Sering Muncul di Musim Hujan, Ini 8 Bahan Alami yang Bisa Anda Gunakan Untuk Menyembuhkan Kutu Air
Health

Kutu air merupakan salah satu penyakit yang kerap muncul di musim hujan. Jika Anda sedang mengalami kondisi ini, pastikan untuk tidak merobek atau mengikis kulit yang terdampak. Sebagai gantinya, gunakan delapan bahan alami ini untuk mengobatinya.

WowKeren - Salah satu penyakit yang sering muncul di musim hujan seperti saat ini adalah kutu air. Di musim hujan, kita sering melewati genangan air, jalanan becek hingga banjir yang membuat airnya mengenai kaki melalui sela-sela sepatu. Jika sudah demikian, kulit kaki akan menjadi lebih lembab dan meningkatkan risiko munculnya kutu air.

Penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur ini sendiri biasanya ditandai dengan ruam kemerahan, kulit bersisik hingga terasa gatal di kulit kaki. Jika tidak segera diatasi, rasa gatalnya akan semakin menjadi dan bertambah parah. Dalam beberapa kasus, kutu air dapat menimbulkan bau tak sedap di kaki, kulit terluka, melepuh, kering, pecah-pecah hingga mengelupas.

Jika Anda sedang mengalami hal ini, pastikan untuk tidak merobek atau mengikis kulit yang terdampak. Alih-alih menyembuhkan, tindakan ini justru dapat merusak kulit sehat yang ada di sekitarnya dan semakin menyebarkan infeksi. Sebagai gantinya, gunakan beberapa bahan alami berikut ini untuk mengobati kutu air yang rentan terjadi di musim hujan.

(wk/eval)

1. Garam


Garam

Bahan alami pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi kutu air adalah garam. Hal ini dikarenakan garam memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mencegah penyebaran kutu air secara efektif. Karena itulah garam cocok banget dijadikan obat kutu air alami yang murah dan mudah ditemukan.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, ada beberapa langkah mudah yang harus Anda lakukan. Pertama-tama campur segenggam garam ke dalam air hangat kemudian gunakan air tersebut untuk merendam kaki yang terkena kutu air. Diamkan selama 20 menit kemudian keringkan kaki Anda agar tidak lembab.

2. Bawang Putih


Bawang Putih

Masih berkaitan dengan bumbu dapur, bahan alami kedua yang bisa Anda gunakan untuk mengobati kutu air adalah bawang putih. Kandungan minyak atsiri dan allicin di dalam bawang putih memiliki sifat antibakteri, antiseptik dan antiinflamasi. Selain itu, bawang putih juga mampu mengurangi rasa gatal dan nyeri berlebihan akibat kutu air.

Untuk merasakan manfaatnya, Anda hanya perlu menumbuk satu siung bawang putih kemudian tempelkan pada bagian yang terkena kutu air. Balut dengan kain atau perban kemudian diamkan beberapa jam. Selain itu, Anda juga bisa mencincang beberapa siung bawang putih untuk dimasukkan ke dalam baskom berisi air dan gunakan untuk merendam kaki selama 30 menit.

3. Tea Tree Oil


Tea Tree Oil

Bahan alami ketiga yang WowKeren rekomendasikan adalah tea tree oil atau minyak pohon teh. Zat yang terkandung di dalam tea tree oil terbukti mampu membunuh jamur, kuman dan bakteri penyebab berbagai masalah kulit, termasuk kutu air. Selain itu, bahan alami satu ini juga kaya akan antioksidan yang dapat mencegah efek negatif radikal bebas.

Caranya pemanfaatannya cukup mudah, sebab Anda hanya perlu mengoleskan tea tree oil pada bagian kulit yang terdampak hingga tiga kali sehari. Selain itu, Anda juga bisa merendam kaki ke dalam air yang sudah dicampur dengan tea tree oil. Lakukan secara rutin hingga kutu air yang Anda alami benar-benar sembuh.

4. Daun Sirih


Daun Sirih

Daun sirih dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat, termasuk untuk menyembuhkan penyakit kutu air. Hal ini dikarenakan daun sirih merupakan antiseptik alami yang dapat membunuh kuman maupun bakteri penyebab kutu air.

Caranya mudah, pertama-tama rebus beberapa lembar daun sirih dengan air garam. Biarkan sampai hangat kemudian gunakan air tersebut untuk merendam kaki Anda yang terkena kutu air. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari sampai kutu air yang Anda alami benar-benar sirna.

5. Teh Hijau dan Teh Hitam


Teh Hijau dan Teh Hitam

Bahan alami berikutnya yang tak kalah ampuh untuk menyembuhkan kutu air adalah teh hijau dan teh hitam. Teh hijau mengandung polifenol yang memiliki sifat anti jamur sehingga mampu menyembuhkan kutu air yang Anda alami. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, cukup campurkan satu cangkir cuka dengan dua gelas air kemudian gunakan untuk merendam kaki yang terkena kutu air.

Di sisi lain, teh hitam dapat menyembuhkan kutu air karena mengandung asam tannic. Caranya hampir serupa dengan sebelumnya, sebab Anda hanya perlu merendam enam kantung teh hitam ke dalam satu liter air hangat kemudian rendam kaki selama beberapa menit. Lakukan perawatan ini secara rutin agar kutu air Anda segera sembuh.

6. Singkong


Singkong

Tak hanya enak dinikmati sebagai makanan, singkong ternyata juga berkhasiat untuk menyembuhkan kutu air yang kerap terjadi selama musim hujan. Manfaat ini didapat dari kandungan sianida di dalam singkong yang dapat membunuh jamur penyebab kutu air.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memarut singkong hingga benar-benar halus. Setelah itu aplikasikan pada kulit yang terkena kutu air dan diamkan sampai mengering. Agar hasilnya lebih optimal, lakukan pengobatan ini secara rutin setiap hari sampai penyakit kutu air yang Anda alami menghilang.

7. Yoghurt


Yoghurt

Belum banyak yang tahu jika yoghurt juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kutu air. Manfaat ini didapat dari kandungan bakteri acidophilus di dalamnya yang mampu menyembuhkan kutu air dengan lebih cepat.

Maka dari itu, segera oleskan yoghurt pada bagian kulit yang terinfeksi saat kutu air menyerang. Diamkan sampai mengering kemudian bilas bagian tersebut dengan air. Yang perlu diingat, pastikan untuk menggunakan plain yoghurt yang rendah gula dan tidak berasa ya agar hasilnya lebih maksimal.

8. Gel Lidah Buaya


Gel Lidah Buaya

Bahan alami terakhir yang WowKeren rekomendasikan adalah gel lidah buaya. Hal ini disebabkan karena lidah buaya memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi yang berkhasiat untuk memperbaiki kulit yang terluka, termasuk karena kutu air. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya di bagian kulit yang terkena kutu air secara rutin sampai benar-benar sembuh.

Demikian delapan bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menyembuhkan kutu air. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa bahan alami yang dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi vagina yang gatal. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai cara alami yang dapat digunakan untuk mengatasi biang keringat.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait