Salah Belok, 3 Kawanan Paus Nyasar di Sungai Penuh Buaya
Lonely Planet/Sarah Reid
SerbaSerbi

Paus-paus itu diduga hendak menuju ke selatan ke Antartika, namun mereka terpisah dari kelompok dan memasuki muara yang justru membawa mereka lebih jauh ke hulu sungai.

WowKeren - Seekor paus bungkuk dilaporkan tersesat ke sebuah sungai yang dipenuhi buaya di wilayah Australia utara. Para ahli meyakini hal itu tak lepas dari kebiasaan mamalia ini yang melakukan migrasi laut tahunan.

Mereka melakukan migrasi tahunan secara berkelompok. Namun ada beberapa ekor dari kelompok itu yang kemudian "salah belok" hingga akhirnya berenang keluar dari track yang semestinya.

Tiga ekor rupanya salah belok hingga membuat mereka masuk ke aliran sungai yang dipenuhi buaya. Namun dua dia antaranya sudah berhasil keluar dari sungai. Sedangkan satu ekor masih tertinggal di dana.

Dilansir BBC Indonesia, paus tersebut diperkirakan memiliki panjang 16 meter. Meski paus bungkuk dianggap tak mungkin diganggu oleh buaya-buaya itu namun risiko bisa meningkat manakala mereka terdampar di perairan dangkal.

Tentu saja, peristiwa masuknya paus ke aliran sungai adalah kejadian langka hingga membuat penduduk setempat takjub. Paus-paus tersebut terlihat pekan lalu di East Alligator River oleh orang-orang yang berperahu di Taman Nasional Kakadu.


"Ini adalah sesuatu yang belum pernah tercatat sebelumnya (tidak hanya di wilayah utara namun (di) Australia)," kata Carole Palmer, seorang ilmuwan ekosistem laut untuk pemerintah setempat. "Ini benar-benar tidak biasa."

Para ahli tidak mengetahui penyebab pasti paus-paus ini salah belok. Paus-paus itu diduga hendak menuju selatan ke Antartika, namun salah memasuki muara yang justru membawa mereka lebih jauh ke hulu sungai.

Sementara itu, sungai tempat paus-paus terdampar dipenuhi oleh buaya air asin. Di sini, para ilmuwan berharap tidak terjadi apa-apa. Namun bisa berbeda cerita jika mereka tersesat di perairan dangkal tepi sungai. Tidak menutup kemungkinan mereka akan menjadi santapan empuk.

"Tidak mungkin kita bisa mengangkat paus bungkuk sepanjang 12-16 meter dari gundukan pasir," lanjut Palmer. "Dan berpotensi membuat buaya-buaya itu keluar."

Saat ini pihak berwenang tengah memikirkan cara untuk menarik paus malang itu dari bagian sungai terdalam. "Ini memang cukup rumit, namun semua orang benar-benar berupaya untuk memindahkannya dengan cara yang positif," katanya.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts