Bantu Proses Pemulihan, Ini 8 Asupan Sehat yang Bisa Diberikan Pada Si Kecil Saat Demam
Pixabay
Health

Saat si kecil sedang demam, penting bagi orangtua untuk memastikan kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Untuk itu, tim WowKeren akan memberikan rekomendasi asupan sehat yang cocok diberikan saat anak sedang demam untuk mempercepat pemulihannya. Penasaran?

WowKeren - Saat anak sedang demam, biasanya orangtua akan merasa sangat khawatir, terutama karena nafsu makannya cenderung berkurang. Padahal, Anda tetap harus memastikan kebutuhan nutrisinya tercukupi agar si kecil bisa segera pulih.

Saat si kecil terserang demam, orangtua sebaiknya memberikan asupan makanan dan minuman yang bergizi seimbang. Elektrolit dan camilan yang kaya akan serat juga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan sistem imun si kecil.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan menghadirkan beberapa asupan sehat yang bisa Anda berikan pada si kecil saat sedang demam. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Sup Ayam


Sup Ayam
Pixabay

Sup ayam merupakan salah satu makanan bernutrisi yang bisa menjaga kondisi tubuh dan baik untuk proses pemulihan saat terserang penyakit. Makanan satu ini mengandung nutrisi yang seimbang, termasuk vitamin, mineral dan protein yang dibutuhkan oleh si kecil saat sedang demam.

Dengan mengkonsumsi sup ayam, anak bisa mendapatkan cairan serta elektrolit yang dapat membantunya untuk melawan infeksi dan menurunkan demam. Selain itu, kandungan asam amino dalam ayam yang disebut sistein memiliki sifat antivirus yang juga mampu mengatasi demam pada anak.

2. Smoothies


Smoothies
Pixabay

Salah satu cara untuk membuat anak mau makan saat demam adalah dengan memberinya asupan yang sehat dan memiliki rasa lezat, seperti smoothies. Asupan satu ini dapat digunakan sebagai detoksifikasi tubuh serta membersihkan darah dan organ tubuh dari dalam. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih sehat dan mampu mensuplai banyak energi.

Anda dapat menggunakan buah-buahan seperti berry, pisang, mangga dan alpukat serta yoghurt yang kaya akan probiotik. Perpaduan bahan-bahan sehat ini dijamin mampu meningkatkan daya tahan tubuh si kecil, sehingga dia bisa lebih cepat pulih saat demam.

3. Oatmeal


Oatmeal
Pixabay

Memberikan makanan yang lunak pada anak yang sedang demam bisa menjadi pilihan tepat, agar mereka lebih mudah mengunyahnya. Salah satunya adalah oatmeal yang kaya akan nutrisi dan serat yang bisa mempercepat pemulihan si kecil saat sakit. Makanan satu ini merupakan sumber vitamin E alami serta mengandung antioksidan polifenol yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil.

Selain itu, oatmeal juga sangat direkomendasikan karena mengandung magnesium, protein, fosfor dan vitamin B1 (thiamin) yang berperan dalam pembentukan energi. Agar khasiatnya semakin maksimal, Anda bisa menambahkan campuran buah cherry dan jeruk ke dalam semangkuk oatmeal untuk meningkatkan energinya.

4. Air Kelapa


Air Kelapa
Pixabay

Menjaga tubuh tetap terhidrasi merupakan hal yang penting dilakukan saat sedang demam dan kebutuhan tersebut bisa Anda dapatkan dari air putih. Namun jika ingin mendapatkan khasiat lebih, Anda juga bisa memberikan air kelapa karena dapat menurunkan demam dengan lebih cepat.

Manfaat tersebut didapatkan dari kandungan elektrolit, potasium dan vitamin C yang tinggi di dalam air kelapa. Selain untuk menurunkan demam, air kelapa juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan energi serta menggantikan ion tubuh yang hilang saat demam.

5. Madu


Madu
Pixabay

Sudah lama sejak madu dikenal sebagai salah satu asupan sehat dengan sejumlah manfaat untuk kesehatan. Madu bisa menjadi obat alami yang efektif menyembuhkan demam serta mengurangi batuk dan meredakan iritasi di tenggorokan. Itulah kenapa madu bisa menjadi salah satu asupan sehat yang cocok diberikan saat anak sedang demam.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa meminta si kecil mengkonsumsi madu secara langsung atau diminum dengan air hangat. Tapi pastikan untuk tidak memberi buah hati Anda madu jika usianya di bawah 12 bulan karena dapat menyebabkan botulisme (keracunan serius).

6. Teh Hangat


Teh Hangat
Pixabay

Bila anak Anda mengalami demam yang disertai batuk dan pilek, sebaiknya beri dia minuman hangat seperti teh atau air hangat. Cairan ini berguna untuk meredakan tenggorokannya yang sakit dan memperbaiki sistem pencernaan yang terganggu.

Selain itu, teh hangat juga dapat menguatkan daya tahan tubuh serta melegakan hidung yang mampet. Namun bila si kecil tidak terlalu menyukai teh, Anda bisa menggantinya dengan air hangat yang dicampur dengan perasan lemon. Campuran ini dapat memperkuat sistem imun si kecil sehingga mempercepat pemulihannya.

7. Buah Jeruk


Buah Jeruk
Pixabay

Saat anak sedang demam, penting untuk memberinya makanan yang kaya akan vitamin C demi mempercepat pemulihannya. Asupan tersebut bisa Anda dapatkan dari buah jeruk yang memang dikenal dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi.

Vitamin C tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan si kecil dan membantunya tetap terhidrasi. Selain itu, kandungan gula di dalam buah jeruk juga dapat memberikan energi pada anak agar dia lebih bertenaga saat sakit. Tapi ingat, jika anak Anda tidak terbiasa mengkonsumsi makanan atau minuman asam, sebaiknya jangan berikan jeruk pada mereka ya, karena buah ini bisa menjadi bumerang untuk perutnya.

8. Crackers Gandum


Crackers Gandum
Pixabay

Dibutuhkan waktu yang cukup lama bagi tubuh anak untuk kembali fit setelah mengalami demam. Pada masa tersebut, sebaiknya beri mereka camilan bergizi yang mengandung banyak nutrisi seperti crackers gandum. Snack sehat satu ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat demam si kecil cepat turun.

Demikian delapan asupan sehat yang bisa Anda berikan pada si kecil saat sedang demam. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips mempersiapkan anak kembali ke sekolah di era new normal. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai aplikasi parenting yang bermanfaat untuk mengawasi tumbuh kembang buah hati.

You can share this post!

Related Posts