Jangan Sampai Lepek dan Rontok, Ini 7 Cara Tepat Rawat Rambut Saat Kehujanan
Getty Images
Lifestyle

Kandungan zat polutan di udara yang terbawa oleh air hujan saat turun akan menempel di rambutmu. Oleh sebab itu, jangan heran jika air hujan juga bisa merusak rambut.

WowKeren - Hujan bisa datang kapan saja dan secara tiba-tiba terutama saat musim hujan seperti sekarang ini. Hujan bisa saja turun saat kamu berada di luar ruangan sekalipun. Akibatnya, kondisi ini akan membuat rambutmu ikut basah karena air hujan.

Hujan rupanya juga bisa merusak rambut indahmu, lho. Kandungan asam pada air hujan dapat menyebabkan rambut menjadi lebih rentan rontok. Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan cara yang tepat untuk menjaga rambut tetap sehat usai kehujanan.

Perlu kamu ingat, air hujan tidak selalu bersih. Kandungan zat polutan di udara bisa jadi terbawa oleh air hujan saat turun dan menyentuh rambutmu. Oleh sebab itu, hujan bisa merusak rambut. Berikut hal-hal yang perlu kamu lakukan untuk merawat rambut yang kehujanan.

(wk/zodi)

1. Segera Bersihkan dengan Keramas


Segera Bersihkan dengan Keramas

Saat pulang ke rumah dalam keadaan basah kuyup karena hujan, segeralah mencuci rambutmu dengan sampo agar bersih. Mencuci rambut dapat membersihkan rambut dari zat polutan dan kotoran yang menempel di rambut bersama dengan air hujan.

Apalagi jika kamu naik motor atau berada di jalanan saat hujan. Cipratan air dari kendaraan yang melintas juga bisa mengenai rambutmu, bukan? Keramas setelah kehujanan selain akan memberikan rasa segar juga membuatmu tak perlu khawatir dengan rambut lepek atau kotor.

2. Jika Memungkinkan, Mandi dengan Air Hangat


Jika Memungkinkan, Mandi dengan Air Hangat

Jika perlu, tak ada salahnya kamu mandi dengan menggunakan air hangat setelah kehujanan. Air hangat akan memberikanmu rasa nyaman setelah kedinginan di luar akibat air hujan.

Selain itu, membilas rambut dengan air hangat akan membantu kotoran lebih mudah terangkat. Begitu juga dengan zat asam yang menempel di rambut saat terbawa air hujan. Mandi dengan menggunakan air hangat selain akan merelaksasi tubuh juga bisa melancarkan aliran darah.

3. Jangan Siksa Akar Rambut, Segera Keringkan


Jangan Siksa Akar Rambut, Segera Keringkan
https://www.allthingshair.com/

Jika sudah keramas, sebaiknya kamu tidak berlama-lama membiarkan rambutmu basah. Apalagi jika rambutmu cukup panjang. Kondisi rambut yang basah akan membuatnya semakin berat sehingga ini akan memberikan tekanan pada akar rambut.

Pada akhirnya, kondisi ini akan membuat akar rambut lemah dan rambut akan mudah rontok. Oleh sebab itu setelah selesai mandi keringkan dengan handuk bersih atau gunakan pengering rambut. Ingat, jangan mengeringkan rambut terlalu dekat karena suhu panas alat pengering akan membuat rambutmu rentan mengalami kerusakan.

4. Jangan Lupa Pakai Kondisioner


Jangan Lupa Pakai Kondisioner
Getty Images

Setelah keramas jangan lupa untuk mengaplikasikan kondisioner. Pemakaian kondisioner akan membuat rambutmu tetap lembap dan ternutrisi.

Pada umumnya, rambut yang kehujanan akan lebih mudah kusut dari biasanya sehingga kondisioner akan membuatnya tetap elastis dan tidak kering. Ingat, sesuaikan kondisioner dengan kondisi rambutmu, ya. Jangan pilih yang asal wangi tetapi juga harus bisa membuat rambut tetap ternutrisi dengan baik.

5. Pakai Sisir yang Tepat Agar Tidak Mudah Rontok


Pakai Sisir yang Tepat Agar Tidak Mudah Rontok
Alamy

Saat kehujanan rambut cenderung lebih sulit untuk disisir. Hal ini disebabkan karena rambut cenderung kusut saat kehujanan. Setelah keramas, sisirlah rambut dengan hati-hati. Jangan menarik rambut secara paksa saat menyisirnya.

Hal ini selain menyebabkan akan ada banyak rambut yang rontok juga membuat akar rambut menjadi lebih rentan. Sisirlah secara perlahan dan gunakan sisir bergerigi jarang. Menggunakan sisir bergigi rapat saat rambut basah dan kusut hanya akan membuatnya lebih buruk.

6. Jangan Buru-Buru Mengikat Rambut


Jangan Buru-Buru Mengikat Rambut
https://www.wikihow.com/

Bagi kamu yang memiliki rambut panjang tentu merasa risih jika membiarkan rambut terurai dalam waktu yang lama, bukan? Meski demikian, jangan terburu-buru mengikat rambut jika rambut masih basah. Ada banyak hal buruk yang bisa terjadi jika kamu melakukannya.

Selain membuat rambut lebih lama kering, kondisi rambut basah yang diikat akan membuatnya lepek dan menghasilkan bau yang tidak sedap. Kamu juga bisa membuat akar rambutmu tersiksa dengan mengikat rambut dalam keadaan basah. Alhasil, rambut akan lebih mudah patah dan rusak.

7. Beri Vitamin


Beri Vitamin

Memberikan vitamin pada rambut bisa membuatnya tetap kuat dan tidak mudah patah. Selain kondisioner, pastikan kebutuhan nutrisi rambut tercukupi dengan vitamin rambut, ya.

Vitamin juga bisa membantumu merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut akan tampak lebih subur. Selain itu, fungsi vitamin yang lain adalah mendukung penampilanmu dengan rambut yang berkilau dan sehat.

Jadi, jangan sepelekan dampak kehujanan terhadap kondisi rambut, ya. Jika tidak ditangani secara tepat, kondisi kehujanan akan berakibat buruk pada rambutmu. Selain membuat rambut kusut juga bisa membuatnya kotor karena kandungan air hujan yang bercampur dengan polutan.

You can share this post!

Related Posts