Intip 7 Tips Merawat Eksim Atopik Pada Anak, Kesabaran Dan Ketelatenan Orang Tua Adalah Kuncinya!
Health

Eksim tidak bisa disembuhkan. Namun perawatan yang tepat bisa membantu mengendalikan dan meringankan gejala eksim, apalagi bagi anak-anak yang belum bisa merawat lukanya sendiri.

WowKeren - Eksim adalah penyakit kulit yang membuat kulit merah meradang, bengkak, terasa gatal, serta kering dan pecah-pecah. Eksim juga sering disebut sebagai penyakit kulit dermatitis atopik. Penyakit kulit ini dapat menyebabkan gatal-gatal yang sangat parah sehingga mengganggu tidur dan aktivitas sehari-hari.

Eksim atopik memang lebih sering diderita oleh anak-anak, terlebih ketika usia mereka baru menginjak satu tahun. Akan tetapi kondisi ini juga bisa menyerang anak-anak yang lebih tua, remaja, hingga orang dewasa.

Eksim tidak bisa disembuhkan. Namun perawatan yang tepat bisa membantu mengendalikan dan meringankan gejala eksim, apalagi bagi anak-anak yang belum bisa merawat lukanya sendiri. Untuk itu berikut tim WowKeren rangkum tips merawat eksim atopik yang bisa orang tua terapkan pada anak mereka. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Oleskan Pelembab Secara Berkala


Oleskan Pelembab Secara Berkala

Eksim bisa menyebabkan kulit pecah-pecah dan kering. Untuk mencegah kambuhnya gejala dan menjaga agar kulit anak tetap sehat, penting untuk menggunakan pelembap kulit secara rutin. Oleskan pelembap setelah mandi, saat kulit anak mulai terasa kering, dan sebelum tidur.

Pilih pelembap yang diformulasikan untuk kulit kering dan sensitif, serta pilih yang bahan kimianya sedikit. Biasanya pelembap tersebut berlabel "hypoallergenic" pada kemasannya. Jika diperlukan, kalian juga bisa menggunakan air humidifier atau alat pelembap udara di dalam ruangan untuk menjaga kulit anak tetap lembap.

2. Cari Tau Pemicu Gatal Dan Timbulnya Ruam Pada Anak


Cari Tau Pemicu Gatal Dan Timbulnya Ruam Pada Anak

Setiap penderita eksim atopik memiliki faktor pencetus kekambuhan gejala yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk orang tua mengetahui faktor pencetus tersebut, agar dapat dihindari. Jika kesulitan menentukan apa faktor pencetusnya, konsultasikan dengan dokter.

Biasanya, hal-hal yang dapat memperburuk reaksi kulit itu termasuk keringat, stres, obesitas, sabun, deterjen, debu, dan serbuk sari. Pakaian juga bisa memperparah ruam gatalnya. Untuk itu, pilih pakaian yang bertekstur halus dan dingin di kulit untuk mengurangi iritasi. Jangan pilih pakaian yang terasa kasar, gatal, dan ketat ya.

3. Hati-hati Dalam Memilih Makanan


Hati-hati Dalam Memilih Makanan

Ruam dan iritasi pada kulit anak juga bisa disebabkan oleh makanan. Bayi dan anak-anak mungkin mengalami gejala karena makan makanan tertentu, termasuk telur, susu, kedelai, dan gandum. Bicarakan dengan dokter anak terkait mengidentifikasi alergi makanan yang memicu eksim atopik ini.

Untuk sementara hindarkan anak jajan di luar karena kita tidak tahu bahan apa yang ada di dalamnya. Beri pemahaman anak bahwa jajan di luar bisa membuat kulit mereka semakin gatal dan iritasi. Untuk mengatasinya, kalian bisa membawakan bekal sehat dan nikmat untuk anak.

4. Hindari Memandikan Anak Terlalu Lama


Hindari Memandikan Anak Terlalu Lama

Kebiasaan mandi berlama-lama bisa membuat kulit kering dan mudah rusak. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor pemicu kekambuhan atau semakin parahnya eksim pada anak. Usahakan untuk memandikan anak selama 5-10 menit saja.

Mandikan anak dengan air bersih bersuhu sekitar 36 derajat Celcius, usahakan menggunakan suhu air hangat. Jangan lupa juga untuk memilih sabun tanpa pewarna, tanpa pewangi, dan berbahan non-alkaline. Pastikan juga kalia membilas sabun hingga benar-benar bersih sepenuhnya ya.

5. Minta Anak Untuk Tidak Menggaruk Kulit Yang Gatal


Minta Anak Untuk Tidak Menggaruk Kulit Yang Gatal

Ketika eksim kumat, rasa gatal yang dirasakan tentu akan membuat tubuh ingin menggaruknya. Namun hal ini sebaiknya tidak dibiasakan. Semakin digaruk, kulit akan semakin rusak dan iritasi. Bahkan kuman dari jari tangan bisa menyebabkan infeksi kulit yang dapat memperparah eksim kering. Minta si Kecil untuk tidak menggaruk kulit.

Untuk antisipasi, potong kuku anak agar kulitnya tidak tergores atau luka ketika ia tak sengaja menggaruk kulitnya. Sebagai alternatif untuk mengatasi gatal, coba berikan kompres dingin pada kulit yang terasa gatal. Kompres dingin bisa dilakukan selama 10-15 menit dan diulang sebanyak 2-3 kali sehari.

6. Jauhkan Anak Dari Tempat Yang Memicu Gatal


Jauhkan Anak Dari Tempat Yang Memicu Gatal

Jauhkan Si Kecil dari segala hal yang membuat rasa gatalnya muncul, misalnya debu, makanan tertentu, debu, atau bulu hewan peliharaan. Minta anak untuk banyak minum air putih agar kulitnya menjadi lembap.

Jaga juga kelembapan dan suhu ruangan agar nyaman bagi anak. Sebisa mungkin hindari udara yang kotor, kering, dan suhu yang terlalu dingin, agar tidak memperberat keluhannya.

7. Rutin Konsultasi Dengan Dokter


Rutin Konsultasi Dengan Dokter

Jika perawatan tersebut tidak efektif meringankan gejala eksim kering yang anak alami, segeralah konsultasikan ke dokter. Kalian juga dianjurkan untuk segera memeriksakan anak ke dokter jika eksim telah menyebabkan anak sulit tidur atau memicu infeksi kulit yang disertai dengan gejala nyeri, demam, dan muncul nanah.

Setelah melakukan pemeriksaan dan memastikan apa penyebab eksim kering, dokter dapat memberikan pengobatan yang sesuai. Obat-obatan tersebut ada yang diberikan dalam bentuk salep atau krim, tetapi dokter juga mungkin akan memberikan obat minum. Pilihan obat-obatan yang diresepkan doker akan disesuaikan dengan tingkat keparahan gejala eksim kering yang muncul.

Intip juga artikel ini untuk melihat rekomendasi asupan sehat yang bisa biberikan pada si kecil saat demam. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai aplikasi parenting yang bermanfaat untuk mengawasi tumbuh kembang buah hati.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru