Jarang Diketahui, Inilah Tahapan Proses Penentuan Nominasi Grammy 2021
Musik

Nominasi yang akan diumumkan nanti merupakan hasil dari pendaftaran karya yang diterima pihak Recording Academy yang dirilis pada 1 September 2019 hingga 31 Agustus 2020.

WowKeren - Salah satu ajang penghargaan musik yang paling dinantikan di seluruh dunia, Grammy Awards 2021, akan segera membagikan daftar nominasi. Pengumuman nominasi Grammy Awards 2021 akan dirilis pada Selasa (24/11) malam waktu Indonesia.

Nominasi yang akan diumumkan nanti merupakan hasil dari pendaftaran karya yang diterima pihak Recording Academy dari ribuan musisi. Karya yang bisa didaftarkan adalah yang dirilis pada 1 September 2019 hingga 31 Agustus 2020.

Menurut laman resmi Recording Academy, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh para musisi agar nama mereka bisa tercantum dalam nominasi Grammy Awards 2021.

Yang pertama adalah nominasi Grammy Awards didapat dari hasil seleksi komite khusus yang dirahasiakan identitasnya. Namun, komite tersebut merupakan anggota Recording Academy yang bisa berasal dari musisi, produser, hingga pelaku bisnis musik.

Komite yang merupakan anggota Recording Academy itu kemudian menyaring sekitar 20 ribu karya yang didaftarkan untuk Grammy Awards. Puluhan ribu karya tersebut berasal dari berbagai genre, kelompok musisi, dan bentuk.


Setidaknya, berbagai pihak yang mengajukan karya itu berasal dari alternative, comedy, musical theatre, pop, reggae, spoken word, traditional word, visual media, american roots, children, instrumental, country, dance/electronic, gospel, jazz, latin, music video dan film, new age, R&B, pop, rap, dan world music.

Ribuan karya itu kemudian diseleksi oleh komite melalui sebuah voting yang dilakukan secara tertutup, yang kemudian menghasilkan sejumlah daftar untuk dikaji kembali oleh komite karya Recording Academy.

Setelah dikaji oleh komite karya, daftar tersebut kemudian dipersingkat dan menjadi nominasi yang terbagi dalam 84 kategori untuk diumumkan kepada publik.

Proses pemilihan dalam Grammy Awards dilakukan melalui sistem voting online yang telah diterapkan dalam beberapa tahun terakhir. Masing-masing pemilih diberi instruksi untuk memberikan suara sesuai kategori yang menjadi bidang keahliannya. Jika terdapat anggota tim juri Grammy yang masuk dalam nominasi maka ia berhak memberikan suara untuk dirinya sendiri.

Sistem ini mulai diterapkan sejak 2018 dengan tujuan agar penampil ataupun musisi yang sedang melakukan tur masih dapat memberikan suara mereka sebelum tenggat waktu pemungutan suara berakhir.

Melalui sistem ini, artis dan musisi dapat memberikan suara mereka melalui gawai seperti perangkat telepon genggam ataupun laptop sembari melakukan kegiatan di tengah aktivitas tur mereka. Pihak Recording Academy menjamin suara yang diambil melalui sistem e-voting ini adalah suara sah dan dijamin keamanannya.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru