Jauhkan Dari Anak-anak Dan Hewan Peliharaan, 8 Jenis Tanaman Hias Ternyata Beracun Loh!
SerbaSerbi

Sebelum memilih tanaman hias ada baiknya kalian perlu memperhatikan jenisnya. Nyatanya ada banyak tanaman hias yang mengandung zat beracun di dalamnya.

WowKeren - Saat ini banyak orang yang sibuk mencari hobi baru, salah satunya adalah berkebun. Banyaknya minat untuk berkebun membuat beberapa tanaman hias pun laris dan menjadi viral saat pandemi ini. Tren mengoleksi tanaman hias pun akhirnya semakin meluas.

Bahkan ada tanaman yang sebelumnya tak terlalu populer, kini menjadi favorit dan berharga mahal. Namun sebelum memilih tanaman hias ada baiknya kalian perlu memperhatikan jenisnya. Nyatanya ada banyak tanaman hias yang mengandung zat beracun di dalamnya.

Zat ini memang tak akan berdampak buruk pada orang sekitanya, kecuali termakan atau tertelan. Namun kalian masih harus waspada, apalagi jika memilki anak kecil atau hewan peliharaan. Apa saja tanaman itu, berikut tim WowKeren rangkum 8 jenisnya. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Sri Rejeki


Sri Rejeki

Yang pertama adalah Dieffenbachia atau yang lebih dikenal dengan sebutan tanaman hias sri rejeki. Tanaman ini adalah salah satu jenis yang banyak diincar oleh pecinta tanaman belakangan ini, selain harganya terjangkau, tanaman ini pun mudah tumbuh dimana saja.

Namun tanaman hias dengan daun bercorak indah ini ternyata memiliki getah beracun pada bagian daun dan batangnya. Racun yang terkandung disebut dengan kalsium oksalat yang dapat menyebabkan gatal-gatal pada bibir dan lidah, serta mengakibatkan kejang-kejang jika tertelan.

2. Lidah Mertua


Lidah Mertua

Lidah Mertua meruapakan salah satu tanaman hias yang populer digunakan, namun tak banyak yang mengetahuinya bahwa tanaman satu ini ternyata mengandung racun. Secara bentuk, tanaman hias beracun ini memang biasanya dihindari dari anak-anak karena bentuknya yang tajam.

Namun selain itu, tanaman ini juga memiliki kandungan racun. Meskipun memiliki kadar racun yang tidak begitu tinggi, apabila dimakan jumlah yang banyak dapat berakibat serius. Efek samping yang ditimbulkan tanaman hias beracun ini adalah muntah-muntah dan diare. Untuk itu, hindarkan tanaman ini dari anak maupun hewan peliharaan ya.

3. English Ivy


English Ivy

English Ivy atau daun ivy merupakan jenis tanaman hias yang sering dipakai sebagai tanaman gantung. Meski indah dan elegan, tanaman ini memiliki racun di dalamnya. Bagian daunnya mengandung racun yang apabila tertelan dapat menyebabkan iritasi kulit, pembekakan di tenggorokan, dan bahkan demam tinggi.

Namun jangan khawatir, gejala-gejala tersebut akan muncul apabila tanaman hias ini dikonsumsi dalam jumlah yang banyak Tetapi sebagai tindakan pencegahan, hindarkan tanaman ini dari hewan peliharaan apalagi kucing. Daun yang menjuntai bisa menarik perhatian kucing dan menggoda mereka untuk mengigitnya..

4. Tanaman Dolar


Tanaman Dolar

Kalian pasti sering menemukan tanaman satu ini di rumah banyak orang. Meskipun Tanaman Dolar cocok ditempatkan di dalam ruangan karena dapat tumbuh di tempat yang tidak terlalu terang, namun seluruh bagian dari tanaman ini mengandung racun.

Hasil penelitian terbaru menyatakan tanaman hias beracun ini mengandung senyawa oksalat yang dapat menyebabkan iritasi dan gatal-gatal pada kulit loh. Oleh karena itu setiap habis menyentuh tanaman hias beracun ini, cucilah tanganmu dengan cairan yang mengandung antitoksin ya.

5. Kuping Gajah


Kuping Gajah

Kuping gajah merupakan tanaman hias termasuk ke dalam keluarga talas dan keladi yang menyimpan racun. Walau bentuk dan warnanya sangat indah, namun daun kuping gajah dapat menyebabkan dinding saluran pernapasan membengkak bahkan menutup jalan masuk dan keluarnya udara.

Daun tanaman hias ini apabila sampai tertelan dapat memicu terjadinya pembengkakan pada lidah dan mulut. Dalam jangka panjang, efeknya dapat mengakibatkan kesulitan bernapas loh. Untuk itu, hindarkan anak-anak dari tanaman ini. Racunnya bisa menyebabkan kulitnya gatal dan seperti ada sensai terbakar.

6. Bunga Lily


Bunga Lily

Bunga lily termasuk tanaman hias yang indah ketika menghiasi setiap sudut di rumah. Warna putih dari bunga lily terkesan elegan, sehingga banyak orang yang menyukainya. Menurut sebuah penelitian dari US Food and Drug Administration mengatakan bahwa bunga ini juga bisa membahayakan hewan peliharaan.

Saat peliharaan kalian di rumah berusaha untuk menjilat atau memakan daun bunga lily walau sedikit dapat berdampak negatif karena menyebabkan sakit perut dan muntah-muntah. Tak hanya itu, racun dari bunga lily dapat menyebabkan hewan peliharaan di rumah mengalami gagal ginjal akut hingga kematian loh.

7. Bunga Daffodil


Bunga Daffodil

Bunga daffodil dikenal rupa yang sangat cantik, tak heran tanaman ini sering menghiasi rumah-rumah masyarakat. Namun, di balik keindahannya, tanaman ini dapat menimbulkan masalah yang cukup serius jika termakan. Tanaman ini rupanya memiliki kandungan racun.

Apabila bagian akar atau umbinya termakan, hal tersebut bisa menyebabkan masalah pencernaan, seperti diare dan muntah. Beberapa masalah lainnya yang harus diwaspadai adalah tekanan darah tinggi, gangguan irama jantung, dan tremor.

8. Philondendron


Philondendron

Salah satu tanaman hias yang sering jadi pilihan adalah yang bisa menyegarkan mata. Oleh karena itu, tanaman dengan daun yang rimbun menjadi pilihannya. Philondendron merupakan salah satu jenis tanaman yang sering dipilih karena hal tersebut.

Tak hanya itu, tanaman ini juga efektif menyerap polutan sehingga cocok dijadikan tanaman untuk hunian yang asri. Namun, daun dari tanaman hias diketahui sangat beracun. Jika dikonsumsi secara tidak sengaja, bisa terjadi pembengkakan di area bibir, lidah, dan tenggorokan.

Intip juga artikel ini untuk mengetahui beberapa jenis tanaman hias lain yang ngetren saat pandemi. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips memulai budidaya tanaman hias di tengah pandemi Corona.

You can share this post!

Related Posts