Bukan Hal Mudah untuk Pemula, 8 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Baking Pertama Kali
Instagram/Henry & Co.
Kuliner

Bagi pemula, baking bisa jadi bukan hal yang mudah. Alih-alih mengembang, kue yang dihasilkan justru bisa bantat sehingga sama sekali tidak menggugah selera.

WowKeren - Terkadang saat melihat postingan di media sosial tentang bagaimana cara membuat kue, kita akan mudah tergoda untuk mencobanya. Sebab, resep dan cara membuat yang disajikan begitu sederhana namun dengan hasil yang memuaskan.

Sayangnya, tak jarang saat kita mencobanya hasilnya justru sama sekali tidak seperti yang kita lihat di video demo. Hal ini banyak terjadi pada percobaan membuat kue yang dimasak dengan cara dipanggang. Bagi pemula, baking bisa jadi bukan hal yang mudah.

Alih-alih mengembang, kue yang dihasilkan justru bantat sehingga sama sekali tidak menggugah selera. Ada juga kondisi dimana kue matang di luarnya saja tetapi di dalam masih berupa adonan lembek. Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya hindari kesalahan-kesalahan saat melakukan baking pertama kali, seperti berikut ini.

(wk/zodi)

1. Jenis Tepung yang Digunakan Tidak Sesuai


 Jenis Tepung yang Digunakan Tidak Sesuai
Unsplash/The Creative Exchange

Ada berbagai macam jenis tepung yang bisa digunakan untuk memanggang roti. Pastikan kamu mencoba sesuai dengan resep, tidak begitu saja mengganti bahan yang tertera. Misalnya mengganti tepung terigu biasa dengan self rising flour.

Begitu juga dengan baking powder maupun baking soda. Meski keduanya kerap dianggap sama namun fungsinya berbeda sehingga bisa mempengaruhi hasil akhir adonan. Sekecil apapun kesalahan dalam penggantian bahan bisa berakibat pada rusaknya adonan.

2. Takaran Kurang Tepat


Takaran Kurang Tepat
Pexels

Satu hal yang perlu diingat saat mencoba baking adalah "mendisiplinkan" diri untuk mematuhi apa yang ada pada resep. Terutama dalam hal menakar bahan-bahannya.

Kesalahan kecil bahkan dalam hitungan gram saja bisa mempengaruhi rasa dan hasil adonanmu saat matang nanti. Untuk bisa mendapatkan ukuran atau takaran yang presisi tak ada salahnya kamu menggunakan timbangan digital untuk memasak.

3. Mengurangi Bahan yang Dianggap Tidak Penting


Mengurangi Bahan yang Dianggap Tidak Penting
Unsplash/Calum Lewis

Ada kalanya, bahan dalam mencoba resep baru sulit didapat. Terlebih lagi, hanya dibutuhkan dalam jumlah yang sangat kecil. Jangan sekali-kali mengurangi bahan ini meskipun hanya diperlukan beberapa gram saja. Ingat, mereka yang sudah mencoba resep tersebut pastinya tidak asal dalam menulis bahan, bukan?

Hanya karena sebuah resep memerlukan setengah sendok teh baking powder lalu kamu tidak bisa menemukannya, lantas kamu bisa mengabaikannya. Sebaiknya hindari kesalahan ini. Menghilangkan bahan terkecil bisa berbuntut pada kesalahan besar.

4. Salah Memahami Istilah


Salah Memahami Istilah
https://www.hgtv.com//AnnaMaria Stephens

Resep memanggang yang baik menggunakan istilah seperti rubbing, folding, whipping, creaming, levelling, dan lain sebagainya. Istilah-istilah tersebut merujuk pada teknik khusus yang harus dilakukan saat menangani adonan.

Sehingga tidak bisa jika hanya dianggap sebagai "mencampur". Setiap istilah tersebut mewakili cara khusus untuk menyatukan bahan-bahan yang memiliki signifikansi tersendiri dalam sebuah resep.

5. Salah Memosisikan Loyang Adonan dalam Oven


Salah Memosisikan Loyang Adonan dalam Oven
Unsplash/Hannah Busing

Ada berbagai jenis oven di pasaran. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda untuk menunjang keberhasilan dalam melakukan baking. Misalnya ketika resep menganjurkan kamu meletakkan adonan di rak bawah oven maka lakukanlah demikian. Hal ini membuat adonan lebih cepat matang di bagian bawah.

Sebaliknya, meletakkan adonan di rak paling atas akan membuat bagian atas adonan matang lebih cepat. Tergantung resepnya, kamu sebaiknya mengikuti saran ini dan memindahkan adonan sesuai waktu yang ditentukan.

6. Membuka Oven Saat Proses Baking


Membuka Oven Saat Proses Baking
Unsplash/Erik Mclean

Ada kalanya bagi kita yang baru mencoba pertama kali, tidak yakin dengan adonan apakah sudah matang atau belum. Alhasil kita akan terdorong untuk membuka oven hanya untuk mengeceknya.

Namun siapa sangka jika hal sepele ini justru bisa merusak adonanmu. Aktivitas ini menyebabkan hilangnya panas yang cukup besar dari oven yang menghambat proses baking sehingga adonan tidak bisa mengembang dengan baik. Sebaiknya kamu tidak membuka tutup oven selama 15 menit pertama.

7. Loyang yang Digunakan Tidak Sesuai


Loyang yang Digunakan Tidak Sesuai
Rawpixel

Ada berbagai jenis loyang yang bisa kamu temui di pasaran. Mulai dari bahan, ukuran, bahkan hingga bentuk yang berbeda-beda. Untuk setiap resepnya, kamu perlu memperhatikan loyang apa yang digunakan, terutama terkait ukuran.

Ukuran loyang yang berbeda bisa jadi akan berpengaruh pada berapa lama kamu membutuhkan waktu untuk memanggangnya dengan sempurna. Jangan menggunakan loyang yang terlalu sempit dan tinggi karena bisa membuat adonan sulit matang di bagian tengah. Sebaliknya, jangan gunakan loyang yang terlalu lebar untuk menghindari gosong.

8. Lupa Memanaskan Oven


Lupa Memanaskan Oven
Pexels

Jika kamu memakai oven listrik, jangan lupakan langkah yang satu ini, ya. Sebelum memasukkan adonan pastikan kamu sudah memanaskan oven terlebih dahulu. Pada umumnya, oven listrik perlu dipanaskan antara 10 hingga 15 menit sebelum bisa digunakan.

Memasukkan adonan ke dalam oven yang belum memanas bisa berakibat buruk. Mulai dari retaknya adonan hingga adonan tidak matang sama sekali. Akan sangat sayang, bukan?

Melakukan percobaan untuk membuat kue memang sangat menarik. Selain kesalahan baking di atas, masalah lain yang kerap muncul adalah penggunaan tepung terigu pada yang alergi gluten. Untuk tepung alternatifnya, kamu bisa mengeceknya di sini. Kamu juga bisa menyimak bahan apa saja yang bisa digunakan sebagai pengganti baking powder di sini.

You can share this post!

Related Posts