Penampilan Jadi Makin Oke, Lakukan 7 Cara Mudah Ini Untuk Menghilangkan Kerutan di Leher
Lifestyle

Kerutan di leher bisa sangat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Karena itu jika kamu memiliki keluhan satu ini, sebaiknya mulai atasi dengan tujuh cara berikut.

WowKeren - Selain wajah, leher juga menjadi salah satu bagian yang harus dirawat dengan baik. Memiliki leher yang indah tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri, terutama bagi Anda yang tidak mengenakan hijab. Sebab biasanya kita akan menghiasi leher dengan kalung, syal maupun aksesori lain untuk mempercantik penampilan.

Maka dari itu, penting untuk selalu merawat leher karena bagian ini memiliki lapisan epidermis yang tipis, sehingga berbagai tanda penuaan dini dapat terlihat dengan lebih jelas. Di antaranya seperti kemunculan garis halus, kerutan dan kulit leher yang kendur. Jika terus dibiarkan, penampilan tidak akan maksimal dan rasa percaya diri bisa menurun.

Meski cukup meresahkan, sebaiknya tetap tenang dan jangan terlalu panik. Sebab ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kerutan pada leher. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi lengkapnya dalam artikel WowKeren berikut ini.

(wk/eval)

1. Bersihkan Leher Secara Teratur


Bersihkan Leher Secara Teratur

Seperti halnya wajah, leher juga bisa terjangkit bakteri, kuman, debu dan kotoran penyebab jerawat serta kerutan. Oleh sebab itu, penting untuk membersihkan leher secara teratur untuk menyingkirkan berbagai bakteri dan kotoran tersebut. Gunakan pembersih yang berbentuk creamy dan hindari sabun mandi karena dapat mengganggu keseimbangan pH kulit leher.

Saat membersihkan leher, pastikan untuk tidak menggosoknya dengan terlalu keras. Pasalnya pergerakan yang terlalu berlebihan dapat membuat kulit tertarik dan mengurangi elastisitasnya. Agar lebih aman, sebaiknya lakukan gerakan satu arah kemudian keringkan dengan memberikan tepukan lembut dengan handuk.

2. Aplikasikan Skincare ke Bagian Leher


Aplikasikan Skincare ke Bagian Leher

Saat sedang merawat wajah menggunakan produk skincare, sebaiknya aplikasikan juga di bagian leher. Penggunaan skincare ini dapat membantu menghilangkan garis-garis halus dan kerutan yang muncul di leher. Di antara jenis yang bisa kamu gunakan adalah pelembab dan serum yang dapat menjaga kelembapan kulit.

Agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya gunakan produk yang mengandung retinol, peptida dan asam hialuronat (hyaluronic acid). Kandungan ini diketahui dapat meningkatkan produksi kolagen dan mengembalikan elastisitas kulit leher. Hasilnya, kulit lehermu akan lebih lembab dan bebas dari kerutan.

3. Rajin Menggunakan Sunscreen di Leher


Rajin Menggunakan Sunscreen di Leher

Sebagian orang hanya mengoleskan sunscreen di wajah dan melewatkan bagian leher begitu saja. Padahal efek buruk sinar matahari juga dapat menjadi penyebab utama penuaan di kulit leher. Oleh karena itu penting untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung dan selalu gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 setiap beraktivitas di luar rumah.

Ingat, jangan pernah melewatkan rutinitas satu ini jika tak ingin kulit leher mengalami penuaan lebih cepat. Apalagi cara pengaplikasiannya lebih mudah daripada di wajah karena kalian tak perlu khawatir bakal merusak riasan.

4. Eksfoliasi Leher Seminggu Sekali


Eksfoliasi Leher Seminggu Sekali

Agar kulit leher tetap teremajakan dan terhindar dari kerutan, usahakan untuk melakukan eksfoliasi setiap seminggu sekali. Proses perawatan ini berguna untuk mengangkat sel kulit mati sekaligus menyegarkan kembali kulit leher.

Untuk melakukan ini tak perlu harus mengeluarkan banyak biaya, sebab kalian bisa membuat scrub sendiri di rumah. Caranya mudah, campurkan gula merah, madu dan sedikit jus lemon kemudian aplikasikan sebagai scrub di leher. Gula berperan sebagai pengelupas, madu dapat melembapkan kulit sedangkan lemon dapat mencerahkan kulit leher.

5. Jangan Gunakan Parfum dengan Kandungan Alkohol di Leher


Jangan Gunakan Parfum dengan Kandungan Alkohol di Leher

Bagi sebagian orang, menggunakan parfum di area leher menjadi rutinitas yang tak boleh dilewatkan. Namun perlu diperhatikan bahwa parfum dengan kandungan alkohol yang tinggi justru dapat membuat kulit menjadi kering. Jika sudah begini, keriput dan garis-garis halus akan muncul secara perlahan.

Sebagai gantinya, ada dua alternatif yang bisa kamu lakukan. Pertama, semprotkan parfum di pergelangan tangan atau pergelangan kaki saja agar wanginya lebih tahan lama. Cara kedua, kamu bisa menggunakan parfum alami tanpa kandungan alkohol.

6. Jauhkan Gadget dari Leher


Jauhkan Gadget dari Leher

Cara satu ini mungkin tampak tak berhubungan. Namun perlu diketahui bahwa radiasi sinar biru dari layar gadget ternyata juga bisa mempercepat kemunculan keriput di leher. Untuk menyiasatinya, sebaiknya posisikan layar gadget searah dengan wajah agar kamu bisa mendapatkan jarak pandang yang tepat.

Perlu diketahui bahwa jarak pandang yang tidak tepat saat menggunakan gadget juga bisa memicu kemunculan garis halus di leher. Sebagai contoh, ketika laptop atau ponsel berada di posisi yang lebih rendah dari jarak pandang, kamu akan lebih sering melihat ke arah bawah. Akibatnya, kulit leher akan terlipat dan garis-garis halus akan bermunculan.

7. Menjaga Kualitas Tidur


Menjaga Kualitas Tidur

Berbagai aktivitas yang padat sering membuat tubuh kelelahan dan tidak dapat beristirahat dengan baik di malam hari. Padahal, salah satu cara untuk menghilangkan kerutan di kulit leher berikutnya berkaitan dengan tidur yang berkualitas. Jika tubuh dapat beristirahat dengan baik sepanjang malam, proses regenerasi kulit akan berjalan lancar sehingga kalian bisa terhindar dari masalah kerutan.

Untuk menjaga kualitasnya, atur waktu dengan sebaik mungkin agar bisa beristirahat selama 7-9 jam setiap hari. Bila perlu, sebaiknya pilih bantal yang tidak terlalu tinggi untuk mencegah terlipatnya kulit leher saat tidur.

Demikian tujuh cara menghilangkan kerutan di leher yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tujuh cara alami yang bisa kalian lakukan untuk menyamarkan kerutan di dahi. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi flek hitam.

You can share this post!

Related Posts