Beredar Anjuran Minum Air Kelapa untuk Netralkan Vaksin COVID-19, Ini Faktanya
Health
Vaksin COVID-19

Sebuah pesan yang berisi ajakan minum air kelapa usai divaksinasi COVID-19 untuk menetralisir vaksin yang dianggap 'racun' beredar di media sosial hingga grup WhatsApp.

WowKeren - Pemerintah telah melaksanakan program vaksinasi COVID-19 di Indonesia. Sejumlah golongan yang masuk ke daftar prioritas pun telah menerima suntikan pertama vaksin corona asal Tiongkok Sinovac.

Baru-baru ini sebuah pesan beredar di media sosial dan grup WhatsApp berisi ajakan minum air kelapa usai divaksinasi COVID-19. Hal ini dimaksudkan untuk menetralisir vaksin yang dianggap 'racun' oleh sebagian besar kalangan yang menolak vaksinasi.

"Barusan dapat voice note. Isinya ajakan minum kelapa muda bagi yg ngak mau divaksin tapi harus tetap divaksin karena mengikuti perintah atasan," cuit seorang netizen di media sosial Twitter.

Seperti yang diketahui, air kelapa secara turun temurun telah dianggap sebagai penetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Mengenai kegunaan air kelapa untuk menetralisir vaksin, Juru bicara program vaksinasi COVID-19 dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Lucia Rizka Andalusia, menegaskan tak ada hubungan antara kedua hal tersebut.


"Hal tersebut tidak benar, karena vaksin ini bukan racun," ujar Lucia dilansir Detikcom, Kamis (21/1). "Vaksin ini dari virus yang sudah dimatikan yang dapat merangsang pembentukan antibodi setelah disuntikkan."

Lucia juga mengatakan tidak mengandung racun, sehingga tak perlu dinetralkan dengan air kelapa. "Vaksin ini disuntikkan masuk ke otot lengan, sedangkan air kelapa diminum masuk ke lambung, jadi tidak ada hubungannya," pungkasnya.

Selain itu, menurut informasi dalam laman resmi Kominfo, klaim air kelapa hijau dapat menetralkan atau menjadi penawar dari vaksin juga tidak tepat, sebab tidak ada penelitian yang membuktikan air kelapa dapat menetralkan atau mengganggu fungsi dari vaksin.

Sementara itu, sejumlah nakes serta orang-orang yang telah mendapatakan suntikan pertama vaksin Sinovac mengaku mengalami efek samping ringan. Mulai dari pegal, lapar hingga mengantuk.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts