Dekorasi Ruangan Favoritmu Dengan 8 Jenis Tanaman Succulent Cantik Ini, Perawatannya Minim Banget!
Rawpixel/Milada Vigerova
SerbaSerbi

Succulent atau sukulen dalam bahasa Indonesia adalah tanaman yang menyimpan air di daunnya, seperti kaktus & asparagus. Tanaman ini sangat digemari karena tak membutuhkan banyak perawatan.

WowKeren - Pandemi COVID-19 yang berlangsung membuat banyak orang sibuk mencari hobi baru. Salah satu kegiatan yang ngetren selama pandemi adalah mendekorasi ruangan atau kamar dengan berbagai tanaman hias. Succulent atau sukulen menjadi satu dari sekian banyak tanaman yang digemari untuk menghias ruangan.

Succulent atau sukulen dalam bahasa Indonesia adalah tanaman yang menyimpan air di daunnya, seperti kaktus & asparagus. Tanaman ini sangat digemari karena tak membutuhkan banyak perawatan. Kalian enggak harus menyiram terlalu sering, memberi pupuk, atau menjemur terlalu sering.

Selain itu, sukulen juga sering hadir dalam ukuran mini yang cocok dipajang di sudut ruangan. Berbagai jenis sukulen juga membuat tanaman ini sangat bagus untuk diletakkan di meja kantor atau di dalam apartemen. Untuk itu, berikut tim WowKeren rangkum 8 jenis-jenis sukulen yang bisa kalian lihat untuk mendekoreasi kamar dan ruangan kalian. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Sukulen Roseum


Sukulen Roseum

Sukulen roseum menjadi salah satu jenis sukulen yang populer saat ini. Terdapat dua jenis sukulen Roseum yang populer yakn roseum biasa berbentuk seperti kelopak bunga yang cantik dan roseum moonstone memiliki daun yang tebal seperti telinga boneka dan terdapat lapisan bulu di daunnya.

Yang menjadi poin utama untuk sukulen ini adalah warnanya. Di terik matahari yang panas, roseum dapat berbunga pink muda yang bentuknya seperti bintang. Tanaman ini nantinya akan tumbuh maksimal setinggi 12 cm sehingga bisa menjadi tanaman indoor yang sempurna.

2. Sukulen Panda


Sukulen Panda
YouTube/Anne Bee

Sukulen yang satu ini juga sering disebut sebagai kaktus panda. Tumbuhan ini termasuk tumbuhan herba tahunan yang memiliki tinggi kurang lebih 0,5 m. Daun dari tanaman kaktus panda ini berbentuk bulat dan panjang dan bagian permukaan atas dan permukaan bawah terdapat bulu-bulu halus yang berwarna coklat tua.

Tumbuhan ini dinamakan kaktus panda arena daun yang dimilikinya penuhdengan bulu-bulu halus yang berwarna coklat tua. Kaktus panda ini lebih suka dengan tempat yang agak terbuka sebagai tempat tumbuhnya. Pembiakan kaktus panda biasanya dilakukan dengan cara stek daun, meskipun tanaman ini dapat bunga dalam itu habitat alami, tetapi tumbuhan ini sangat jarang terlihat berbunga di dalam ruangan.

3. Sukulen Sedum


Sukulen Sedum
Getty Images

Jenis Sukulen yang berasal dari Afrika Selatan ini merupakan tumbuhan sukulen jenis sedum atau bisa disebut tumbuhan batu karena memiliki struktur daun tebal. Jenis sukulen ini tergolong tumbuhan yang mudah dirawat dan enggak perlu perlakuan khusus.

Pertumbuhan daun yang lebat pada tumbuhan ini dapat dirangkai secara utuh seperti ekor keledai sehingga disebut juga ekor keledai atau Burro’s Tail. Selain itu, tumbuhan ini juga dikenal dengan sebutan kaktus anggur, karena daun tumbuhan ini bergerombol dan terlihat seperti buah anggur.

4. Sukulen Jade


Sukulen Jade
Getty Images

Tanaman satu ini juga menjadi favorit banyak penggemar tanaman sukulen. Sukulen Jade memiliki keunikan pada daunnya yang tebal, halus dan tampak mengkilat bak lilin. Daunnya juga rimbun memancarkan pesona yang tidak kalah cantik dengan jenis sukulen lainnya.

Selain itu, batang sukulen ini juga kekar berwujud kayu bercabang-cabang yang membuat tanaman ini terlihat seperti bonsai. Menurut FengShui dipercaya sebagai tanaman hokie, pembawa keberuntungan dan kesejahteraan bagi pemiliknya. Makanya tak heran, jika sukulen Jade ini kerap dijadikan hadiah, kado atau ungkapan perhatian spesial untuk orang-orang yang istimewa.

5. Aloe Vera


Aloe Vera
Unsplash/Aneta Pawlik

Kalau yang ini tentunya kalian sudah sangat familia. Aloe vera yang juga dikenal dengan sebutan lidah buaya ini ternyata termasuk dalam golongan tanaman sukulen loh. Aloe Vera memiliki daun yang tebal, memanjang, dan runcing. Pada permukaan daunnya terdapat duri kecil yang lunak.

Aloe vera merupakan jenis sukulen yang paling banyak ditemui di rumah-rumah. Cara perawatannya juga terbilang sangat mudah, kalian bisa menanamnya di halaman rumah ataupun di dalam ruangan. Selain itu, Aloe Vera juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tak hanya dijadikan sebagai bahan pembuatan skin care, Aloe Vera juga bisa dikonsumsi.

6. Ball Cactus


Ball Cactus
Rawpixel/Teddy Rawpixel

Kaktus juga menjadi salah satu jenis sukulen. Ball cactus atau juga yang dikenal dengan naman Parodia menjadi salah satu yang paling banyak diminati. Tentu saja, nama ball cactus sendiri didapat karena tanaman kaktus hias ini memiliki bentuk bulat seperti bola yang dipenuhi dengan duri-duri halus.

Selain bentuknya yang lucu, jenis kaktus satu ini juga termasuk kaktus berbunga dan memiliki bunga dengan warna kuning. Meskipun tampilannya cantik, ternyata perawatan kaktus ini cukup mudah. Cukup letakkan kaktus Parodia ditempat yang sejuk dan sirami tanaman kaktus beberapa hari sekali untuk pastikan media tanam tidak terlalu lembap.

7. Sukulen Zebra


Sukulen Zebra
Getty Images

Sukulen Zebra atau kaktus hias Haworthia juga bisa jadi pilihan kalian untuk penggemar sukulen. Tanaman ini banyak diminati karena warnanya yang unik. Persilangan warna yang dihasilkannya begitu apik yakni perpaduan warna hijau dengan garis putih belang-belang membuatnya semakin artsy.

Karena hanya mampu hidup dengan cahaya yang minim, tanaman ini lebih cocok untuk diletakkan di dalam ruangan. Sukulen jenis ini eggak rewel asalkan tidak terpapar cahaya berlebihan. Sebab jika kepanasan maka warnanya dapat memudar, atau lebih parah daunnya kaktus akan kering.

8. Bunny Ears Cactus


Bunny Ears Cactus
Unsplash/Miguel Urieta

Kaktus satu ini disebut Bunny Ears karena memang bentuknya terlihat seperti telinga kelinci. Tanaman ini memiliki bentuk oval pipih dan memiliki bunga dengan banyak variasi warna. Tata cara perawatan kaktus yang juga dikenal dengan nama Kaktus Polkadot ini bisa dikatakan relatif mudah.

Kalian hanya perlu memastikan tanaman ini mendapatkan sinar matahari yang cukup dan penyiraman air yang tidak berlebihan. Bunga kaktus ini berwarna kuning dan memudar menjadi warna peach pada saat terjadi pembuahan. Setelah terjadi pembuahan, maka bakal buah kaktus kelinci ini akan berubah warna menjadi ungu atau merah.

Intip juga artikel ini untuk mengetahui beberapa jenis tanaman hias lain yang ngetren saat pandemi. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips memulai budidaya tanaman hias di tengah pandemi Corona.

You can share this post!

Related Posts