Makjleb! Kaesang Pangarep Sentil Ceramah Ustadz Soal Bikin Tumpeng Berarti Beragama Hindu
Instagram/kaesangp
Selebriti

Kaesang Pangarep rupanya sempat mengomentari ceramah kontroversial Ustadz Abdul Aziz. Ceramah itu viral karena sang ustadz menyebut kalau orang yang membuat tumpeng berarti menganut agama Hindu

WowKeren - Kaesang Pangarep dikenal kerap melontarkan celetukan kocak namun menohok. Baru-baru ini, putra bungsu Presiden Joko Widodo ini menyoroti soal dakwah dari Ustadz Abdul Aziz.

Dalam ceramah, Ustadz Abdul Aziz mengungkap kalau tumpeng yang berbentuk segitiga melambangkan Trimurti. Menurut penjelasannya, Trimurti merupakan tiga manifesti yang terdiri dari tiga dewa yang dipercaya umat Hindu. Yang mengejutkan, Ustadz Abdul Aziz menyebut kalau orang yang membuat tumpeng itu hanyalah orang yang beragama Hindu.

"Maka di dalam Widyasastra dikatakan cukup membikin tumpeng. Tumpeng itu bentuknya adalah segitiga. Segitiga yang dimaksud di sini adalah Trimurti. Tiga manifesti yakni Dewa Brahma, Wisnu, dan Dewa Shiva. Dan umat Hindu mengatakan barang siapa yang sudah membikin tumpeng berarti dia sudah beragama Hindu," jelas Ustadz Abdul Aziz. "Rasulullah SAW bersabda bahwa barang siapa yang menyerupai suatu kaum maka dia termasuk golongannya."

Sang Ustadz sempat pula memberikan solusi bagi masyarakat yang tetap ingin menggelar syukuran. Ia menyarankan agar bentuk nasi diratakan tanpa harus ditata segitiga. "Tidak usah bikin tumpeng tapi anda ratakan saja. Bisa anda taruh di piring, bisa anda taruh di kotak makan," kata Ustadz Abdul Aziz.


Netter sempat membahas video ceramah itu di Twitter. "Ini serius, Ustad? Aduhh, saya, ibu saya, istri saya dan brp juta org islam sdh jadi Hindu ini !? Islam yang mudah, dipersulit olehnya," kata seorang netter.

Twitter

Reaksi Kaesang Soal Tumpeng

Rupanya postingan sang netter juga membuat Kaesang bereaksi. Ia mengunggah foto nasi kuning namun berbentuk Hello Kitty. "Kalo tumpengnya helo kiti gimana?" seru Kaesang.

Candaan itu tak urung menghibur netizen. Sebagian juga mengungkap pendapat dan menyentil sang ustadz.

"Apakah tumpeng itu bentuknya segitiga ya? Setau saya tumpeng itu berbentuk kerucut," kata netter. "Auto hindu jalur tumpeng gitu kah?" kata yang lainnya. "Ustadnya gak bisa bedain segitiga dan kerucutRolling on the floor laughingRolling on the floor laughingRolling on the floor laughing," seru yang lainnya.

(wk/riaw)

You can share this post!

Related Posts