business Insider yang mengetahui masalah ini menyebut kemungkinan peserta uji coba itu akan kembali pulih.

Sumber itu menyebut langkah penundaan ini dilakukan sebagai langkah pencegahan berbagai hal. Sumber kedua menyebut penghentian sementara ini diperkirakan akan memengaruhi jadwal uji klinis vaksin tersebut. Bahkan kemungkinan akan memengaruhi juga uji vaksin dari pabrik lainnya.

"Ini adalah tindakan rutin yang harus dilakukan...sementara kami melakukan penyelidikan," demikian bunyi pernyataan tersebut. "(Hal ini dilakukan) jika muncul potensi penyakit yang tidak dapat dijelaskan dalam pengujian. Sehingga kami bisa memastikan keamanan uji klinis."


"Dalam uji coba skala besar, ada probabilitas muncul penyakit, tapi hal ini harus ditinjau secara independen untuk memeriksanya dengan cermat," lanjutnya. "Kami berupaya mempercepat peninjauan satu kasus ini, untuk mengurangi dampak pada jadwal uji coba. Kami berkomitmen terhadap keselamatan peserta kami dan standar yang tinggi dalam pencobaan kami."

Sebelumnya, AstraZeneca bersama delapan perusahaan lain menandatangani plakat perjanjian pada Selasa lalu. Isi plakat itu perusahaan-perusahaan ini sepakat untuk tidak mengejar persetujuan pemerintah yang prematur terhadap vaksin corona.

Mereka akan menunggu hasil data pengujian yang cukup untuk memastikan vaksin aman digunakan. Delapan perusahaan yang menandatangi kesepakatan itu adalah CEO AstraZeneca, BioNTech GlaxoSmithKline, Johnson & Johnson, Merck, Moderna, Novavax, Pfizer, dan Sanofi.

Perusahaan-perusahaan tersebut akan menguji vaksin besutan Universitas di Inggris, Oxford, di Amerika Serikat, Inggris, Amerika Latin, Asia, Eropa, dan Afrika Selatan. Vaksin AstraZeneca sendiri merupakan salah satu vaksin yang tengah diuji tahap akhir.

Dalam sebuah studi fase 1/2 dari vaksin Oxford yang diterbutkan Juli lalu, menyebut 60 persen dari 1.000 peserta pengujuan mengalami efek samping. Adapun efek samping yang dirasakan termasuk demam, sakit kepala, nyeri otot, dan reaksi di tempat suntikan, dianggap ringan atau sedang. Namun, semua efek samping itu mereda selama pengujian berlansung.

Vaksin besutan Oxford ini dikenal dengan AZD1222 dan dikembangkan menggunakan adenovirus. Adenovirus ini membawa gen untuk salah satu protein di SARS-Cov-2, virus yang menyebabkan COVID-19. Adenovirus ini dirancang untuk mendorong sistem kekebalan tubuh agar memberi perlindungan terhadap SARS-2.

Cara ini belum pernah digunakan dalam vaksin yang sudah disetujui dan beredar di pasaran. Tetapi, cara ini sudah pernah diuji dalam eksperimen vaksin sebelumnya, salah satunya untuk mengatasi virus Ebola.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru