Biar Makin Percaya Diri, Lakukan 7 Cara Alami Ini Untuk Menyamarkan Kerutan di Dahi
Lifestyle

Kemunculan garis halus atau kerutan di dahi seringkali membuat kita tidak percaya diri. Untuk mengatasinya, sebaiknya lakukan beberapa cara mudah berikut ini.

WowKeren - Garis-garis halus dan kerutan yang muncul di dahi merupakan salah satu masalah kulit yang paling umum ditemui. Gangguan ini sendiri disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari faktor usia, paparan sinar matahari, polusi, hingga berbagai kebiasaan buruk seperti mengernyitkan dahi dan terlalu sering begadang.

Jika terus dibiarkan, kerutan tersebut dapat menganggu penampilan seseorang karena akan membuatnya terlihat lebih tua daripada usia aslinya. Bila sudah begini, rasa percaya diri akan menurun dan mereka akan melakukan berbagai cara untuk menghilangkan kerutan tersebut.

Jika kalian juga mengalami masalah satu ini, sebaiknya tetap tenang dan jangan buru-buru putus asa. Sebab ada banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan kerutan tersebut secara alami. Penasaran bagaimana saja caranya? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel WowKeren berikut ini.

(wk/eval)

1. Senam Dahi


Senam Dahi

Tips pertama yang bisa kalian lakukan adalah senam dahi. Senam sangat bermanfaat untuk otot-otot dahi serta membantu mengurangi keriput di area tersebut. Senam dahi ini bisa kalian lakukan dengan dua cara. Pertama, berbaringlah telentang dengan mata terbuka. Setelah itu tempatkan tangan di dahi hingga ujung semua jari saling berhadapan. Gerakkan alis dan kelopak mata ke atas lalu tahan posisi ini selama lima detik.

Cara kedua, kamu bisa melakukannya dengan posisi tegak di hadapan cermin. Pertama-tama kendurkan sisi alis lalu dekatkan ke tengah seolah sedang mengerutkan kening. Bersama dengan itu, kerutkan hidung dan tahan posisi ini selama lima detik. Buat dirimu rileks lalu ulangi selama beberapa kali.

2. Pijat Wajah


Pijat Wajah

Tips kedua yang bisa kalian lakukan untuk menyamarkan kerutan di dahi adalah dengan pijat wajah. Jika pijatan difokuskan pada kelenjar getah bening di wajah, kalian dapat mengangkat kelebihan air dengan lebih maksimal. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kalian bisa meminta bantuan pada profesional atau melakukannya secara mandiri di rumah.

Bila memilih cara kedua, ada beberapa langkah yang harus kalian lakukan. Pertama-tama lakukan pijatan melingkar menggunakan jari telunjuk dan jari tengah dari bawah telinga lalu gerakkan menuju arah leher dan tulang selangka. Gerakkan ke area di bawah dagu dan rahang menuju telinga. Pijat dari ujung dalam menuju ujung terluar telinga lalu gerakkan menuju pelipis dan pijat turun pada sisi wajah. Ulangi gerakan senam ini secara teratur untuk mendapat hasil yang maksimal.

3. Menerapkan Pola Makan Sehat


Menerapkan Pola Makan Sehat

Agar kesehatan kulit senantiasa terjaga dan terhindar dari kerutan, penting untuk memperhatikan apa yang kita konsumsi. Usahakan untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang kaya akan antioksidan karena dapat menghilangkan radikal bebas dan meningkatkan kolagen di kulit. Di antara contoh makanan tersebut adalah sayur-sayuran hijau gelap, buah apel, pir, stroberi, pepaya dan lain sebagainya.

Selain itu, kalian juga bisa menyamarkan kerutan di dahi dengan membatasi makanan yang bisa mempercepat keriput. Di antaranya adalah makanan yang mengandung banyak garam, gorengan, minuman bersoda dan alkohol. Memang cukup sulit jika kalian terbiasa mengkonsumsi makanan tersebut, namun dengan membatasi konsumsinya, kalian akan mendapatkan kulit sehat yang bebas kerutan.

4. Memperbanyak Konsumsi Air Putih


Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Meski terdengar klise, memperbanyak konsumsi air putih memang dapat menjaga elastisitas kulit serta menyamarkan kerutan di dahi. Penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Leeds University, Skotlandia pada tahun 2008 menjelaskan bahwa mengkonsumsi air mineral setiap hari dapat mengurangi keriput pada wajah hingga 25 persen.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, sebaiknya konsumsi minimal delapan gelas air putih setiap hari atau sesuaikan dengan kebutuhanmu. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan kulit yang cantik sekaligus tubuh yang sehat.

5. Kurangi Kebiasaan Mengerutkan Dahi dan Memicingkan Mata


Kurangi Kebiasaan Mengerutkan Dahi dan Memicingkan Mata

Seperti yang dijelaskan di awal, ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan timbulnya kerutan di dahi. Salah satunya adalah kebiasaan mengerutkan dahi dan memicingkan mata. Meski terkesan sepele, gerakan kecil ini dapat menyebabkan lipatan dan garis halus di area dahi dan kulit sekitar mata. Karena itulah kamu harus menghentikan kebiasaan ini jika ingin menyamarkan kerutan yang ada di dahi.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kebiasaan ini adalah dengan menggunakan kacamata baca atau hitam setiap pergi ke luar ruangan. Meski tak selalu melindungi kulit dari sinar matahari, alat bantu satu ini dapat meminimalisir gerakan memicingkan mata. Dengan begitu, garis halus dan kerutan di area dahi akan berkurang.

6. Biasakan Tidur Telentang


Biasakan Tidur Telentang

Tanpa disadari, posisi tidur juga menjadi faktor penting untuk menghilangkan kerutan di dahi. Jika kalian tidur dengan posisi tengkurap atau menyamping, kulit wajah akan bergesekan dengan sarung bantal atau kasur. Gesekan tersebut akan memunculkan lipatan di lapisan kulit teratas yang tidak bisa hilang dengan mudah.

Oleh sebab itu, sebaiknya biasakan tidur dengan posisi telentang karena dapat membuat lapisan atas kulit merasa rileks. Akibatnya, kulit tidak akan mengalami tekanan atau gesekan dan kemunculan garis halus di dahi dapat dihindari. Yang tak kalah penting, usahakan untuk tidur yang cukup agar kulit dapat mempertahankan elastisitasnya dan mencegah munculnya keriput di wajah.

7. Kelola Stres


Kelola Stres

Cara terakhir yang WowKeren rekomendasikan adalah mengelola stres dengan baik. Stres dapat menurunkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari radikal bebas penyebab penuaan dini. Akibatnya, garis halus dan kerutan akan lebih mudah muncul di wajah maupun dahi. Untuk mengelola stres, sebaiknya lakukan berbagai hal yang bisa membuatmu bahagia. Misalnya menonton film, mendengarkan musik, menghabiskan waktu berkualitas dengan orang terkasih hingga mengkonsumsi makanan favorit.

Demikian tujuh cara alami yang bisa kalian lakukan untuk menyamarkan kerutan di dahi. Simak juga artikel ini untuk mengetahui bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi flek hitam. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang bisa digunakan untuk melembutkan rambut.

You can share this post!

Related Posts