Korea Selatan Perkenalkan Pembawa Berita Buatan Pertama Berbasis AI
SerbaSerbi

Salah satu stasiun tv berita Korea Selatan MBN memperkenalkan pembawa acara buatan berbasis artificial intelligence (AI) pertamanya yang diberi nama AI Kim.

WowKeren - Robot dan artificial intelligence (AI) beberapa tahun terakhir telah banyak dikembangkan. Tak jarang-jarang teknologi canggih tersebut disebut bakal menggantikan pekerjaan manusia.

Seperti di Korea Selatan, dimana pekerjaan seperti pembawa berita pun menggunakan kecanggihan teknologi seperti AI. Perlu diketahui, profesi pembawa berita masih relevan karena keistimewaan mereka tak mudah digantikan dengan sembarang robot.

Pembawa berita memiliki kepribadian dan cara menyampaikan berita, serta menganalisisnya dengan komentar mereka yang dapat membuat sebuah berita memberikan wawasan baru dan lebih banyak konteks ketimbang jika kita hanya membacanya.

Namun, dengan adanya teknologi AI hal itu bisa saja terjadi. Seperti Channel berita MBN yang telah memperkenalkan penyiar AI pertamanya yang diberi nama AI Kim. Saat memperkenalkan dirinya, AI Kim mengatakan bahwa dirinya sebenarnya berasal dari pembawa berita sungguhan yang juga bekerja untuk MBN bernama Kim Ju-ha.


"Saya diciptakan melalui teknologi deep learning dari berbagai video Kim Ju-ha selama 10 jam. Saya mempelajari detail suaranya, cara dia berbicara, ekspresi wajah, cara bibirnya bergerak, dan cara dia menggerakkan tubuhnya," kata AI Kim. "Saya bisa melaporkan berita persis seperti yang dilakukan pembawa berita Kim Ju-ha."

Yang menakjubkan, selama penampilan perdananya sebagai pembawa berita non-manusia, AI Kim berhasil berbicara dengan nada dan cara yang sama seperti rekan manusianya. Ia juga tampak meniru beberapa gerakan tubuh Kim.

Tujuan MBN membuat pembawa acara buatan berbasis AI ini untuk memungkinkan stasiun berita mereka menyiarkan berita setiap hari selama 24 jam non stop, terutama di saat-saat ketika pembawa berita manusia sedang tidur, istirahat, atau sakit. Jadi bukan untuk menggantikan pekerjaan manusia sepenuhnya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait