AS Tembus 20 Juta Kasus COVID-19 Awal Tahun 2021
Dunia

Para ahli meyakini kondisi Amerika Serikat tersebut masih berpotensi memburuk. Risiko lonjakan kasus dan kematian masih membayangi usai libur akhir tahun.

WowKeren - Kasus positif covid-19 di Amerika Serikat rupanya masih terus menanjak. Berdasarkan data per Jumat (1/1) waktu setempat, jumlah kasus covid-19 yang terdata di Negeri Paman Sam tersebut telah menembus 20.007.149 kasus.

Sebanyak 346.408 kasus di antaranya berujung pada kematian. Jumlah itu tentu saja masih menegaskan posisi AS sebagai negara dengan jumlah kasus dan angka kematian covid-19 tertinggi.

Pada Rabu pekan ini saja, lebih dari 3.900 orang meninggal karena corona di AS. Angka itu merupakan angka harian tertinggi sejak virus itu masuk ke Negeri Paman Sam.

Para ahli meyakini kondisi tersebut masih berpotensi memburuk. Risiko lonjakan kasus dan kematian masih membayangi usai libur akhir tahun. Berdasarkan data Covid Tracking Project, 125 ribu orang masih dirawat di rumah sakit karena covid-19.


Di sisi lain, pemerintah AS sendiri mulai menggelar kampanye besar-besar terkait vaksinasi Covid-19. Hampir 2,8 juta warga AS telah disuntikkan vaksin corona pada tahap awal. Angka itu masih jauh di bawah target Gedung Putih yang mencapai 20 juta vaksinasi sebelum menutup tahun 2020.

Sementara itu, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) mencatat jumlah vaksin yang telah didistribusikan lebih dari 12 juta dosis. Namun, upaya vaksinasi kepada petugas kesehatan dan warga yang rentan terhambat oleh persoalan logistik dan kian terbatasnya kapasitas rumah sakit dan klinik.

Sebagai catatan, sejak awal pandemi Maret lalu, kasus corona AS baru menembus angka 10 juta pada 9 November 2020. Artinya, terjadi lonjakan kasus besar-besaran selama dua bulan terakhir.

Secara global, kasus Covid-19 sendiri telah menembus angka 84 juta jiwa di seluruh dunia, dengan lebih dari 1,8 juta kematian. Sejauh ini, sebanyak 59 juta pasien dikonfirmasi sembuh dan masih ada lebih dari 22,8 juta kasus aktif yang terus ditangani.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru