Bisa Terjadi di Musim Hujan, Ini 7 Cara Alami yang Mudah Dilakukan Untuk Mengobati Biang Keringat
Getty Images/iStockphoto/kitzcorner
Health

Meski biasa terjadi di musim panas, biang keringat juga rentan menyerang saat musim hujan karena kelembapan yang meningkat. Jika Anda tengah mengalami keluhan tersebut, sebaiknya coba atasi dengan tujuh cara alami berikut ini.

WowKeren - Biang keringat merupakan ruam kecil berwarna merah yang disertai dengan rasa gatal yang menyengat. Selama ini, biang keringat identik dengan bayi atau anak-anak karena pengaturan suhu tubuhnya belum sepenuhnya berkembang. Kendati demikian, biang keringat juga bisa menyerang orang dewasa ketika mereka berkeringat lebih dari biasanya, terutama saat cuaca panas atau lembab.

Meski biasa terjadi di musim panas, biang keringat juga rentan terjadi saat musim hujan karena kelembapan yang meningkat. Salah satu cara pencegahannya adalah dengan memperhatikan ventilasi ruangan agar tubuh tidak mudah berkeringat. Selain itu, Anda juga harus mandi secara teratur, terutama setelah terkena air hujan untuk mencegah masalah kulit satu ini.

Namun, bagaimana jadinya jika Anda terlanjur terkena biang keringat? Pertama-tama tetaplah tenang dan jangan khawatir. Sebab ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengobati biang keringat secara alami. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel WowKeren berikut ini.

(wk/eval)

1. Olesi dengan Gel Lidah Buaya


Olesi dengan Gel Lidah Buaya

Cara alami pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengobati biang keringat dengan gel lidah buaya. Tanaman satu ini telah lama digunakan sebagai obat herbal yang dapat menyembuhkan berbagai gangguan kulit. Lidah buaya memiliki zat antiperadangan dan antiseptik yang dapat mencegah kulit terkena infeksi, mengurangi rasa nyeri dan area jangkitan biang keringat.

Cara mengobati biang keringat dengan lidah buaya sangatlah mudah, sebab Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada kulit yang terkena biang keringat. Lakukan perawatan ini setiap hari bila ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Rawat dengan Oatmeal


Rawat dengan Oatmeal
https://ppmapartments.com/

Selain dapat dinikmati sebagai makanan sehat, oatmeal juga bisa digunakan sebagai obat biang keringat yang alami. Hal ini dikarenakan oatmeal dapat mengurangi rasa gatal dan peradangan pada kulit, sehingga sangat cocok diaplikasikan pada bagian yang terdampak biang keringat.

Cara pengobatannya pun sangat mudah. Pertama, tuang 1-2 cangkir oatmeal ke dalam bak mandi yang berisi air hangat dan gunakan untuk berendam selama 20 menit. Namun pastikan airnya tidak terlalu panas untuk mencegah terjadinya iritasi kulit.

Selain itu, Anda juga bisa menjadikannya sebagai masker yang diaplikasikan secara langsung pada kulit yang bermasalah. Caranya mudah, yakni campur oatmeal dengan air sampai berbentuk pasta kemudian aplikasikan pada kulit yang terkena biang keringat. Lakukan perawatan ini secara rutin, maka biang keringat yang Anda rasakan berangsur menghilang.

3. Kompres dengan Air Es


Kompres dengan Air Es

Cara alami berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengompres kulit terdampak dengan kompres dingin. Kain yang telah direndam pada air es atau air dingin berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit atau iritasi yang disebabkan oleh biang keringat. Karena itulah tak ada salahnya untuk mengompres bagian yang terdampak dengan air dingin ketika kulit terasa sangat sakit atau gatal.

Selain kompres dingin, Anda juga bisa mengatasi biang keringat dengan mandi air dingin. Selama mandi, bilas kulit dengan lembut untuk membuka pori-pori. Hal ini penting dilakukan karena pori-pori yang tersumbat turut mempengaruhi biang keringat. Setelah mandi, keringkan tubuh dengan benar dan jangan biarkan basah untuk mencegah terjadinya iritasi kulit.

4. Manfaatkan Kayu Cendana


Manfaatkan Kayu Cendana
https://www.netmeds.com/

Menurut penelitian, kayu cendana memiliki kandungan antiinflamasi dan anti analgesik yang dapat mengurangi rasa sakit karena biang keringat. Sehingga jika dicampur dengan air dan diaplikasikan pada kulit yang terdampak, cendana dapat mengurangi sensasi rasa terbakar dan nyeri karena biang keringat.

Cara penerapannya mudah, pertama-tama campur bubuk cendana dan air dengan perbandingan 2:1 sampai berbentuk seperti gel. Sebelum diaplikasikan pada kulit yang terdampak, coba oleskan sedikit pada kulit yang tidak bermasalah. Jika dalam waktu satu jam Anda tidak mengalami reaksi apapun, itu berarti campuran tersebut aman dioleskan pada kulit yang terkena biang keringat.

5. Olesi dengan Minyak Jarak


Olesi dengan Minyak Jarak
Unsplash/Erik Mclean

Minyak jarak juga dipercaya dapat mengontrol produksi minyak berlebih yang membuat pori-pori tersumbat dan menyebabkan biang keringat. Maka dari itu, Anda juga bisa menggunakan bahan alami satu ini untuk mengobati biang keringat yang menyebabkan rasa gatal, nyeri hingga sensasi seperti ditusuk-tusuk.

Cara pengaplikasiannya sendiri sangat mudah. Sebab Anda hanya perlu mengoleskan minyak jarak pada bagian kulit yang terkena biang keringat kemudian tunggu selama beberapa saat hingga benar-benar terserap. Lakukan langkah ini secara rutin agar Anda bisa secepatnya terbebas dari biang keringat.

6. Campur Soda Kue ke dalam Bak Mandi


Campur Soda Kue ke dalam Bak Mandi
Alamy

Soda kue dikenal sebagai bahan dengan beragam manfaat, salah satunya adalah untuk mengobati biang keringat. Hal ini dikarenakan soda kue dapat menenangkan kulit yang gatal sehingga bermanfaat untuk mengatasi rasa nyeri akibat ruam panas atau biang keringat.

Seperti sebelum-sebelumnya, cara pengobatan biang keringat dengan soda kue juga cukup mudah. Pertama-tama campurkan 3-5 sendok makan soda kue ke dalam bak mandi berisi air hangat kemudian gunakan untuk berendam selama 20 menit. Lakukan cara ini secara rutin agar Anda bisa segera sembuh dari masalah kulit satu ini.

7. Berendam di Campuran Air dan Garam Epsom


Berendam di Campuran Air dan Garam Epsom

Cara alami terakhir yang WowKeren rekomendasikan ini juga tak kalah menarik untuk dicoba. Garam epson atau magnesium sulfat juga dikenal sebagai salah satu obat alami yang dapat menghilangkan biang keringat. Caranya adalah dengan mencampurkan garam epsom ke dalam bak berisikan air kemudian gunakan untuk berendam selama beberapa menit. Selama berendam, pastikan tidak sampai menelan air yang telah tercampur dengan garam epsom karena dapat menyebabkan diare.

Demikian tujuh cara alami yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi biang keringat. Simak juga artikel ini untuk mengetahui delapan bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi vagina gatal. Selain itu Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang ampuh sembuhkan diare.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait