Trump Tarik AS Keluar dari Perjanjian Iklim Paris di Tengah Pilpres AS
Dunia

Hasil pemilu AS akan menentukan seberapa lama AS keluar dari Kesepakatan Paris. Sebab Joe Biden berjanji akan membawa AS bergabung kembali ke Kesepakatan Paris bila ia terpilih.

WowKeren - Amerika Serikat resmi keluar dari Kesepakatan Paris. Hal itu sesuai dengan janji Presiden Donald Trump untuk menarik produsen gas rumah kaca terbesar kedua di dunia tersebut dari perjanjian global yang bertujuan mengatasi perubahan iklim. Keputusan yang diambil di sela pilpres AS ini disayangkan oleh banyak pihak, termasuk negara-negara Eropa.

"Keluarnya AS akan meninggalkan jarak besar di rezim kami dan upaya global untuk meraih ambisi dan tujuan global Kesepakatan Paris," kata sekretaris eksekutif Konvensi Kerangka Kerja Perubahan Iklim PBB (UNFCCC), Patricia Espinosa.

Hasil pemilu AS akan menentukan seberapa lama Amerika keluar dari Kesepakatan Paris. Sebab, kandidat dari Partai Demokrat, Joe Biden, berjanji akan membawa AS bergabung kembali ke Kesepakatan Paris bila ia terpilih.


Espinosa mengatakan, AS masih tetap menjadi bagian dari UNFCCC. Ia menambahkan, lembaganya siap membantu usaha AS untuk bergabung kembali dengan Kesepakatan Paris.

Pada Juni 2017 lalu Trump mengumumkan niatnya untuk menarik AS dari pakta tersebut. Menurutnya, perjanjian itu merugikan perekonomian AS. Pemerintahannya mulai mengirimkan surat notifikasi ke PBB pada 4 November 2019 lalu. Hal itu membuat AS satu-satunya negara dari 197 penandatangan perjanjian 2015 yang keluar dari perjanjian tersebut.

Ketua dewan African Group of Negotiators, Tanguy Gahouma-Bekale, mengatakan keluarnya AS dari Kesepakatan Paris menghilangkan kesempatan untuk mengatasi perubahan iklim. Ia mengatakan, hal itu juga akan mengurangi pendanaan upaya penanggulangan pemanasan global.

Ia mengatakan, pemerintahan Barack Obama berjanji mengucurkan dana sebesar 3 miliar dolar untuk membantu negara rentan mengatasi perubahan iklim. Tetapi, hanya 1 miliar dolar yang dikirimkan.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait