Jadwal Padat Bukan Halangan, 7 Tips Liburan Singkat Ini Bantu Singkirkan Stres dari Pikiran
pexels.com/Pixabay
Travel

Liburan singkat menjadi solusi bagi kamu yang ingin melepas stres namun terhalang jadwal padat. Jika berminat untuk melakukan liburan ini, sebaiknya simak beberapa tipsnya berikut ini.

WowKeren - Liburan menjadi salah satu kegiatan yang sangat dinantikan oleh setiap orang. Kegiatan satu ini dapat membantu melepaskan stres dan lelah yang kita rasakan akibat pekerjaan, tumpukan tugas maupun berbagai masalah dalam hidup.

Namun, sebagian orang memutuskan untuk menunda liburan karena terkendala waktu dan belum menemukan momen yang benar-benar pas. Terlebih jika kamu adalah tipe orang yang sangat sibuk dan jarang memiliki waktu luang selain weekend. Akibatnya, rencana untuk libur akan terus tertunda sampai hari dan bulan berganti.

Jika kamu mengalami situasi seperti ini, sebaiknya jangan sedih terlebih dahulu. Sebab kamu tetap bisa melakukan liburan menyenangkan meski dalam waktu yang relatif singkat, seperti 3 hari 2 malam atau bahkan 2 hari 1 malam. Bila kamu tertarik dengan opsi liburan satu ini, sebaiknya simak beberapa tipsnya dalam artikel WowKeren berikut ini.

(wk/eval)

1. Rencanakan dengan Matang


Rencanakan dengan Matang
pexels.com/energepic.com

Jauh hari sebelum berangkat, pastikan untuk merencanakan kegiatan berliburmu dengan sematang mungkin. Kamu harus menentukan destinasi, transportasi dan akomodasi hingga aktivitas apa saja yang hendak dilakukan. Dengan merencanakan di awal, kamu dapat mempersingkat waktu karena telah menetapkan tujuan dan kegiatan yang jelas.

Saat membuat rencana, jangan terlalu banyak pertimbangan karena berisiko membuat liburanmu batal. Tak ada salahnya untuk mengambil keputusan spontan agar liburanmu jadi semakin berkesan. Bila perlu, sebaiknya sering-sering cek tanggal merah di kalender agar kamu bisa memanfaatkannya untuk pergi berlibur.

2. Pilih Destinasi yang Dekat


Pilih Destinasi yang Dekat
pexels.com/Pixabay

Tips berikutnya yang harus kamu perhatikan berkaitan dengan destinasi liburan. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk berlibur, sebaiknya pilih destinasi yang dekat dengan tempat tinggal agar dapat mengurangi waktu perjalanan.

Selain itu, pastikan untuk menentukan skala prioritas destinasi yang akan dikunjungi. Misalnya jika kamu berencana untuk pergi ke lima tempat wisata, sebaiknya pilih dua atau tiga tempat yang paling kamu sukai, kemudian kunjungi berurutan sesuai dengan skala prioritas. Bila waktu liburmu tak mencukupi untuk mengunjungi kelimanya sekaligus, sebaiknya simpan sisanya untuk agenda berikutnya.

3. Staycation di Hotel


Staycation di Hotel
pexels.com/Quark Studio

Tips berikutnya yang WowKeren rekomendasikan adalah melakukan staycation di hotel. Kegiatan satu ini sangat cocok buat kamu yang ingin melepas stres namun sedang malas bepergian ke tempat wisata. Dengan melakukan staycation, kamu bisa beristirahat seharian dan kabur dari padatnya rutinitas sambil menikmati suasana mewah di hotel.

Namun, tidak semua hotel cocok untuk staycation loh. Selain dikarenakan fasilitas yang memadai, ukuran ruangan juga bisa mempengaruhi kenyamanan kamu saat staycation. Agar tidak salah pilih, sebaiknya simak beberapa tips berburu hotel untuk staycation dalam artikel ini.

4. Bawa Barang Secukupnya


Bawa Barang Secukupnya
pexels.com/Ketut Subiyanto

Karena kamu hanya memiliki waktu yang singkat untuk berlibur, pastikan tidak membawa barang terlalu banyak. Hal ini penting dilakukan agar kamu tidak kerepotan selama di perjalanan. Bawa barang yang penting atau yang kamu perlukan saja, seperti pakaian, alat mandi, obat-obatan, charger, tas kecil dan lain sebagainya.

Bila perlu, sebaiknya jangan membawa koper karena hanya akan memberatkanmu. Masukkan semua barang ke backpack dan tata dengan serapi mungkin untuk menghemat ruang. Dengan melakukan cara ini, kamu sekaligus bisa mempersingkat waktu check out di bandara.

5. Pilih Kendaraan yang Tepat


Pilih Kendaraan yang Tepat
pexels.com/Rachel Claire

Saat melakukan liburan singkat, kamu diharuskan untuk mengatur waktu dengan se-efisien mungkin. Agar waktumu tidak habis di perjalanan, sebaiknya pilih kendaraan yang tepat dan cepat seperti kereta atau pesawat. Kedua jenis kendaraan ini minim hambatan, sehingga bisa mengantarmu lebih cepat ke tempat tujuan.

Bila memungkinkan, sebaiknya ambil penerbangan langsung untuk menghindari risiko delay. Dengan begitu, kamu takkan berlama-lama di perjalanan dan bisa secepatnya mengeksplor destinasi tujuan.

6. Jangan Lupa Cicipi Kuliner Legendaris


Jangan Lupa Cicipi Kuliner Legendaris
pexels.com/RODNAE Production

Saat berlibur, belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas atau kuliner legendaris di destinasi tujuan. Dengan menikmati kuliner tersebut, kamu bisa mengetahui kebiasaan maupun budaya suatu daerah. Terlebih, kuliner legendaris biasanya memiliki cita rasa yang telah teruji oleh waktu dan disukai hampir semua orang dari generasi ke generasi.

Bagi kamu yang berlibur ke kota Malang, sebaiknya simak beberapa kuliner legendarisnya di sini. Atau kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai kuliner legendaris yang ada di Semarang.

7. Ikut Open Trip


Ikut Open Trip
pexels.com/Andrea Piacquadio

Nah tips terakhir yang WowKeren rekomendasikan adalah mengikuti open trip. Tips ini cocok banget buat kamu yang tak ingin ribet menentukan lokasi tujuan, akomodasi maupun transportasi. Selain itu, open trip juga pas banget buat kamu yang enggak punya partner berlibur. Bahkan kamu berpeluang untuk bertemu gandengan setelah mengikuti kegiatan ini loh!

Yang tak kalah menarik, open trip biasanya menyediakan paket wisata yang relatif murah sehingga kamu bisa menghemat anggaran. Hanya saja, kamu harus menyesuaikan jadwal dengan rombongan dan mendatangi titik temu saat berangkat.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru