Ternyata Ini Alasan Jokowi Tunjuk Budi Gunadi Sadikin Jadi Menkes
YouTube/Sekretariat Presiden
Nasional
Reshuffle Menteri Jokowi

Jubir Presiden, Fadjroel Rachman buka suara soal alasan penunjukan Budi Gunadi Sadikin yang lebih dikenal berprestasi di bidang perbankan sebagai Menteri Kesehatan.

WowKeren - Presiden Joko Widodo telah resmi melantik 6 menteri barunya pada Rabu (23/12) pagi hari ini, sebuah peristiwa yang masih menjadi pembicaraan panas masyarakat umum. Salah satu yang sangat disorot adalah perihal penunjukan Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan.

Sebelumnya, untuk diketahui, Budi Gunadi bukanlah seorang dokter sebagaimana lazimnya menteri kesehatan lain. Sebab sebelum Budi Gunadi, jabatan Menkes dipegang oleh eks Kepala RSPAD Gatot Subroto Terawan Agus Putranto yang selama setahun masa kerjanya kerap menuai kritikan publik.

Istana pun angkat bicara perihal penunjukan Budi Gunadi yang cukup mengejutkan ini. Dijelaskan Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman, ternyata penunjukan sang ahli perbankan adalah karena akan lebih banyak berurusan dengan kebijakan publik serta manajemen.

"Menkes Singapura, Jepang, Jerman, juga bukan dokter," tutur Fadjroel lewat pesan singkatnya, dikutip dari Okezone, Rabu (23/12). "Menteri akan berurusan lebih banyak pada kebijakan dan manajemen."


Memang selama ini Budi Gunadi jauh lebih awam bekerja di bidang ekonomi dan perbankan. Sebelum menjadi Menkes, Budi Gunadi ditunjuk Jokowi untuk mendampingi Erick Thohir sebagai Wakil Menteri BUMN.

Sebelumnya pula Budi Gunadi merupakan Direktur Utama Bank Mandiri. Yang lebih mengejutkan, Budi Gunadi ternyata benar-benar tak pernah bersinggungan dengan ilmu kesehatan lantaran merupakan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) program studi Fisika Nuklir.

Ternyata Ini Alasan Jokowi Tunjuk Budi Gunadi Sadikin Jadi Menkes

Twitter/_wafflepancake/BNGPY

Tak pelak perihal latar belakang pendidikan serta karir sang menteri kesehatan turut menjadi sorotan warganet. Beragam meme kocak pun ikut meramaikan lini masa sejak pengumuman nama-nama menteri baru pada Selasa (22/12) sore kemarin.

Dengan "mutasi" jabatan yang diterima Budi Gunadi menjadi Menkes membuat posisi Wakil Menteri BUMN kosong. Karena itulah Jokowi kemudian menunjuk eks Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala Mansyuri untuk menempati posisi tersebut.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts