Dimakzulkan, Trump Ogah Hadiri Sidang yang Digelar Pekan Depan
Reuters/Carlos Barria
Dunia

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menolak hadir dan bersaksi dalam sidang pemakzulannya pekan depan. Menurutnya, sidang tersebut 'idak konstitusional'.

WowKeren - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menolak hadir dan bersaksi dalam sidang pemakzulannya di Senat pada pekan depan. Trump menyebut bahwa sidang tersebut "tidak konstitusional" lantaran dirinya yang kini berstatus warga sipil disidang oleh Senat.

Seperti yang diketahui, jaksa penuntut dari Dewan Perwakilan AS sebelumnya telah meminta Trump untuk hadir dalam sidang pekan depan itu. Belum jelas apakah tim kuasa hukum Trump akan hadir dalam sidang nanti.

Namun, penasihat senior Trump, Jason Miller, menegaskan Trump tidak akan hadir dalam persidangan pekan depan. "Presiden tidak akan bersaksi dalam proses yang tidak konstitusional," kata Miller dilansir AFP, Kamis (4/2).


Di lain tempat, pengacara Trump menertawakan surat pemanggilan Trump ke sidang yang dilayangkan jaksa penuntut DPR, Jamie Raskin. "Surat Anda menegaskan apa yang diketahui semua orang: Anda tidak dapat membuktikan tuduhan Anda terhadap Trump," kata pengacara sang mantan presiden, Bruce Castor dan David Schoen.

Penolakan Trump tersebut muncul lima hari sebelum persidangan Trump. Politikus Partai Republik itu didakwa satu pasal pemakzulan, yaitu "hasutan memberontak" terkait kerusuhan yang terjadi di Capitol pada bulan Januari lalu.

Sementara itu, Trump diketahui telah ditinggalkan oleh 2 pengacaranya sekaligus jelang sidang pemakzulan berlangsung. Pengacara yang dimaksud adalah Butch Bowers dan Deborah Barberi dari South Carolina.

Tak hanya keduanya, 3 pengacara lain seperti Josh Howard dari North Carolina serta Johnny Gasser dan Greg Harris dari South Carolina juga dikabarkan keluar dari squad kuasa hukum sang taipan properti. Sumber internal yang tak disebutkan namanya menyebut perpisahan ini terjadi karena adanya perbedaan pendapat.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait