Bayi Jadi Nyaman dan Enggak Rewel, Ini 7 Tips Melakukan Perjalanan Jauh dengan Si Kecil Saat Pandemi
Unsplash/Marcin Jozwiak
Travel
COVID-19 di Indonesia

Saat melakukan perjalanan jauh, bayi kerap rewel karena berbagai faktor. Untuk mencegahnya terjadi, sebaiknya terapkan tujuh tips dalam artikel berikut ini.

WowKeren - Mengajak bayi bepergian jauh sering menjadi tantangan tersendiri bagi para orangtua, khususnya jika usia si kecil belum sampai setahun. Hal ini disebabkan karena bayi mudah rewel dan menangis jika kelelahan, lapar atau bahkan bosan di perjalanan.

Terlebih di tengah pandemi virus Corona seperti saat ini, kita harus memberikan perhatian ekstra agar si kecil selalu aman di perjalanan. Tujuannya tentu saja agar Anda dan si kecil bisa sampai tempat tujuan dengan aman dan nyaman tanpa harus melalui kendala yang berarti.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan memberikan beberapa tips melakukan perjalanan jauh dengan bayi di tengah pandemi Corona. Penasaran apa saja tipsnya ? Simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Pilih Moda Transportasi yang Nyaman dan Aman


Pilih Moda Transportasi yang Nyaman dan Aman
Rawpixel/Karolina/Kaboompics

Untuk memastikan agar bayi tidak rewel selama melakukan perjalanan jauh, sebaiknya pilih moda transportasi yang nyaman dan aman. Jika memilih pesawat, sebaiknya tanyakan pada awak kabin terkait fasilitas apa saja yang tersedia untuk bayi seperti makanan untuk bayi atau tempat khusus mengganti popok. Jika memungkinkan, sebaiknya cari tempat duduk di dekat toilet untuk memudahkan Anda mengganti popok si kecil.

Jika tak ingin naik pesawat, Anda bisa memilih bepergian dengan kereta yang memiliki ruang lebih leluasa sehingga Anda dan si kecil bergerak dengan lebih bebas. Sedangkan jika Anda melakukan perjalanan jauh dengan mobil, pastikan untuk memasang kursi khusus bayi untuk menjamin keamanannya selama berkendara.

2. Atur Jadwal yang Tepat


Atur Jadwal yang Tepat
Unsplash/Eliza Diamond

Tips berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah memilih waktu yang tepat. Sebaiknya pilih berangkat di malam hari karena pada waktu ini si kecil lebih mudah tertidur, sehingga kemungkinannya untuk rewel semakin kecil. Namun jika Anda ingin berangkat di waktu lainnya tetap bisa kok, asal Anda bisa menjaga si kecil tetap tenang selama perjalanan.

Selain itu, usahakan untuk tidak membawa bayi bepergian dengan rombongan. Hal ini dikarenakan Anda harus selalu menyesuaikan jadwal rombongan yang cukup padat, sehingga bayi akan lebih mudah rewel selama perjalanan. Terlebih lagi, bepergian dengan rombongan meningkatkan risiko penularan virus Corona.

3. Selalu Terapkan Protokol Kesehatan COVID-19


Selalu Terapkan Protokol Kesehatan COVID-19
Rawpixel/Karolina/Kaboompics

Karena bayi cenderung memiliki daya imun yang lebih lemah dari orang dewasa, Anda harus selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19 agar si kecil tak sampai tertular virus Corona. Saat berada di tempat umum, sebaiknya jaga jarak Anda dan si kecil dengan orang lain minimal sejauh dua meter untuk menghindari droplet.

Bila perlu, sebaiknya pakaikan face shield pada bayi Anda saat sedang berdekatan dengan orang asing. Jangan terlalu lama, namun pakaikan seperlunya saja. Dan ingat, Anda harus memasangnya dengan benar agar alat tersebut tidak sampai menutup jalan pernafasan si kecil.

4. Bawa Starter Kit New Normal


Bawa Starter Kit New Normal

Karena melakukan perjalanan jauh di tengah pandemi virus Corona, pastikan untuk selalu membawa starter kit new normal di dalam tas. Benda pertama yang harus selalu Anda bawa adalah cairan disinfektan travel kit. Cairan ini sangat berguna untuk membersihkan berbagai benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu, tempat duduk dan lain sebagainya.

Setelah itu Anda juga harus membawa hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70 persen yang dapat digunakan untuk membersihkan tangan yang kotor setelah memegang banyak benda. Dengan menjaga kebersihan diri Anda, kesehatan si kecil juga akan semakin terjaga dan perjalanan kalian akan berlangsung dengan aman.

5. Jangan Lupa Bawa Perlengkapan Bayi


Jangan Lupa Bawa Perlengkapan Bayi

Seperti halnya starter kit new normal, perlengkapan bayi juga tak boleh absen dari tas Anda. Pastikan untuk membawa kebutuhan utama bayi seperti popok, pakaian, botol susu, makanan bayi dan peralatannya, tisu basah dan kering, obat-obatan pribadi, termometer, pelembab kulit hingga selimut.

Bila perlu, sebaiknya bawa juga mainan si kecil. Mainan tersebut dapat mengalihkan perhatiannya saat bosan atau rewel. Agar mudah untuk diambil dan dirapikan, sebaiknya letakkan mainan tersebut ke dalam satu tas khusus yang bisa Anda jangkau dengan mudah.

6. Perhatikan Popok Si Kecil


Perhatikan Popok Si Kecil
Unsplash/Zachary Kadolph

Karena perjalanan jauh akan membutuhkan waktu yang lama, penting untuk selalu memperhatikan popok si kecil. Pakaikan popok berdaya serap tinggi agar rutinitas buang air kecil si kecil tidak terlalu merepotkan. Pastikan juga untuk memeriksanya dengan rutin agar bisa segera diganti saat sudah penuh. Dengan begitu, si kecil akan tetap nyaman dan tidak mudah rewel di jalan.

Selain itu, penggantian popok secara berkala juga penting dilakukan untuk mencegah si kecil terkena ruam popok. Kondisi ini sangat mengganggu si kecil dan membuatnya mudah rewel karena menimbulkan rasa gatal dan nyeri di area pantat hingga paha.

7. Hindari Bepergian Sendiri


Hindari Bepergian Sendiri
https://www.thelondoner.me/Rosie

Agar Anda tidak sampai kelelahan saat bepergian jauh dengan si kecil, sebaiknya ajak partner yang bisa dipercaya seperti pasangan, keluarga dekat maupun baby sitter. Partner ini akan sangat membantu Anda dalam mengurus dan menghibur bayi saat rewel. Selain itu, mereka juga bisa bergantian untuk menjaga si kecil saat Anda membutuhkan waktu istirahat.

Demikian tujuh tips melakukan perjalanan jauh dengan bayi selama pandemi. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips aman saat membawa bayi keluar rumah di era new normal. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa cara mudah menenangkan bayi yang rewel di malam hari.

You can share this post!

Related Posts