Birthday Spotlight: Happy Suzy Day
Selebriti

Suzy berulang tahun ke-26 hari ini, Sabtu (10/10). Untuk merayakannya, WowKeren akan mengulas tuntas karier penyanyi sekaligus aktris kelahiran 1994 itu melalui rubrik Birthday Spotlight.

WowKeren - Suzy berulang tahun ke-26 (menurut perhitungan internasional) hari ini, Sabtu (10/10). Untuk merayakannya, WowKeren akan mengulas tuntas karier penyanyi sekaligus aktris kelahiran 1994 itu melalui rubrik Birthday Spotlight.

Suzy yang lahir dengan nama Bae Suji adalah member dari girl grup miss A di bawah JYP Entertainment. Suzy kemudian memulai debutnya sebagai aktris dengan serial televisi "Dream High". Ia membintangi drama-drama populer seperti "Gu Family Book", "Uncontrollably Fond", "While You Were Sleeping" dan "Vagabond". ia membuat debut filmnya di "Architecture 101".

Suzy sering dipuji karena visualnya yang cantik. Ia juga memiliki reputasi yang baik selama berkarier di industri hiburan. Tak perlu berlama-lama, yuk intip seperti apa perjalanan debut Suzy mulai debut hingga kini.

(wk/chus)

1. Pra Debut


Pra Debut

Suzy lahir di Distrik Buk, Gwangju, Korea Selatan dari pasangan Bae Wan Young dan Jeong Hyun Sook. Ia memiliki seorang kakak perempuan dan seorang adik laki-laki. Suzy bersekolah di School of Performing Arts Seoul dan lulus pada 2013. Sebelum memulai debutnya, ia adalah model belanja online.

Lantaran wajahnya yang cantik, netizen pun penasaran apakah kecantikan yang dimiliki Suzy adalah natural beauty atau fake beauty. Mereka menggali foto-foto pra-debut Suzy dan terkejut karena Suzy sudah cantik bahkan sebelum ia menjadi terkenal. Suzy terlihat sama seperti sekarang.

2. Debut


Debut

JYP Entertainment mengumumkan bahwa mereka akan mendebutkan girl grup pada tahun 2010. Awalnya, mereka akan debut sebagai girl group dengan lima member yaitu Fei, Jia, Hyerim Wonder Girls dan dua trainee lainnya. Mereka dikenal sebagai JYP Sisters, dan JYP mengatakan mereka adalah Wonder Girls versi Tiongkok. Namun mereka berpisah setelah dua member meninggalkan perusahaan.

Pada 22 Juni 2010, JYP Entertainment mengumumkan bahwa mereka akan mendebutan girl grup bernama miss A dengan empat member, Fei, Jia, Min dan Suzy. Di hari yang sama, mereka merilis video musik untuk Samsung Anycall Campaign berjudul "Love Again" dengan tiga member Fei, Jia dan Suzy (tanpa Min). Lagu itu juga punya Versi Mandarin.

Pada 1 Juli 2010, miss A merilis mini album pertama mereka yang berjudul "Bad But Good" dengan "Bad Girl Good Girl" sebagai lagu utama. Mereka juga merilis video musik untuk lagu utama ini di hari yang sama. Suzy debut sebagai member termuda.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Pertunjukan panggung pertama miss A adalah pada 2 Juli 2010 di KBS Music Bank. Mereka menampilkan "Bad Girl Good Girl" dan "Break It". Mereka mendapatkan kemenangan pertama mereka di Mnet "M! Countdown" 21 hari setelah debut. Miss A menjadi girl grup tercepat yang mendapatkan kemenangan pertama di acara musik.

Setelah mereka mendapatkan kemenangan pertama mereka pada 22 Juli 2010, miss A terus mendapatkan trofi untuk program musik lainnya, seperti SBS "Inkigayo" dan KBS "Music Bank". Mereka memecahkan rekor Girls' Generation dengan "Bad Girl Good Girl" menduduki posisi pertama selama empat minggu berturut-turut. Pada 1 Agustus 2010 mereka menerima penghargaan dari "M! Countdown" mundur bernama "Mutizen".

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Selain aktivitas grupnya, Suzy juga terjun ke dunia akting. Ia membuat debut aktingnya di drama remaja bertema musik "Dream High" pada 2011. Suzy juga merilis OST untuk drama tersebut, berjudul "Winter Child". "Dream High" menjadi drama populer yang meraih banyak penghargaan saat itu.

Suzy membuat debut filmnya dengan "Architecture 101" pada 2011 memainkan versi yang lebih muda dari Han Ga In. "Architecture 101" adalah salah satu dari sepuluh film yang paling banyak ditonton di Korea pada kuartal pertama 2012, dan mencapai lebih dari 4,1 juta penonton sembilan minggu setelah rilis teaternya, rekor box-office baru untuk melodrama Korea.

Pada awal 2017, Suzy memulai debutnya sebagai artis solo dengan album bertajuk "Yes? No?". Single pra-rilisnya "Pretend" dirilis pada 17 Januari dan mencapai all-kill di tangga musik. Judul lagu, "Yes, No, Maybe" dirilis seminggu setelahnya pada 24 Januari 2017.

Setelah penampilannya dalam film Architecture 101, Suzy dijuluki sebagai "Cinta pertama bangsa". Ia juga menjadi salah satu pendukung paling laris di Korea Selatan, dan telah dipuji sebagai "Ratu CF" karena banyak kontrak iklan mulai dari kosmetik, pakaian, hingga komoditas dasar seperti gula. Suzy menghasilkan lebih dari 10 miliar won pada tahun 2013 dengan lebih dari 14 kontrak iklan dalam satu tahun. Hingga kini Suzy masih menjadi "Ratu CF".

5. Kontroversi


Kontroversi

Suzy termasuk artis dengan reputasi yang baik. Namun ia sempat terlibat skandal kencan dengan Lee Min Ho. Pada 2015, Dispatch menyatakan bahwa mereka berpacaran setelah menyaksikan dan menangkap keduanya bersama di London.

Menurut laporan, Suzy dan Lee Min Ho berangkat ke Eropa pada 10 Maret, meskipun mereka memiliki tujuan yang berbeda. Lee Min Ho untuk pemotretan All Saints di Paris, dan Suzy untuk pemotretan Dior di London. Kemudian, sekitar 15 Maret, setelah keduanya menyelesaikan kegiatan yang dijadwalkan, mereka bertemu di Waldorf Hotel, dan berusaha melakukan perjalanan secara diam-diam, keduanya meninggalkan mobil mereka secara berkala.

Menurut Dispatch, pola kencan Suzy dan Lee Min Ho mirip dengan yang disaksikan oleh outlet berita bulan lalu di Seoul, di mana outlet berita menyaksikan keduanya berkencan di Namsan. Sejak itu, laporan tersebut menyatakan, keduanya bertemu hampir setiap hari, dan telah berpacaran selama dua bulan. Laporan ini kemudian dikonfirmasi agensi.

Suzy dan Lee Min Ho dilaporkan putus pada 16 November 2017 yang dibenarkan agensi. Hubungan mereka hanya bertahan selama dua tahun.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Suzy segera menyapa penggemar melalui drama barunya "Start-Up". Drama ini juga dibintangi Nam Joo Hyuk, Kang Han Na dan Kim Seon Ho. Episode perdana akan ditayangkan tvN pada 17 Oktober.

"Start-Up" menceritakan Seo Dal Mi (Suzy) yang keluar dari universitas dan mengambil pekerjaan paruh waktu demi mengumpulkan uang untuk bisnisnya. Ia bercita-cita menjadi seseorang seperti Steve Jobs.

Di sisi lain ada Nam Do San (Nam Do San), pendiri Samsan Tech yang hebat dalam matematika. Ia memulai Samsan Tech dua tahun lalu, tapi perusahaannya tidak berjalan dengan baik. Entah bagaimana, Nam Do San menjadi cinta pertama Seo Dal Mi. Mereka saling menghibur mulai dan berkembang.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru