Mengejutkan! Surat Ini Ditemukan Usai Hilang 110 Tahun Lalu Saat Dikirim Via Burung Merpati
SerbaSerbi

Peristiwa mengejutkan terjadi di Prancis. Pasalnya, sebuah surat yang telah hilang 100 tahun lalu saat dikirimkan melalui seekor burung merpati berhasil ditemukan. Bagaimana ceritanya?

WowKeren - Sebuah peristiwa tak terduga baru-baru ini terjadi di Prancis. Peristiwa ini terkait penemuan sebuah surat yang telah hilang 110 tahun lalu setelah dikirimkan dengan mengandalkan burung merpati.

Lebih dari satu abad berlalu, surat tersebut ditemukan di sebuah lapangan di Ingersheim, Prancis. Pesan ini diduga dikirim pada oleh seorang perwira Jerman untuk rekannya pada tahun 1910 silam. Saat itu, daerah Ingersheim memang menjadi bagian dari Jerman.

Seorang kurator bernama Dominique Jardy menjelaskan surat itu terlipat di dalam kapsul aluminium kecil dan naskahnya sulit diuraikan. Ia lantas meminta koleganya dari Jerman untuk menerjemahkan pesan tersebut. Terungkap, isi surat ini adalah laporan tentang latihan militer Jerman di Kota Colmar.

”Peleton Potthof menerima tembakan ketika mereka mencapai perbatasan barat tempat pawai, peleton Potthof menembak dan mundur setelah beberapa saat,” bunyi pesan itu menurut kantor berita AFP, Rabu (11/11). “Di Fechtwald, setengah peleton dinonaktifkan. Peleton Potthof mundur dengan kekalahan besar.”

Lebih lanjut Jardy menerangkan mengenai dugaannya terkait istilah kekalahan dalam surat tersebut. Menurutnya, istilah itu merujuk pada latihan militer, bukan kekalahan dalam arti banyaknya prajurit yang tewas. Ia menjelaskan hal ini adalah praktik umum selama latihan militer saat itu.


Jardy membeberkan sempat ada perdebatan mengenai penemuan surat tersebut. Perdebatan ini seputar kapan pengiriman surat via burung merpati itu dilakukan, apakah tahun 1910 atau 1916.

Namun, Jardy akhirnya meyakini jika surat tersebut dikirimkan pada tahun 1910. Hal ini ia buktikan melalui situasi tahun 1916 yang tidak ada manuver militer di sekitar Colmar. Selain itu, surat ini menggunakan istilah-istilah khusus untuk latihan militer daripada perang.

Penemuan surat tersebut dinilai sangat berharga. “Artefak seperti pesan itu hampir tidak pernah ditemukan hari ini. Ini benar-benar sangat, sangat, sangat langka. Benar-benar luar biasa,” ungkap Jardy.

Rencananya, surat tersebut akan dipajang di Museum Linge Memorial. Museum ini menceritakan kisah pertempuran antara pasukan Prancis dan Jerman pada 1915.

Kala itu, Prancis menyerahkan Ingersheim dan daerah sekitarnya ke Jerman pada 1871 setelah perang Prancis-Jerman. Beruntung, wilayah itu berpindah tangan lagi pada tahun 1918 dengan kemenangan Sekutu dalam Perang Dunia I.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait