Sering Dikira Aman Dan Bebas Kimia, 8 Bahan Alami Ini Ternyata Berbahaya Untuk Kulit Wajah Loh!
Lifestyle

Beberapa bahan alami sebenarnya ada yang tidak disarankan untuk dioleskan langsung ke kulit. Entah mengandung zat yang berbahaya atau bisa menjadi sarang bakteri dan kuman.

WowKeren - Perawatan wajah tentu enggak bisa disepelekan. Banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk merawat wajahnya agar sehat. Namun, ada juga yang menggunakan bahan-bahan alami yang dipercaya bermanfaat untuk kesehatan wajah. Selain diklaim ampuh meredakan berbagai masalah kulit mengganggu, racikan bahan alami ini juga dinilai lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya.

Namun sayangnya, belum ada studi ilmiah yang benar-benar dapat membuktikan tentang cara kerja, keamanan, manfaat, serta kemanjuran bahan alami untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Bahkan enggak sedikit para pengguna bahan alami ini mengaku masalah kulit mereka makin bertambah.

Yang perlu diperhatikan, beberapa bahan alami sebenarnya ada yang tidak disarankan untuk dioleskan langsung ke kulit. Entah mengandung zat yang berbahaya atau bisa menjadi sarang bakteri dan kuman. Apa saja bahan tersebut? Berikut tim WowKeren

(wk/putr)

1. Lemon


Lemon
pxhere.com

Lemon memiliki berbagai manfaat sehat untuk tubuh. Tak heran banyak resep masker alami membutuhkan lemon sebagai bahannya. Meskipun begitu, buah segar yang kaya manfaat ini termasuk ke dalam bahan berbahaya untuk wajah sehingga mengoleskan air perasan lemon pada wajah tidak dianjurkan loh.

Air lemon sangat asam pada 2 pH, itu dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kulit. Air lemon dapat mengubah pH alami mantel asam. Ini berpotensi menyebabkan iritasi kulit, hiperpigmentasi, dan sensitivitas terhadap matahari.Setelah menggunakan lemon, kulit mungkin akan lebih kering, kemerahan, dan mengelupas. Efek ini bahkan bisa lebih buruk bagi pemilik kulit sensitif.

2. Kayu Manis


Kayu Manis
pixabay.com

Banyak orang yang mengatakan bahwa masker wajah kayu manis alami memiliki efek membersihkan dan menjernihkan kulit wajah. Namun nyatanya, kayu manis bisa menimbulkan risiko tertentu pada kulit wajah. Penggunan kayu manis secara alami pada kulit wajah bisa menyebabkan kemerahan pada kulit ataupun mengalami luka bakar.

Meskipun kayu manis memiliki manfaat antimikroba yang bisa digunakan untuk menyembuhkan luka, bahan alami ini juga bisa memicu alergi. Meskipun jika awalnya kalian tidak memiliki alergi kayu manis, bisa saja kulit jadi tiba-tiba sensitif terhadap bahan alami ini. Inilah mengapa kayu manis bisa menjadi bahan alami yang berbahaya untuk kulit.

3. Cuka


Cuka
pxhere.com

Cuka juga sering digunakan sebagai campuran masker wajah, apalagi cuka apel. Sudah banyak orang yang merasakan manfaat dari cuka apel baik untuk obat maupun untuk perawatan kecantikan. Namun ternyata cuka apel termasuk bahan alami yang sebetulnya tidak disarankan untuk langsung dioles pada kulit.

Cuka apel memiliki kadar pH yang cukup tinggi, yaitu sekitar 2-3. Mengoleskan bahan yang ber-pH asam tinggi rentan menyebabkan iritasi dan ruam kemerahan pada kulit wajah yang sensitif. Beberapa contoh kasus bahkan melaporkan asam dari cuka dapat menyebabkan terjadinya luka bakar kimia pada kulit wajah, apalagi jika dibiarkan dalam waktu lama.

4. Baking Soda


Baking Soda
pixabay.com

Selain krim dan produk kecantikan, banyak orang yang percaya, baking soda mampu mempercepat proses menghilangkan jerawat. Baking soda sendiri memang bisa bertindak sebagai anti-inflamasi dan antiseptik. Tidak heran, banyak orang yang percaya, bahwa baking soda, dapat digunakan untuk mengobati jerawat.

Baking soda memiliki kadar pH mencapai 9. Jika baking soda langsung dioleskan ke kulit, semua minyak alami pada kulit dikhawatirkan akan hilang. Hasilnya, kulit tidak terlindungi dari bakteri. Terlalu sering menggunakan baking soda pada kulit, dapat memperlambat proses penyembuhan kulit dan rehidrasinya. Selain itu, kulit juga menjadi sensitif terhadap elemen natural, seperti sinar matahari misalnya.

5. Putih Telur


Putih Telur
pixabay.com

Masker putih telur memang banyak diminati karena dipercaya memiliki khasiat untuk mencerahkan wajah. Sering digunakan untuk mengencangkan dan mencerahkan kulit secara alami, ternyata banyak ahli yang tidak menganjurkan penggunaan masker ini. Karena molekul protein putih telur terlalu besar dan tidak dapat menyerap ke dalam lapisan kulit.

Protein yang dipercaya dapat membuat kulit lebih kenyal, ternyata tidak bisa terserap sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat. Putih telur yang mentah mengandung bakteri Salmonella yang biasanya menjadi penyebab keracunan makanan. Jika disebarkan pada kulit wajah bukan tidak mungkin akan menyebabkan alergi, terutama pada Moms yang mempunyai kulit sensitif.

6. Air Panas


Air Panas
pxhere.com

Manfaat cuci muka dengan air hangat dikenal dapat membersihkan kotoran lebih baik ketimbang air suhu biasa. Namun, akan berbeda halnya jika air yang digunakan memiliki suhu yang terlalu panas. Mencuci wajah dengan air hangat sebenarnya tidak banyak dianjurkan oleh dokter karena justru dapat merusak kulit.

Kulit normal memiliki keseimbangan jumlah lapisan minyak serta air. Dua komponen penting inilah yang menjaga kulit tetap kenyal, awet muda, serta sehat. Minyak berlebih memang dapat mengundang banyak masalah, tapi kehilangan minyak juga demikian. Kondisi tersebut dapat merusak kesehatan kulit dan membuat kulit akan kehilangan kekenyalannya dan terlihat kusam.

7. Coconut Oil


Coconut Oil

Banyak produk kecantikan sering memasukkan coconut oil atau minyak kelapa dalam bahan mereka. Minyak kelapa memang bagus untuk kesehatan kulit, namun tidak jika dalam bentul minyak kelapa murni. Minyak kelapa terkenal sebagai minyak yang dapat menyumbat pori-pori kalian dan menyebabkan tumbuhnya komedo dan jerawat.

Proses kimia pembuatan minyak kelapa membuat minyak ini bersifat komedogenik. Selain harganya yang relatif mahal dan kurang bernutrisi, minyak kelapa juga tidak sepenuhnya murni. Inilah mengapa penting sekali untuk tidak menggunakan minyak kelapa setiap hari.

8. Gula


Gula
giladiskon.com

Gula sering digunakan sebagai scrub untuk wajah. Namun ternyata scrub gula itu sebetulnya kurang baik untuk kulit wajah. Menurut Healthline, jika dilihat lebih dekat menggunakan mikroskop, bentuk gula berupa butiran kristal dengan ukuran cukup besar. Sayangnya, butiran gula memiliki tekstur kasar sehingga dianggap terlalu keras untuk kulit wajah.

Kristal gula dapat membuat kulit wajah mengeluarkan "air mata” kecil dan menyebabkan kerusakan. Bahkan, pada kulit yang sensitif, penggunaan scrub gula bisa menyebabkan kondisi seperti kulit kemerahan, kulit kering dan kulit jadi lecet atau timbul luka. Kalian lebih disarankan pakai brown sugar atau gula palem jika mau scrub wajah.

Simak juga yuk artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami untuk mengatasi kulit kering. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui bahan alami yang dikenal ampuh untuk melembutkan rambut.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait