Enggak Bikin Bosan, 7 Aplikasi Ini Bantu Kalian Belajar Sejarah dengan Lebih Asyik Selama Pandemi
pxhere.com
Tekno

Beberapa siswa akan merasa cepat bosan saat belajar Sejarah secara mandiri di rumah selama pandemi. Tapi dengan menggunakan tujuh aplikasi ini, aktivitas belajar Sejarah akan lebih seru.

WowKeren - Di era pandemi Corona seperti saat ini, hampir semua bidang tak bisa lepas dari teknologi. Salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar, mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi.

Sayangnya sistem pembelajaran satu ini memiliki berbagai kekurangan, salah satunya adalah kesulitan yang dirasakan siswa dalam menangkap pelajaran karena tidak bertatapan secara langsung dengan guru. Akibatnya, ada banyak orangtua yang mengeluh kesulitan dalam membimbing anak-anaknya belajar.


Bahkan tidak sedikit siswa yang merasa cepat bosan ketika mempelajari materi tertentu, salah satunya adalah Sejarah. Padahal, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai Sejarah masa lalunya. Dengan belajar Sejarah, kita jadi tahu berbagai peristiwa penting yang terjadi di masa lalu dan berbenah untuk menjadi pribadi yang lebih baik di masa depan.

Karena itu, tim WowKeren akan menghadirkan beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa membuatmu lebih semangat dalam belajar Sejarah. Penasaran apa saja itu? Berikut informasi selengkapnya.

(wk/eval)

1. History Timeline


History Timeline

History Timeline merupakan salah satu aplikasi belajar Sejarah yang paling sederhana. Aplikasi ini mencakup berbagai macam konten Sejarah seperti Sejarah Dunia, Sains, Seni, Sastra, Musik hingga Filsafat. Meski ruang lingkupnya cukup luas, kamu bisa kok menggunakan filter untuk membatasi data historis guna mendapatkan informasi yang lebih rinci.

Melalui aplikasi ini, kita bisa mengetahui berbagai peristiwa besar yang terjadi di dunia yang disertai dengan rincian waktunya. Yang tak kalah menarik, kita juga bisa mengedit atau menyesuaikan informasi Sejarah yang ingin kita lihat di masa depan.

2. Study AP World History


Study AP World History

Study AP World History merupakan aplikasi yang memang dirancang khusus untuk pembelajaran. Aplikasi ini dapat diakses oleh siapa saja, terutama para mahasiswa jurusan Sejarah yang ingin memperdalam pengetahuannya. Study AP World History menyediakan kompilasi komprehensif ringkasan dari setiap bab, pertanyaan kuis serta istilah kunci.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk meninjau ringkasan singkat jika tidak mengingat suatu materi. Yang tak kalah menarik, aplikasi ini juga menghadirkan Night Mode yang baik untuk kesehatan mata jika diakses pada malam hari.

3. Today in History


Today in History

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menunjukkan berbagai fakta dan peristiwa menarik yang terjadi hari ini di masa lalu. Di antaranya adalah tanggal lahir dan kematian tokoh penting hingga berbagai peristiwa penting yang terjadi di masa lalu.

Today in History hadir dalam 50 bahasa dan dapat diakses secara offline, sehingga cocok banget buat para siswa yang ingin menghemat kuota internet. Sayangnya, kamu mungkin harus sedikit direpotkan dengan kehadiran iklan saat sedang mengakses aplikasi ini.

4. Sejarah Indonesia


Sejarah Indonesia

Aplikasi berikutnya yang WowKeren rekomendasikan adalah Sejarah Indonesia. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini berisi informasi yang berkaitan dengan sejarah bangsa di masa lalu hingga kini. Di dalamnya meliputi rentang waktu panjang yang dimulai sejak zaman prasejarah hingga periode Sejarah Indonesia sejak prakolonial hingga era reformasi.

Yang tak kalah menarik, aplikasi ini mengambil referensi dari beragam sumber terpercaya seperti Arsip Pemerintah Indonesia. Karena itulah kamu enggak perlu meragukan kredibilitasnya dan silahkan belajar Sejarah dengan nyaman.

5. World History Quiz


World History Quiz

World History Quiz juga merupakan salah satu aplikasi seru untuk belajar Sejarah. Melalui aplikasi ini, kita akan mempelajari berbagai fakta Sejarah yang mungkin belum pernah kita ketahui sebelumnya lewat kuis menarik yang ada di dalamnya.

Dengan mengikuti kuis cepat yang dihadirkan, kamu bisa belajar Sejarah dengan cara yang lebih seru dan tentunya tidak membosankan karena kamu akan terpacu untuk menyelesaikan semua pertanyaan. Menariknya, kamu juga berpeluang untuk mendapatkan sertifikat setelah menjawab semua pertanyaan yang diberikan.

6. Google Arts & Culture


Google Arts & Culture

Meskipun tidak benar-benar terfokus mempelajari Sejarah, aplikasi satu ini tak boleh kamu lewatkan begitu saja. Sebab Google Arts & Culture memungkinkan kita untuk melihat karya seni secara lebih detail dan mempelajari ribuan kisah, foto, video maupun manuskrip.

Dengan teknologi virtual reality (VR) yang dihadirkan, kamu bisa mengunjungi berbagai situs ikonik seperti kuil suku Maya Kuno, bangunan terkenal, keajaiban dunia hingga bertemu tokoh dunia yang inspiratif. Karena itulah, aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna android ini bisa menjadi gerbang bagi kalian yang ingin mempelajari seni, sejarah, orang-orang dan berbagai keajaiban dunia.

7. Timeline Eons


Timeline Eons

Aplikasi yang dirilis pada 2016 ini memberikan tampilan visual terkini dan komprehensif dari sejarah alam dan peradaban manusia. Timeline Eons menghadirkan berbagai peristiwa dalam konteks besar dan kaitan historisnya yang sangat ekstensif, mulai dari konsep Big Bang hingga proyek yang bersifat futuristik. Bahkan aplikasi ini tergolong sebagai salah satu aplikasi belajar Sejarah terbaik versi Data Science Degree Programs Guide.

Demikian tujuh aplikasi belajar Sejarah yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui rekomendasi aplikasi belajar Matematika yang bisa kalian manfaatkan selama sekolah di rumah. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai aplikasi yang bisa membantu belajar bahasa Inggris selama pandemi Corona.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait