8 Bahan Alami Ini Ampuh Untuk Menghilangkan Flek Hitam, Bisa Dibuat Sendiri di Rumah!
Lifestyle

Kemunculan flek hitam di bagian wajah tentu bisa mengganggu penampilan. Nah jika kamu ingin mengatasinya secara alami tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, sebaiknya simak informasi lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh para wanita adalah flek hitam. Masalah ini pada umumnya dikarenakan terlalu sering terpapar sinar matahari. Sebab sinar matahari bisa meningkatkan produksi sel melanosit yang menghasilkan pigmen melanin atau pigmen pengatur warna kulit.

Wajah adalah bagian yang paling rawan mengalami flek hitam karena hampir selalu terpapar sinar matahari. Jika sudah demikian, penampilan akan cukup terganggu. Karena itulah para wanita biasanya akan melakukan berbagai cara untuk mengatasi masalah ini, mulai dari perawatan mahal hingga menggunakan berbagai macam produk kosmetik yang tidak murah harganya.

Tapi jika kamu ingin melakukan perawatan secara alami dengan biaya yang lumayan terjangkau, maka tak ada salahnya untuk menyimak artikel ini. Pasalnya tim WowKeren telah merangkum beberapa bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan flek hitam. Penasaran apa saja itu? Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Jus Lemon dan Perasan Jeruk Nipis Sangat Ampuh Hilangkan Flek Hitam


Jus Lemon dan Perasan Jeruk Nipis Sangat Ampuh Hilangkan Flek Hitam

Bahan alami pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi flek hitam adalah jus lemon atau perasan jeruk nipis. Pasalnya dua buah ini terkenal memiliki banyak khasiat untuk wajah. Ia mampu melawan penuaan, mencerahkan wajah, menangkal radikal bebas hingga merawat kerusakan kulit karena sinar matahari dan menghilangkan flek hitam.

Cara menggunakannya sangat mudah. Pertama, kamu hanya harus membuat jus lemon atau perasan jeruk nipis. Kedua, ambil airnya dengan menggunakan kapas dan oleskan di wajah yang terdapat flek hitamnya. Diamkan hingga mengering lalu bilas menggunakan air bersih. Tapi untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya beri tambahan air agar tidak terlalu asam.

2. Daging Lidah Buaya Juga Bisa Menghilangkan Flek Hitam Loh, Begini Caranya


Daging Lidah Buaya Juga Bisa Menghilangkan Flek Hitam Loh, Begini Caranya

Lidah buaya dikenal sebagai salah satu bahan alami dengan sejumlah manfaat untuk kecantikan. Lidah buaya mampu melembabkan dan menghaluskan wajah, menangkal radikal bebas hingga mengatasi flek hitam. Karena itulah lidah buaya kerap digunakan sebagai bahan utama dalam berbagai produk kecantikan.

Jika ingin menggunakan lidah buaya untuk mengatasi flek hitam, yang kamu perlukan adalah bagian dagingnya. Oleskan daging lidah buaya di bagian wajah yang mengalami flek hitam, lalu pijat secara perlahan dan biarkan selama 15 hingga 20 menit. Setelah kering, bilas dengan air hingga bersih.

3. Gunakan Masker Kentang Untuk Mengatasi Flek Hitam, Ampuh Banget!


Gunakan Masker Kentang Untuk Mengatasi Flek Hitam, Ampuh Banget!

Kentang juga bisa digunakan untuk mengatasi flek hitam yang ada di wajah. Kandungan di dalamnya mampu menghilangkan flek hitam, mengangkat sel kulit mati, melembabkan kulit serta membantu mencerahkan kulit.

Cara penggunaannya pun sangat mudah. Pertama cuci bersih kentang lalu iris tipis-tipis. Setelah itu letakkan irisan kentang di wajah. Biarkan selama beberapa menit sebelum mencucinya dengan air hangat. Selain diiris, kamu juga bisa menghaluskan kentang untuk dijadikan masker wajah.

4. Punya Banyak Manfaat Kecantikan, Kunyit Juga Ampuh Menghilangkan Flek Hitam di Wajah


Punya Banyak Manfaat Kecantikan, Kunyit Juga Ampuh Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Kunyit dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kecantikan kulit. Salah satunya adalah untuk menghilangkan flek hitam yang ada di hidung maupun wajah. Kunyit bisa memperbaiki kerusakan radikal bebas dan mengurangi pigmentasi kulit serta mencerahkan warna kulit. Tak hanya itu, sebab kunyit juga bisa menghilangkan flek akibat terpapar sinar matahari dan flek akibat penuaan kulit.

Untuk mendapatkan sejumlah manfaat tersebut, pertama campurkan dua sendok teh kunyit yang sudah dihaluskan dengan susu dan air lemon. Pastikan jumlah kunyitnya lebih banyak, karena jika tidak, campurannya akan jadi terlalu cair. Setelah itu oleskan masker kunyit ini di wajah dan biarkan selama beberapa menit. Jika sudah selesai, bilas dengan menggunakan air hangat.

5. Pepaya Tak Hanya Mampu Melancarkan Pencernaan, Tapi Juga Ampuh Menghilangkan Flek Hitam


Pepaya Tak Hanya Mampu Melancarkan Pencernaan, Tapi Juga Ampuh Menghilangkan Flek Hitam

Enzim yang terdapat di dalam buah pepaya dapat membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan flek hitam. Pepaya mengandung papain, enzim yang mampu mengelupas kulit untuk menyingkirkan sel kulit mati. Selain itu, buah ini juga memiliki sifat pembersihan yang bisa membantu membersihkan kulit dari kotoran dan bahkan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu harus menjadikan pepaya sebagai bubur atau masker. Pertama, ambil daging buah pepaya yang sudah matang, lalu hancurkan hingga menjadi bubur. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu bilas hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini sebanyak tiga hingga empat kali dalam seminggu.

6. Tak Hanya Enak Dimakan, Oatmeal Juga Bisa Dibuat Masker Untuk Menghilangkan Flek Hitam


Tak Hanya Enak Dimakan, Oatmeal Juga Bisa Dibuat Masker Untuk Menghilangkan Flek Hitam

Oatmeal dikenal sebagai menu sarapan sehat yang digemari banyak orang. Di samping itu, oatmeal rupanya juga mampu menghilangkan flek hitam, melembutkan dan meremajakan kulit hingga merawat kulit yang gosong akibat terlalu sering terpapar sinar matahari.

Cara menggunakannya sebagai masker penghilang flek hitam pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menumbuk dan mencampur oatmeal dengan air perasan lemon hingga menjadi pasta. Setelah itu oleskan pada kulit wajah dan biarkan selama beberapa menit. Setelah masker mengering, cuci wajah dengan air hangat. Lakukan perawatan ini satu atau dua kali dalam seminggu agar hasilnya lebih maksimal.

7. Jika Digunakan Secara Rutin, Masker Almond Bisa Menghilangkan Flek Hitam dan Bekas Luka


Jika Digunakan Secara Rutin, Masker Almond Bisa Menghilangkan Flek Hitam dan Bekas Luka

Almond dikenal sebagai salah satu pelembab alami yang mengandung vitamin E dan antioksidan. Karena itulah ia mampu menghilangkan flek hitam dan bekas luka jika digunakan sebagai masker. Selain itu, almond juga bisa membantu menjaga kulit agar tetap bersih dan mulus.

Sebelum diolah menjadi masker, kacang almond harus direndam dengan susu selama satu malam. Setelah itu, giling kacang almond yang sudah dikupas dan campur dengan bubuk cendana serta madu. Aduk hingga merata hingga berbentuk pasta. Setelah itu masker almond siap digunakan pada wajah. Lakukan perawatan dengan masker almond sebanyak 1 hingga 2 kali selama seminggu.

8. Kayu Cendana, Bahan Alami dengan Harga Terjangkau yang Ampuh Atasi Flek Hitam


Kayu Cendana, Bahan Alami dengan Harga Terjangkau yang Ampuh Atasi Flek Hitam

Kayu cendana adalah bahan alami berikutnya yang efektif untuk menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam pada wajah. Kandungan minyak alami yang ada di dalamnya bisa membantu membersihkan flek hitam secara alami. Kayu cendana bahkan bisa membuat kulit terlihat lebih sehat dan berseri-seri.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Pertama ambil 1 sendok makan bubuk cendana, 1 sendok makan gliserin dan 3 sendok makan air mawar. Campur rata hingga berbentuk seperti pasta. Lalu oleskan pada area kulit yang mengalami flek hitam dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air hangat dan lakukan perawatan ini sehari sekali hingga flek hitam di wajah menghilang.

Demikian delapan bahan alami yang ampuh untuk mengatasi flek hitam. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa bahan alami yang ampuh atasi kulit kering. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang bisa digunakan untuk melembutkan rambut.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru