Penuh Gizi Dan Anti Bikin Gemuk, 8 Makanan Ini Aman Dimakan Saat Malam Hari Ketika Diet
pixabay.com
Kuliner

Makan di malam hari dan dekat dengan waktu tidur dapat menyebabkan gangguan pencernaan juga gangguan tidur. Namun, jika kalian benar-benar lapar di malam hari, ada beberapa makanan yang diklaim aman dimakan meskipun larut malam.

WowKeren - Kalian memang dianjurkan makan sebanyak 3 kali sehari. Namun, makan terlalu malam juga enggak baik. Di malam hari, tubuh ternyata membakar lemak saat tidur. Glikogen dalam tubuh diubah menjadi glukosa dan dilepaskan ke aliran darah untuk menjaga kadar gula darah tetap normal saat

Ketika cadangan glikogen habis, hati akan membakar sel lemak untuk dijadikan energi. Tubuh membutuhkan waktu beberapa jam untuk melakukan proses tersebut sampai cadangan glikogen terpakai. Sehingga, jika kalian makan larut malam dan paginya kalian juga sarapan, tubuh tidak mendapatkan kesempatan untuk membakar lemak karena sudah mulai mengisi cadangan glikogen lagi.

Makan di malam hari dan dekat dengan waktu tidur dapat menyebabkan gangguan pencernaan juga gangguan tidur. Namun, jika kalian benar-benar lapar di malam hari, ada beberapa makanan yang diklaim aman dimakan meskipun larut malam. Apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 8 jenisnya. Yuk simak!

(wk/putr)

1. Telur


Telur

Banyak orang tidak terpikir untuk mengonsumsi telur di malam hari ketika diet. Padahal nyatanya telur adalah salah satu makanan yang boleh dimakan di malam hari, walau sedang dalam program diet. Sebab, satu telur besar, hanya mengandung 72 kalori. Selain itu, ada 6 gram protein yang bisa membuat kalian merasa kenyang setelah memakannya.

Telur juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Dalam penelitian yang terbit di Nutrition & Metabolism, metabolisme yang tinggi akan memperlancar pembakaran kalori. Hal ini membuat berat badan seseorang menjadi lebih cepat berkurang. Umumnya, makanan berprotein akan meningkatkan kadar metabolisme tubuh sebesar 15-30 persen. Maka dari itu, mengonsumsi telur sebagai makanan berprotein tinggi membantu tubuh untuk membakar kalori.

2. Sereal dan susu


Sereal dan susu
pixabay.com

Makan sereal tanpa susu tentu saja terasa kurang nikmat. Perpaduan makana satu ini memang sering dikonsumsi sebagai menu sarapan. Namun, sereal dan susu juga bisa dijadikan makan malam untuk diet. Namun ingat, pastikan porsi sereal kalian tidak terlalu banyak ya.

Kalau bisa, jumlah kalorinya di bawah 300. Seperti satu cangkir sereal jagung (100 kalori), dengan setengah cangkir susu tanpa lemak (45 kalori). Perlu diketahui, produk susu mengandung kalsium, mengandung zat mineral yang memerankan peranan penting dalam produksi hormon melatonin.

3. Buah Beri


Buah Beri
pixabay.com

Semangkuk buah beri bisa menjadi makan malam untuk diet yang sangat lezat serta menyehatkan. Selain mengandung serat, buah beri juga mengandung magnesium, yang bisa menenangkan saraf hingga otot, supaya tidur jadi pulas. Jika kalian tidak suka buah beri yang polos, tambahkan saja sedikit susu atau potongan-potongan kecil kacang, untuk menambah cita rasanya.

Utau jika kalian punya bluberry, simpan saja di lemari es untuk dikonsumsi saat malam hari. Rasa manisnya asli dari buah, sehingga dapat memenuhi kadar gula di tubuh dengan takaran yang pas. Buah ini juga mengandung banyak antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung dan otak.

4. Almond


Almond
pixabay.com

Almond berbeda dengan jenis kacang-kacangan lain yang mengandung lemak tinggi. Jenis kacang ini juga tinggi magnesium yang berguna mengatur kadar gula darah. Kacang-kacangan mengandung beberapa nutrisi yang sulit diurai dan dicerna oleh tubuh. Tubuh tidak dapat menyerap 10-15 persen kalori dalam kacang. Selain itu, mengonsumsi kacang-kacangan juga dapat membantu meningkatkan metabolisme.

Biasanya, almond paling enak dimakan langsung atau dikukus. Kalian bisa menambahkan sedikit bumbu, asal bukan berasal dari perasa yang mengandung banyak garam atau gula. Jangan sampai almondnya sudah sehat, tapi bumbunya malah bikin berat badan naik.

5. Pisang


Pisang
pixabay.com

Pisang merupakan salah satu buah yang tinggi serat dan rendah kalori. Buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya dapat menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan, mencegah tekanan darah tinggi, serta mencegah risiko penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

Pisang juga dikenal sebagai sumber magnesium. Magnesium merupakan mineral yang membantu setiap organ dan sistem dalam tubuh agar dapat berfungsi normal. Magnesium penting untuk pembentukan protein, mempertahankan fungsi otot dan saraf, produksi energi, serta mengendalikan gula dan tekanan darah.

6. Dark Chocolate


Dark Chocolate
pixabay.com

Konsumsi cokelat memang sebaiknya dihindari, namun hal ini berlaku untuk cokelat batangan atau permen cokelat yang banyak dijual di minimarket. Cokelat tersebut adalah cokelat yang sudah diolah dan mengandung banyak gula. Oleh karena itu, pilihan yang tepat adalah dark chocolate. Meski rasanya agak pahit, tapi cokelat ini memiliki banyak keutamaan seperti kaya antioksidan.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi dark chocolate dapat meredakan stres, membantu menenangkan rasa cemas, dan memperbaiki mood. Jika kalian mengonsumsinya secara rutin tiap hari selama 2 minggu, maka coklat hitam dapat mengurangi produksi hormon stres, sehingga stres pun bisa teratasi.

7. Greek yoghurt


Greek yoghurt
pixabay.com

Greek yogurt memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta minuman fermentasi ini maupun orang yang tengah berusaha menurunkan berat badan. Kandungan yang terdapat pada greek yogurt tergantung dari merek produk yang kalian konsumsi. Namun, rata-rata terdapat 12-17 gram protein per 100 gram penyajian. Meski berasal dari susu sapi, greek yogurt cenderung aman untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki intoleransi laktosa.

Mengonsumsi makanan tinggi protein juga dapat membantu tubuh membakar lebih banyak kalori per hari. Namun, manfaat ini hanya bisa didapatkan jika kalian juga mengonsumsi makanan berserat serta lemak sehat sehingga metabolisme tubuh dapat bekerja secara optimal. Greek yogurt mengandung probiotik, bakteri baik yang dapat menyehatkan saluran pencernaan.

8. Salad


Salad
pixabay.com

Jenis makanan yang aman dikonsumsi saat malam hari yang berikutnya adalah berbagai aneka sayuran atau salad. Biasanya, hidangan yang paling sering disarankan adalah buncis. Buncis kaya akan vitamin B6 dan, pada gilirannya, penting untuk sintesis serotonin. Jika Anda memutuskan untuk makan malam, tambahan terbaik untuk hidangan kaya ini adalah mentimun, zucchini, atau batang wortel.

Selain itu, selada juga dianjurkan untuk dikonsumsi. Daun selada sangat baik untuk meningkatkan kualitas tidur. Dilansir dari Medical News Today, daun selada memiliki efek sedatif hipnosis ringan yang membuat seseorang memiliki kualitas tidur yang baik. Jurnal Food Science and Biotechnology menyebutkan, selada tidak hanya mampu meningkatkan kualitas tidur, namun melindungi sel-sel pada tubuh dari peradangan yang mungkin terjadi akibat adanya gangguan tidur.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel