7 Tips Perawatan Untuk Luka Lecet Agar Cepat Sembuh, Baiknya Ditutup Atau Dibiarkan Terbuka?
Health

Luka lecet biasanya tidak menimbulkan banyak perdarahan dan bersifat ringan, sehingga bisa diobati sendiri di rumah. Namun, perawatannya juga patut diperhatikan agar sembuh sempurna.

WowKeren - Tiap orang pasti pernah mengalami luka lecet paling tidak sekali dalam hidupnya. Luka lecet terasa perih dan menyakitkan, serta bisa mengganggu penampilan apabila lokasinya mudah dilihat oleh mata telanjang. Untuk itu, perawatannya juga patut diperhatikan agar sembuh sempurna.

Luka lecet adalah jenis luka terbuka yang muncul akibat gesekan kulit dengan permukaan yang kasar dan keras. Termasuk salah satu jenis luka yang paling sering dialami banyak orang, luka ini termasuk luka superfisial yang artinya hanya mengenai lapisan epidermis.

Biasanya lecet tidak menimbulkan banyak perdarahan dan bersifat ringan, sehingga bisa diobati sendiri di rumah. Dibanding jenis luka lainnya, penanganan untuk luka lecet memang lebih mudah dan tidak membutuhkan perhatian khusus. Akan tetapi, kalian tetap tidak boleh mengabaikannya karena masih ada risiko luka memburuk dan terinfeksi. Berikut tim WowKeren rangkum 7 tips merawatnya. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Cuci Tangan Sebelum Sentuh Luka


Cuci Tangan Sebelum Sentuh Luka

Pada tingkatan yang ringan, luka lecet umumnya dapat ditangani sendiri di rumah. Namun perlu diingat, kalian harus mencuci tangan dengan air dan sabun hingga bersih sebelum membersihkan luka.

Pastikan juga kalian mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Langkah ini sangat penting dilakukan untuk mencegah risiko terjadinya infeksi.

2. Bersihkan Luka Dengan Menyeluruh


Bersihkan Luka Dengan Menyeluruh

Selanjutnya yang terpenting agar luka cepat sembuh adalah membersihkannya secara menyeluruh. Bersihkan luka dari kotoran yang mungkin menempel di bawah air mengalir atau menggunakan larutan garam (cairan saline) steril hingga bersih.

Gunakan sabun lembut seperti sabun bayi untuk membersihkan luka. Sebaiknya hindari menggunakan bahan-bahan pembersih mengandung alkohol, iodine, ataupun hidrogen peroksida langsung di luka terbuka karena dapat menyebabkan iritasi dan perih.

3. Oleskan Salep Antibiotik Pada Luka


Oleskan Salep Antibiotik Pada Luka
Getty Images/ Robert Brook

Oleskan antibiotik untuk membuat luka tetap lembap, sehingga mempercepat penyembuhan, serta mencegah infeksi. Langkah ini bertujuan untuk membuat luka lecet tetap lembap sehingga mempercepat penyembuhan dan mencegah timbulnya infeksi.

Kalian juga bisa mengoleskan petroleum jelly atau gel lidah buaya ke area kulit yang lecet. Gel lidah buaya bertujuan untuk meringankan rasa nyeri dan mencegah timbulnya infeksi akibat kulit lecet.

4. Tutup Luka Dengan Kasa Steril


Tutup Luka Dengan Kasa Steril

Selanjutnya tutup luka dengan kasa steril. Bila luka ditutup dengan perban, kalian harus menggantinya secara rutin setidaknya sekali sehari atau ketika perban terasa basah atau kotor. Perhatikan juga tanda-tanda yang muncul dari luka.

Kalian juga bisa menutup luka sayat atau baret dengan plester. Plester akan melindungi area yang terluka dari gesekan, bakteri, dan kontaminasi, akan menyerap cairan luka, dan menciptakan kondisi agar luka dapat sembuh tanpa gangguan.

5. Jaga Area Kulit Yang Luka tetap kering


Jaga Area Kulit Yang Luka tetap kering

Ini merupakan salah satu cara mencegah luka lecet yang sangat penting. Sebaiknya, kalian tidak menggunakan pakaian yang lembap untuk waktu yang lama dan ganti pakaian sesegera mungkin.

Kulit yang basah membuat lecet tidak dapat dihindari. Selain itu, oleskan bedak talk dan tawas ke area tubuh yang biasanya berkeringat. Bedak dapat membantu mengurangi kelembapan kulit.

6. Gunakan Pakaian Yang Nyaman


Gunakan Pakaian Yang Nyaman
Unsplash/billow926

Pakaian yang terlalu besar membuat area kulit lebih sering mengalami pergesekan sehingga berisiko menyebabkan kulit lecet. Jadi, kenakan pakaian yang pas dan tidak terlalu ketat. Hal yang sama juga berlaku untuk pakaian olahraga.

Pakaian olahraga yang terlalu ketat bisa menggesek kulit tubuh saat kalian berolahraga. Perlu diketahui bahwa berpakaian ringan lebih baik untuk olahraga. Pilih juga pakaian olahraga yang terbuat dari bahan serat sintetis.

7. Minum Obat Pereda Nyeri Jika Diperlukan


Minum Obat Pereda Nyeri Jika Diperlukan
Getty Images/Finstock

Obat pereda nyeri terkadang diperlukan untuk menangani luka lecet yang terasa sakit dan berukuran besar. Tetapi, hindari mengonsumsi aspirin karena berisiko memperpanjang waktu perdarahan.

Segera periksakan diri ke dokter jika luka lecet terlalu lebar atau terlalu dalam untuk ditangani sendiri. Waktu penyembuhan luka berbeda tiap orang. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor, seperti usia hingga kondisi medis atau penyakit yang diderita.

Intip juga artikel ini untuk mengetahui beberapa tips merawat eksim atopik pada anak. Kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk melihat beberapa acara mengatasi ruam popok pada bayi.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait