Pangeran Philip Suami Ratu Elizabeth II Mendadak Dilarikan ke RS, Terkait COVID-19?
Dunia
Pandemi Virus Corona

Duke of Edinburgh itu dilarikan ke RS King Edward VII pada Selasa (16/2) malam waktu setempat menyusul kondisi kesehatannya yang dilaporkan sedang kurang baik.

WowKeren - Pangeran Philip dilaporkan dilarikan ke Rumah Sakit King Edward VII di London pada Selasa (16/2) malam waktu setempat. "Yang Mulia Duke of Edinburgh dibawa ke RS King Edward VII di London, pada Selasa malam," demikian pernyataan resmi Istana, Rabu (17/2).

Suami dari Ratu Elizabeth II itu dikabarkan langsung dibawa ke rumah sakit dengan menggunakan mobil usai merasa tidak enak badan. "Ini langkah pencegahan," tegas sumber dari Istana Buckingham, dilansir dari BBC pada Kamis (18/2).

Philip yang kini berusia 99 tahun itu memang dilaporkan kerap merasa tidak enak badan selama beberapa waktu belakangan. Namun dipastikan bahwa kondisi tersebut tidak terkait dengan infeksi virus Corona yang kini tengah mewabah di berbagai belahan dunia.

Sumber dari istana itu juga mengungkap sang pangeran, yang akan merayakan ulangtahun ke-100-nya pada 10 Juni 2021 mendatang, dilarikan ke RS atas arahan dokter. Meski dalam kondisi kurang sehat, nyatanya Philip disebut tetap bersemangat dan akan menjalani observasi serta diopname selama beberapa hari di pusat kesehatan tersebut.


Sedangkan Ratu Elizabeth II (94), saat ini tetap bertahan di Kastil Windsor. Pangeran Charles dan Duchess of Cornwall sendiri sedang berada dalam tugas ke RS Queen Elizabeth pada Rabu kemarin untuk berbincang-bincang dengan pasien dan petugas kesehatan di sana.

Istana memang memproteksi ketat para anggota kerajaan dari potensi paparan virus Corona. Seperti Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip yang sejak beberapa waktu lalu "di-lockdown" di Kastil Windsor dengan beberapa staf rumah tangga saja. Keduanya juga sudah menerima vaksin di Kastil Windsor.

Perihal dilarikannya Pangeran Philip ke rumah sakit ini juga sudah sampai ke telinga sejumlah petinggi negara termasuk Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. "Ia mendoakan yang terbaik untuk Duke of Edinburgh selama menjalani masa perawatan di rumah sakit," tutur juru bicara Johnson.

Pangeran Philip sendiri memang memiliki riwayat beberapa kali dilarikan ke RS seperti pada Desember 2019 kemarin dilarikan karena kondisi kesehatan yang kurang baik. Philip sendiri telah menjauh dari jangkauan publik sejak 2017 menyusul makin tergerusnya kesehatannya akibat usia.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts