Trump Bakal Tempuh Jalur Hukum untuk Tolak Hasil Pilpres, Wapres Mike Pence Pilih Bungkam
Getty Images
Dunia

Trump dengan tegas menolak mengakui kemenangan Biden. Ia mengatakan Biden terlalu terburu-buru mengklaim kemenangan setelah jaringan televisi AS mengumumkan kemenangan Demokrat.

WowKeren - Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali mengklaim kemenangan dalam Pilpres AS lewat Twitter. Trump belum mau mengakui keunggulan lawannya Joe Biden dalam pilpres kali ini.

"Kita akan menang!" cuit Trump lewat twitter pribadinya pada Selasa (10/11) waktu setempat. "Kami membuat kemajuan besar. Hasil mulai datang di minggu depan. Buat Amerika hebat lagi!" tambahnya.

Trump juga dengan tegas menolak mengakui kemenangan Biden. Ia mengatakan Biden terlalu terburu-buru mengklaim kemenangan setelah jaringan televisi AS mengumumkan kemenangan Demokrat.

Trump beserta tim kampanyenya bahkan menegaskan bakal menempuh jalur hukum untuk menolak hasil pilpres yang memenangkan Biden. Ia dan timnya menuduh terjadi kecurangan di Pennsylvania dan negara bagian lain yang memenangkan perolehan suara Biden. Namun, klaim tersebut dilontarkan tanpa bukti.


Sementara itu, Wakil Presiden AS Mike Pence tak menjawab pertanyaan tentang tuduhan kecurangan pilpres yang diklaim oleh Trump. Pence bahkan bisa dibilang jarang muncul lagi di media usai pilpres AS.

Di sisi lain, menanggapi pernyataan Trump yang masih tak mengakui kekalahan di pilpres, Biden menyebut sikap kandidat dari Partai Republik tersebut sangat memalukan. Presiden terpilih AS dari Demokrat itu memastikan penolakan Trump tak mempengaruhi jalannya pemerintahan di bawah kepemimpinannya nanti.

Terlepas dari hal tersebut, pasangan capres-cawapres Biden-Harris berhasil meraih posisi presiden-wakil presiden setelah melewati perolehan 270 suara elektoral. Sedangkan rivalnya, Trump-Pence, meraih 214 suara elektoral. Dalam pernyataan resminya, Biden mengungkapkan rasa bangga akan kepercayaan rakyat AS padanya dan Kamala Harris untuk mengampu masa jabatan berikutnya.

Para pemimpin dunia, termasuk sekutu AS telah memberi selamat kepada Joe Biden yang unggul dalam Pilpres AS. Mereka antara lain Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Perdana Menteri Irlandia Micheál Martin, Kanselir Jerman Angela Merkel, hingga Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru