Bikin Tak Percaya Diri, Ini 7 Cara Ampuh Hilangkan Stretch Mark Putih di Tubuh
Lifestyle

Stretch mark muncul karena kulit meregang dengan cepat akibat penambahan berat badan secara cepat. Tak hanya pada ibu hamil, stretch mark juga bisa dialami oleh siapa saja.

WowKeren - Salah satu masalah kulit yang cukup mengganggu adalah stretch mark. Stretch mark adalah garis atau guratan berwarna yang muncul di kulit sehingga mampu mengurangi rasa percaya diri. Guratan ini pada umumnya muncul disebabkan akibat penambahan berat badan yang secara tiba-tiba.

Meski biasanya banyak terjadi pada ibu hamil, masalah kulit yang satu ini juga bisa dialami oleh siapa saja. Saat awal terbentuk, stretch mark sering kali dimulai dengan guratan warna merah atau ungu. Seiring berjalannya waktu, guratan ini perlahan memudar menjadi putih.

Meski memudar, luka ini tidak benar-benar hilang namun tetap meninggalkan guratan putih. Namun pada sebagian kasus, ada kalanya guratan ini benar-benar memudar dengan sendirinya. Ada berbagai cara untuk mengatasi masalah kulit yang satu ini. Berikut beberapa prosedur yang bisa Anda lakukan.

(wk/zodi)

1. Eksfoliasi Rutin


Eksfoliasi Rutin

Cara sederhana pertama yang bisa Anda lakukan di rumah adalah dengan melakukan eksfoliasi secara rutin. Eksfoliasi memungkinkan terjadinya pengelupasan sel-sel kulit mati yang ada di atas permukaan kulit dan juga stretch mark. Eksfoliasi bisa meningkatkan hasil dari metode perawatan yang sedang Anda lakukan.

Pasalnya, mengangkat kulit mati dari stretch mark memungkinkan perawatan lain menembus lebih dalam dan bekerja lebih cepat. Ada berbagai macam produk yang bisa Anda gunakan untuk mengeksfoliasi kulit secara lembut, seperti beberapa rekomendasi berikut ini.

2. Pakai Obat Topikal


Pakai Obat Topikal

Cara lain mengurangi tampilan stretch mark yang bisa dilakukan di rumah adalah dengan menggunakan krim dan salep topikal. Cara ini merupakan metode yang lebih terjangkau untuk mengurangi munculnya stretch mark putih. Jika dioleskan secara teratur, krim topikal dapat memudarkan warna stretch mark.

Meski demikian cara ini tidak menjamin stretch mark akan hilang sepenuhnya. Memang ada berbagai produk di pasaran yang bisa Anda coba namun sebaiknya diskusikan terlebih dahulu hal ini dengan dokter untuk mengetahui kondisi kulit dan risiko yang mungkin terjadi.

3. Mikrodermabrasi


Mikrodermabrasi

Prosedur ini menargetkan lapisan atas kulit (epidermis). Bekerja dengan cara merangsang kulit untuk mengencangkan serat kolagen dan elastin, mikrodermabrasi tidak menimbulkan rasa sakit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal prosedur ini perlu dilakukan selama beberapa kali.

Efek samping mikrodermabrasi adalah mungkin kulit Anda terasa kencang dan kering. Proses pengelupasan juga akan membuat kulit kemerahan. Biasanya diperlukan waktu 24 jam untuk memulihkannya.

4. Microneedling


Microneedling

Selain mikrodermabrasi, Anda juga bisa mencoba microneedling. Prosedur ini menargetkan dermis, lapisan tengah kulit tempat terbentuknya stretch mark. Jarum kecil akan ditusuk ke kulit untuk memicu produksi kolagen.

Kolagen akan mendorong regenerasi kulit sehingga mampu mengurangi tampilan stretch mark. Perawatan ini biasanya memerlukan beberapa kali sesi dalam waktu yang cukup lama untuk hasil yang efektif.

5. Terapi Laser


Terapi Laser

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan terapi laser. Cara ini umum dilakukan untuk menghilangkan guratan putih. Laser akan bekerja menembus kulit, memicu regenerasi dan merangsang jaringan di sekitar stretch mark untuk sembuh lebih cepat.

Selain itu, terapi ini akan merangsang produksi melanin dan mengaktifkan sel pigmen. Alhasil, stretch mark akan berbaur dengan warna kulit normal dan tersamarkan. Karena ada banyak pilihan, sebaiknya diskusikan dulu dengan dokter sebelum memulai sesi ini.

6. Hindari Kulit Kering


Hindari Kulit Kering

Stretch mark pada umumnya lebih mudah timbul pada kulit yang kurang terjaga kelembapannya. Kulit yang kurang lentur akan mudah sekali meregang ketika terjadi penambahan berat badan. Elastisitas kulit tidak mampu mengimbangi pertumbuhan yang lebih cepat.

Lapisan tengah kulit (dermis) akan menipis sehingga lapisan di bawahnya muncul ke permukaan. Oleh sebab itu sangat penting untuk membuat kulit terhidrasi degan baik. Minum air saja tidak cukup tetapi Anda juga harus menutrisi kulit dari dalam dengan makanan bergizi.

7. Kontrol Berat Badan


Kontrol Berat Badan

Stretch mark muncul karena kulit meregang dengan cepat akibat anggota tubuh yang mengembang atau penambahan berat badan. Semakin tidak stabil berat badan akan semakin memicu guratan ini terbentuk. Oleh sebab itu sebaiknya kontrol berat badan dengan menjaga pola makan dan olahraga teratur.

Pada umumnya, stretch mark warna merah relatif lebih mudah diatasi sebab usianya masih belum lama. Keberadaan pembuluh darah di permukaan kulit memungkinkan guratan merah menjadi lebih responsif terhadap pengobatan.

Sebaliknya, stretch mark berwarna putih lebih sulit untuk diobati. Hal ini disebabkan karena seiring waktu berjalan, pembuluh darah Anda akan menyempit, sehingga sulit untuk merangsang produksi kolagen. Tidak menutup kemungkinan, pengobatan yang dilakukan mungkin tidak begitu memberikan hasil yang signifikan dibanding stretch mark merah.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait