Tinggal Serumah dengan Pasien COVID-19? Jangan Panik dan Lakukan 8 Cara Ini Agar Tetap Sehat
pxhere.com
Health
COVID-19 di Indonesia

Tidak semua pasien COVID-19 dirawat di rumah sakit, sebab ada yang dianjurkan untuk menjalani isolasi mandiri. Jika di rumah Anda ada anggota keluarga yang menderita penyakit ini, sebaiknya tetap tenang dan lakukan 8 cara ini agar tetap sehat.

WowKeren - Pandemi virus Corona tampaknya belum akan berakhir dalam waktu dekat, karena peningkatan jumlah kasus masih cukup tinggi. Karena itulah masyarakat terus diimbau untuk melakukan berbagai langkah pencegahan. Mulai dari disiplin menerapkan physical distancing, mempraktekkan gaya hidup sehat dan bersih hingga menghindari kontak dengan mereka yang dinyatakan positif COVID-19.

Meski demikian, tidak semua orang yang dinyatakan positif COVID-19 dirawat di rumah sakit. Ada banyak pasien positif Corona yang dianjurkan untuk mengisolasi diri di rumah untuk alasan tertentu, salah satunya karena dia tidak menunjukkan gejala yang serius.

Lantas, bagaimana dengan anggota keluarga yang lain jika pasien positif tersebut harus melakukan isolasi mandiri di rumah? Jika Anda mengalami situasi ini, sebaiknya tetap tenang dan jangan panik. Meskipun risiko penularannya cukup besar, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tetap sehat meski tinggal serumah dengan pasien positif COVID-19. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Jaga Kebersihan Tangan


Jaga Kebersihan Tangan
pixabay.com

Salah satu cara penting untuk mencegah penularan virus Corona adalah dengan menjaga kebersihan tangan. Hal ini penting dilakukan untuk menyingkirkan virus, kuman dan bakteri penyakit yang menempel di tangan kita. Kebiasaan ini tak hanya dilakukan oleh penghuni rumah yang lain, namun juga anggota keluarga yang dinyatakan positif COVID-19.

Tindakan ini harus selalu Anda lakukan setelah menyentuh semua benda yang ada di dalam rumah, setelah dari kamar mandi, sebelum makan atau saat hendak menyentuh wajah. Pastikan untuk mencuci tangan dengan benar menggunakan air mengalir dan sabun selama 20 detik.

2. Usahakan Untuk Selalu Menggunakan Masker


Usahakan Untuk Selalu Menggunakan Masker
pixabay.com

Tips berikutnya yang harus Anda perhatikan berkaitan dengan penggunaan masker. Tindakan ini penting dilakukan untuk mencegah droplet (cairan batuk, bersin dan air liur) dari anggota keluarga yang terinfeksi. Bila perlu, lengkapi perlindungan Anda dengan face shield, topi, kacamata dan pakaian lengan panjang saat berada di ruangan yang sama dengan penderita.

Selain penghuni yang sehat, anggota keluarga yang positif Corona juga harus selalu menggunakan masker agar risiko penularannya semakin rendah. Yang perlu diingat, jangan asal menggunakannya dan hindari delapan kesalahan ini karena justru akan membuat virus masuk.

3. Disiplin Menjaga Jarak


Disiplin Menjaga Jarak
pixabay.com

Physical distancing merupakan salah satu cara yang harus kita lakukan untuk meminimalisir risiko penularan virus Corona. Usahakan untuk selalu menjaga jarak dengan penderita minimal sejauh enam langkah kaki. Hindari berdekat-dekatan apalagi bersentuhan fisik secara langsung.

Kendati demikian, bukan berarti Anda harus mengunci mereka di dalam kamar. Tetap perlakukan mereka dengan baik dan beri penjelasan tentang pentingnya jaga jarak demi kesehatan bersama. Yang tak kalah penting, usahakan untuk selalu membuat mereka bahagia agar sistem imun tubuhnya tidak melemah dan bisa lekas pulih.

4. Hindari Penggunaan Kamar Mandi dan Barang yang Sama


Hindari Penggunaan Kamar Mandi dan Barang yang Sama
pxhere.com

Untuk meminimalisir penularan virus Corona, upayakan untuk tidak menggunakan kamar mandi yang sama dengan anggota keluarga yang positif Corona. Pisahkan kamar mandi untuk penghuni rumah yang sehat dan anggota keluarga yang sedang sakit COVID-19.

Namun jika hanya ada satu kamar mandi di rumah, orang yang sakit harus menggunakan masker setiap keluar kamar dan menuju ke toilet. Setelah itu, pastikan untuk membersihkan kamar mandi secara maksimal dan menyeluruh, mulai dari kloset, kran, gagang pintu, tempat sabun dan lain sebagainya.

Selain kamar mandi, usahakan juga untuk tidak menggunakan barang yang sama. Ini melingkupi peralatan makan, alat mandi, tempat tidur dan lain sebagainya yang berisiko menjadi media penularan virus asal Wuhan tersebut.

5. Pastikan Rumah Memiliki Ventilasi yang Baik


Pastikan Rumah Memiliki Ventilasi yang Baik
pxhere.com

Mengisolasi diri bukan berarti harus menutup rapat pintu dan jendela yang ada di rumah. Pastikan rumah Anda memiliki ventilasi yang baik agar sirkulasi udara menjadi lancar. Anda boleh menutup pintu, namun biarkan jendela terbuka sesering mungkin.

Selain itu, usahakan untuk membersihkan rumah secara rutin. Bersihkan berbagai barang yang sering disentuh seperti gagang pintu, perlengkapan kamar mandi, toilet, tempat tidur dan lain sebagainya. Gunakan cairan disinfektan agar Anda dapat membersihkan virus, kuman maupun bakteri dengan lebih maksimal.

6. Cuci Pakaian dengan Air Panas


Cuci Pakaian dengan Air Panas
pxhere.com

Perlu diketahui bahwa virus Corona dapat bertahan hidup selama berjam-jam di permukaan benda, termasuk pakaian yang selalu kita gunakan. Karena itulah Anda harus mencuci pakaian dengan baik dan benar agar virus yang menempel bisa hilang. Salah satunya adalah dengan menggunakan air panas.

Menurut beberapa penelitian, virus tidak mampu bertahan hidup dalam suhu yang tinggi lebih dari 60 derajat celcius. Karena itulah Anda bisa memusnahkan virus Corona yang menempel jika mencuci pakaian dengan air panas. Kendati demikian, Anda harus memperhatikan jenis pakaian yang akan dicuci. Sebab ada beberapa bahan pakaian yang tidak tahan dengan air panas. Sehingga jika tetap Anda cuci dengan air panas, pakaian tersebut bisa mengalami kerusakan.

7. Jangan Biarkan Orang Lain Berkunjung


Jangan Biarkan Orang Lain Berkunjung
pxhere.com

Tips satu ini juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Guna memutus rantai penularan virus Corona, pastikan rumah Anda bebas dari tamu maupun pengunjung. Selain penghuni rumah, jangan biarkan orang lain berkunjung, bahkan jika itu adalah anggota keluarga atau kerabat dekat.

Demi kesehatan bersama, beri pengertian kepada mereka secara baik-baik agar tidak sampai menyinggung. Jika ada keperluan mendesak, sebaiknya bicarakan lewat sambungan telepon atau panggilan video.

8. Melakukan Swab Tes


Melakukan Swab Tes
menpan.go.id

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, risiko tertular virus Corona akan cukup besar jika Anda tinggal serumah dengan pasien positif COVID-19. Karena itu, Anda harus melakukan swab tes untuk mengetahui telah tertular atau tidak. Jika ternyata Anda sudah tertular, petugas medis akan mengambil tindakan tertentu agar Anda segera pulih.

Demikian delapan cara yang harus Anda lakukan jika tinggal serumah dengan pasien positif COVID-19. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips menjaga kesehatan lansia di tengah pandemi virus Corona. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips aman pergi berobat ke rumah sakit di tengah pandemi.

You can share this post!

Related Posts