Tak Perlu Perawatan Mahal, Ini 7 Cara Alami yang Mudah Dilakukan Untuk Menghilangkan Komedo di Dagu
Stocksy
Lifestyle

Kemunculan komedo di dagu dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Untuk mengatasi permasalahan kulit tersebut, kalian bisa melakukan tujuh cara mudah yang WowKeren rangkum berikut ini.

WowKeren - Komedo merupakan salah satu permasalahan kulit yang terjadi karena penyumbatan pori-pori wajah. Komedo sendiri bisa muncul di mana saja, seperti di hidung, pipi, kening hingga dagu. Biasanya komedo yang muncul di dagu dipengaruhi oleh ketidakseimbangan hormon, proses mencuci wajah yang kurang bersih, stres hingga pola makan yang buruk.

Kemunculan komedo di dagu sendiri lumayan mengganggu penampilan hingga dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Sebagai bentuk lain dari jerawat, komedo di dagu dapat menyebabkan kemunculan jerawat yang lebih besar jika tidak ditangani dengan tepat.

Apa kamu tengah mengalami permasalahan satu ini? Jika iya, sebaiknya tetap tenang dan jangan khawatir. Sebab tim WowKeren akan menghadirkan beberapa cara alami untuk menghilangkan komedo di dagu yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Penasaran apa saja itu? Berikut informasi selengkapnya.

(wk/eval)

1. Gunakan Masker Oatmeal


Gunakan Masker Oatmeal
Shutterstock

Cara alami pertama yang WowKeren rekomendasikan adalah melakukan perawatan dengan menggunakan masker oatmeal. Perlu diketahui bahwa oat dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan mampu berperan sebagai pelembab alami. Kandungan beta glukan yang dimilikinya juga dapat membentuk lapisan tipis di kulit yang mampu mengencangkan kulit. Secara keseluruhan, melakukan eksfoliasi dengan oatmeal dapat menyerap semua kotoran yang mengendap di pori-pori kulit termasuk bakteri, debu dan minyak berlebih.

Ada beberapa langkah mudah yang harus kamu lakukan untuk melakukan perawatan ini. Pertama-tama haluskan satu sendok makan oatmeal hingga berbentuk seperti bubuk yang kasar. Setelah itu tambahkan 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok teh madu dan air mawar secukupnya sampai berbentuk pasta. Bila sudah, langsung aplikasikan pada dagu dan biarkan selama 10 menit. Terakhir gosok dengan gerakan melingkar dan bilas dengan air hangat.

2. Lakukan Penguapan pada Wajah


Lakukan Penguapan pada Wajah
https://maed.co/

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah hommade spa dengan melakukan penguapan pada area wajah. Uap dapat membuka pori-pori kulit dan melonggarkan penumpukan kotoran untuk membersihkan kulit ke lapisan lebih dalam. Jika pori-pori terbuka, komedo akan menjadi lebih lembut sehingga mudah dihilangkan. Selain itu, cara ini juga dapat melepaskan bakteri serta sel penyebab komedo dan jerawat.

Cara melakukannya sangat mudah. Pertama, masukkan air hangat ke dalam mangkuk atau baskom. Tutupi kepala dengan handuk dan hadapkan wajah ke arah mangkuk dengan jarak sekitar 6-10 inci. Lakukan perawatan ini selama 10 menit agar komedo dapat terangkat dengan mudah.

3. Atasi dengan Masker Putih Telur


Atasi dengan Masker Putih Telur

Meski tampak sederhana, putih telur memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan. Di antaranya adalah untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat sambil mengencangkan kulit, sehingga komedo dapat terangkat dengan mudah. Agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya campur putih telur dengan madu sebagai peel-off mask. Pasalnya madu memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat menenangkan kemerahan dan peradangan di kulit wajah.

Untuk melakukannya, kamu harus mencuci wajah sampai bersih terlebih dahulu. Setelah itu aplikasikan campuran putih telur dan madu dengan lapisan tebal di dagu. Biarkan sampai kulit terasa mengencang kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini setidaknya sekali dalam seminggu dan lihat hasilnya yang menakjubkan.

4. Gosok Wajah dengan Masker Kopi


Gosok Wajah dengan Masker Kopi
123RF/vladi59

Selain enak dinikmati sebagai minuman, kopi juga dapat dijadikan bahan utama untuk menghilangkan komedo di dagu. Bubuk kopi merupakan pengelupas yang baik dan butirannya tidak larut dalam air sehingga dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati dan membuka pori-pori. Tak hanya itu, sebab kandungan klorogenat yang ada di dalamnya juga dapat mengurangi peradangan sekaligus memberikan perlindungan pada kulit dari bakteri penyebab komedo dan jerawat.

Seperti sebelum-sebelumnya, cara menghilangkan komedo dengan masker kopi juga sangat mudah. Pertama, campurkan dua sendok bubuk kopi hitam dengan minyak zaitun dan gula secukupnya. Aduk sampai mengental lalu aplikasikan pada dagu dengan gerakan memutar. Biarkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air hangat.

5. Lakukan Eksfoliasi dengan Garam Laut


Lakukan Eksfoliasi dengan Garam Laut
Verywell/Alexandra Shytsman

Garam laut yang terbuat dari proses penguapan air garam dapat mengurangi kekeringan dan peradangan di kulit. Di samping itu, garam laut juga dikenal sebagai antibakteri yang sangat baik dan ampuh dalam membuka pori-pori. Karena itulah kamu juga dapat menyingkirkan komedo di dagu dengan melakukan eksfoliasi dengan jenis garam satu ini.

Agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya campur garam laut dengan tetesan air lemon dan sedikit air. Aduk sampai rata kemudian pijat di area dagu yang penuh dengan komedo. Jika dilakukan secara rutin, cara ini dapat melarutkan semua kotoran dan sel kulit mati serta mengobati jerawat.

6. Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin C


Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin C
Rawpixel/Karolina/Kaboompics

Tak hanya dari luar, kalian juga bisa menghilangkan komedo dari dalam dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Pasalnya vitamin C merupakan antioksidan yang dapat melindungi kulit serta mencegah kemunculan jerawat, noda dan komedo. Yang tak kalah menarik, vitamin C juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

Manfaat vitamin C tak berhenti di situ saja karena vitamin ini juga dapat menyeimbangkan produksi minyak di kulit yang dapat memicu kemunculan komedo. Untuk mendapatkan asupan vitamin tersebut, sebaiknya konsumsi berbagai buah-buahan seperti jeruk, pepaya, stroberi hingga sayuran berdaun gelap.

7. Bersihkan Komedo dengan Es Batu


Bersihkan Komedo dengan Es Batu
Bigstock

Meski terdengar sederhana, es batu dapat menghilangkan komedo di dagu sampai tuntas. Cara perawatannya pun sangat mudah, sebab kamu hanya perlu membungkus es batu dengan kain tipis yang berserat kemudian gunakan untuk memijat dagu secara ringan. Agar hasilnya lebih maksimal, lakukan cara ini secara rutin setidaknya dua hari sekali.

Demikian tujuh tips menghilangkan komedo di dagu yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips menyamarkan kerutan di dahi secara alami. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang bisa digunakan untuk melembutkan rambut.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru