Lezat dan Menggoda, Ini 7 Tips Sukses Membuat Kulit Dimsum Lembut dan Transparan
pexels.com/Momo King
Kuliner

Dengan kulit dimsum yang lembut dan transparan isi bagian dalamnya akan terlihat dan semakin menggugah selera. Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk membuatnya.

WowKeren - Dimsum adalah salah satu camilan yang pas dinikmati bersama keluarga. Jajanan ini dibuat dari lembaran kulit yang terbuat dari tepung terigu, dengan isi yang beraneka macam mulai dari ikan hingga udang. Karena dibuat dengan cara direbus, bisa dikatakan dimsum adalah salah satu opsi camilan yang lebih sehat, dibanding camilan lain yang dibuat dengan cara digoreng atau dipanggang.

Proses pembuatan dimsum membutuhkan kesabaran karena harus dibuat satu per satu. Namun justru karena tantangan inilah banyak yang tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Selain lebih murah, dengan cara ini, kamu lebih fleksibel memilih varian rasa favorit untuk diisi apa dimsum buatanmu.

Untuk membuat dimsum lebih menarik, maka buatlah kulitnya agar lembut dan transparan. Dengan begitu isi bagian dalamnya akan terlihat dan semakin menggugah selera. Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat kulit dimsum yang lembut dan transparan.

(wk/zodi)

1. Pilih Tepung yang Sesuai


Pilih Tepung yang Sesuai
pexels.com/Nicole Michalou

Untuk membuat kulit dimsum sesuai ekspektasi pastikan kamu menggunakan tepung terigu yang tepat. Pada umumnya untuk membuat dimsum digunakan tepung tang mien. Tepung ini terbuat dari pati gandum dan memiliki tekstur yang lebih halus dibandingkan tepung terigu biasa.

Selain bisa membuat kulit dimsum lebih transparan, tepung ini akan membuat adonan lebih kenyal. Pemilihan tepung untuk kulit dimsum tidak boleh dilakukan sembarangan karena akan mempengaruhi hasil akhirnya nanti.

2. Pastikan Bahan Tidak Kadaluwarsa


Pastikan Bahan Tidak Kadaluwarsa
pexels.com/Elly Fairytale

Saat membeli di toko atau supermarket, pastikan tepung yang kamu beli masih aman digunakan. Aman di sini maksudnya adalah belum kadaluwarsa. Jika memungkinkan, pilih tepung yang masih lama masa kadaluwarsanya.

Sebab, kondisi tepung yang sudah terlalu lama dikhawatirkan akan berdampak pada hasil adonan kulit dimsum. Penting juga untuk memperhatikan agar tepung yang digunakan tidak berbau dan menggumpal.

3. Tambahkan Telur


Tambahkan Telur
pexels.com/Elle Hughes

Menambahkan sebutir telur pada adonan kulit dimsum bisa membuatnya lebih kenyal saat matang. Jika kamu ingin membuat dimsum rebus maka tambahkan telur agar kulitnya terasa lebih lembut.

Sebaliknya, kamu tidak perlu memakai telur jika berencana untuk membuat dimsum goreng. Sebab, telur hanya akan mengurangi kerenyahan kulit dimsum saat digoreng.

4. Uleni dengan Cara yang Tepat


Uleni dengan Cara yang Tepat
pexels.com/Life Of Pix

Jika tidak bisa menemukan kulit tang mien di pasaran, kamu bisa menggantinya dengan tepung protein tinggi. Uleni tepung dengan air hangat hingga tercampur rata. Pastikan tanganmu dalam kondisi bersih, ya. Jika sudah rata, diamkan adonan selama beberapa waktu untuk membuatnya kalis.

Setelah kalis, uleni lagi tetapi tidak perlu seperti sebelumnya, hanya sebentar saja. Lalu setelah itu diamkan lagi adonan sebelum digunakan. Saat ini sudah banyak tersedia resep membuat kulit dimsum di internet sehingga kamu tidak perlu khawatir.

5. Gunakan Tepung Maizena Jika Perlu


Gunakan Tepung Maizena Jika Perlu
pexels.com/Katerina Holmes

Setelah adonan kalis, taburi dengan tepung maizena untuk membuatnya tidak lengket saat akan digunakan. Selain maizena, kamu juga bisa menggunakan pati jagung untuk mendapatkan fungsi ini.

Selain itu, tepung maizena tidak mengandung gluten sehingga tidak akan mudah terserap ke adonan kulit dimsum. Oh ya, bagi kamu yang alergi mengonsumsi gluten, bisa membaca beberapa alternatif tepung yang bisa kamu gunakan di artikel ini, ya.

6. Celupkan Kulit Dimsum Dalam Air


Celupkan Kulit Dimsum Dalam Air
pexels.com/Elly Fairytale

Kulit dimsum yang sudah jadi bisa mengering dalam waktu singkat. Jika sudah begini maka akan membuatnya cukup sulit dibentuk. Kulit dimsum kering bisa terjadi jika kamu tidak segera mengisinya ketika sudah siap digunakan.

Oleh sebab itu untuk menjaganya agar tetap lembap kamu bisa merendamnya dalam air. Kulit dimsum akan kembali lentur namun ingat untuk tidak merendamnya terlalu lama, cukup beberapa detik saja sebelum mengisinya dengan potongan udang atau daging ayam.

7. Pastikan Takaran Bahan Tepat


Pastikan Takaran Bahan Tepat
pexels.com/Pixabay

Satu lagi yang tak kalah penting adalah memperhatikan takaran saat akan membuat kulit dimsum. Kamu perlu mematuhi panduan resep untuk bisa membuat kulit dimsum sesuai ekspektasi. Agar takaranmu lebih presisi, gunakan timbangan dapur digital jika memungkinkan.

Ada kalanya Jika baru pertama kali mencobanya mungkin hasilnya kurang sempurna. Tak perlu khawatir karena semua membutuhkan yang namanya proses. Apalagi soal mencoba resep masakan, tentu kamu harus melalui trial and error untuk bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Seperti saat melakukan baking, kamu perlu menghindari kesalahan-kesalahan berikut ini agar adonanmu bisa mengembang sesuai ekspektasi. Sebab, tak jarang terutama bagi pemula, aktivitas baking yang dilakukan tidak bisa memberikan hasil seusai yang diharapkan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel