7 Cara Membuat Face Mist Alami Dengan Bahan Rumahan, Bisa Untuk Lembabkan Hingga Cerahkan Wajah
Unsplash/Curology
Lifestyle

Di luar sana, banyak sekali brand perawatan wajah yang menawarkan face mist dengan berbagai kegunaan. Namun kalian juga bisa membuat face mist sendiri loh. Bagaimana caranya?

WowKeren - Bagi banyak orang, face mist merupakan salah satu rangkaian produk perawatan wajah yang enggak bisa dilewatkan. Face mist sendiri adalah pelembap yang dikeluarkan melalui semprotan sehingga membentuk partikel-partikel kecil halus yang mudah menyerap ke dalam lapisan kulit.

Menggunakan face mist sangat memudahkan karena kalian enggak perlu menuangnya ke kapas dan dapat dibawa ke mana saja. Face mist tidak hanya populer digunakan sebagai perawatan sebelum makeup, tetapi face mist juga dapat digunakan setelah kalian menggunakan makeup loh.

Di luar sana, banyak sekali brand perawatan wajah yang menawarkan face mist dengan berbagai kegunaan. Namun kalian juga bisa membuat face mist sendiri loh. Bagaimana caranya? Berikut tim WowKeren rangkum 7 cara membuatnya dengan bahan rumahan. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Face Mist Teh Hijau


Face Mist Teh Hijau
Rawpixel/Teddy

Teh hijau diketahui mengandung antioksidan alami dan polifenol yang bersifat sebagai anti inflamasi. Sehingga akan sangat baik untuk menangani jerawat yang sedang meradang. Selain itu, enggak sulit juga untuk membuat face mist berbahan dasar teh hijau ini.

Kalian cukup rendam kantong teh kedalam air panas selama 1 jam dan iarkan hingga air mendingin, lalu tuangkan kedalam botol. Kalian bisa teteskan vitamin E essential, kocok lalu simpan di dalam lemari es. Kandungan vitamin E di dalamnya berfungsi untuk menhidrasi kulit, sehingga kulitmu akan segar kembali.

2. Face Mist Timun Dan Aloe Vera


Face Mist Timun Dan Aloe Vera
Rawpixel/Unsplash/Jude Smart

Seperti yang diketahui timun punya segudang manfaat untuk kecantikan. Diantaranya mampu menjaga elastisitas kulit, melembabkan, mengurangi peradangan, hingga mengontrol sebum. Maka dari itu, kalian juga bisa memanfaatkannya sebagai bahan face mist.

Caranya, blender 1-2 buah mentimun hingga halus. Lalu saring hasilnya dan ambil airnya saja untuk digunakan sebagai pengganti face mist andalanmu. Selain itu kalian bisa menambahkan lidah buaya dalam campuran itu sebagai anti peradangan alami dan membantu menyembuhkan luka sehingga meminimalisir bekas luka.

3. Face Mist Air Mawar


Face Mist Air Mawar
Unsplash/Karolina Kaboompics

Bukan rahasia lagi jika air mawar punya banyak kegunaan selain melembabkan kulit, yaitu membantu mengatasi problem kulit sensitif. Air mawar bisa digunakan oleh semua jenis kulit, entah itu berminyak, kering, atau kombinasi. Sifat astringen yang dimilikinya akan membersihkan pori-pori dari kotoran yang menyumbat sekaligus mengencangkannya

Air mawar juga membantu mempertahankan keseimbangan pH kulit wajah. Kalian bisa membuat face mist dari air mawar dengan menambahkan minyak jojoba untuk mnjaga kulit kalian tetap terhidrasi. Campurkan setengah cangkir air mawar dan 1 sdm minyak jojoba ke dalam botol spray. Semprotkan face mist ini pada wajah tiap sebelum tidur.

4. Face Mist Lemon Mint


Face Mist Lemon Mint
Unsplash/Ghislaine Guerin

Jika kalian ingin wajah tampak lebih cerah, kalian bisa membuat face mist dengan lemon. Kandungan vitamin C di dalamnya juga ampuh untuk memberi kelembaban dan mengatasi kulit kusam. Jka dikombinasikan dengan daun mint, maka manfaatnya akan menjaga kulit tetap segar dan terhindar dari bakteri dan kuman.

Cara membuatnya juga cukup mudah. Kalian tinggal cuci bersih 10 lembar daun mint dan campurkan dengan 2 sdm perasan air lemon dan air bersih secukupnya. Masukkan ke dalam botol spray dan face mist siap digunakan.

5. Face Mist Air Kelapa Dan Aloe Vera


Face Mist Air Kelapa Dan Aloe Vera
Unsplash/Diana Kulenyuk

Selain mencampurkan lidah buaya dengan timun, kalian juga bisa memadukannya dengan air kelapa loh. Face mist dari bahan alami ini berkhasiat untuk mencegah tanda penuaan karena kandungan sitokinin di dalamnya.

Langkahnya juga sangat mudah. Langsung saja campurkan air kelapa dan lidah buaya dengan takaran sama. Setelah itu face mist buatanmu siap digunakan. Kalian bisa semprotkan face mist ini setiap sebelum tidur atau kapan pun diperlukan.

6. Face Mist Bunga Calendula


Face Mist Bunga Calendula
Unsplash/Chandan Chaurasia

Bunya calendula ini memang saat ini sedang hits digunakan untuk bahan dari banyak skin care. Bunga canlendula mengandung antioksidan, kaya akan vitamin, dan kandungan baik lainnya sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit, seperti bengkak atau radang.

Karena itu, kalian pun bisa memanfaatkannya untuk membuat face mist. Caranya, siapkan bunga calendula kering, lidah buaya yang telah dilumatkan, dan essential oil kesukaanmu. Setelah itu, masukkan bunga calendula ke air mendidih selama 30 menit dan biarkan hingga dingin. Tambahkan lidah buaya dan minyak esensial lalu simpan di dalam botol spray.

7. Face Mist Lavender dan Peppermint


Face Mist Lavender dan Peppermint
Unsplash/Heather Ford/Shaun Meintj

Jika kalian ingin membuat wajah lebih nampak segar dan cerah kalian bisa mencoba resep face mist lavender dan pappermint ini. Rendam kantong teh peppermint ke dalam 1 gelas air panas dan diamkan hingga mendingin, lalu salin kedalam botol semprot. Tambahkan essential bunga lavender, kocok sampai merata kemudian simpan dalam lemari es.

Teh peppermint memiliki efek mendinginkan pada kulit, sehingga sangat cocok utuk menyegarkan kembali kulitmu yang terlihat letih. Selain itu lavender memiliki banyak fungsi penyembuhan, ia dapat mengusir jerawat dari wajahmu, mengurangi ruam dan masih banyak lagi

Intip juga artikel ini yuk untuk mengetahui beberapa tips mengatasi tumit pecah-pecah dengan bahan alami yang mudah ditemukan di rumah. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit wajah yang kering.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait