Tak Kalah dengan Yang Impor, 8 Cokelat Lezat Buatan Indonesia Ini Bisa Bikin Ketagihan
pexels.com/Vie Studio
Kuliner

Di Indonesia sendiri, ada banyak produk cokelat lokal yang tak kalah lezatnya dibanding dengan produk impor. Seperti beberapa ini contohnya yang bisa kamu coba.

WowKeren - Cokelat seakan sudah menjadi makanan sejuta umat. Rasanya yang lezat membuat olahan biji kakao banyak digemari mulai dari anak-anak, dewasa, hingga orang tua. Tak hanya itu, segudang manfaat yang dimilikinya juga membuat cokelat banyak dianjurkan untuk dikonsumsi.

Biji cokelat merupakan biji dari buah pohon kakao yang sudah siap diolah dan telah melalui proses fermentasi serta pengeringan. Biji kakao inilah yang merupakan bahan dasar pembuatan cokelat yang kita kenal selama ini. Pohon kakao sendiri adalah tumbuhan asli dari benua Amerika, tepatnya di kaki Pegunungan Andes.

Nah, apakah kamu salah satu penggemar cokelat? Di Indonesia sendiri, ada banyak produk cokelat lokal yang tak kalah lezatnya dibanding dengan produk impor. Nah, jika kamu mengaku penggemar cokelat, pastikan kamu sudah mencoba 8 cokelat asli Indonesia berikut ini, ya.

(wk/zodi)

1. Cokelat Monggo


Cokelat Monggo
Instagram/chocolatemonggo

Nama cokelat yang satu ini pasti sudah sering kamu dengar, bukan? Selain gudeg atau bakpia, Cokelat Monggo juga menjadi daftar oleh-oleh wajib saat berkunjung ke Yogyakarta. Cokelat Monggo selain menggunakan pengemasan yang ramah lingkungan, juga memakai bahan alami dari komoditas lokal.

Melansir dari situs resminya, Cokelat Monggo dibuat dengan mengombinasikan tradisi cokelat Belgia dan budaya Jawa untuk menciptakan rasa yang unik. Cokelat Monggo tersedia dalam berbagai varian mulai dari bentuk tablet, batangan, biskuit, snack, maupun yang digunakan sebagai bahan untuk memasak.

2. Chocodot


Chocodot
Instagram/yudhantriyana

Beralih ke Garut , ada Chocodot yang siap memanjakan lidah dengan dodol yang dikombinasikan dengan coklat. Awalnya, chocodot hanya memiliki varian rasa cokelat dodol. Namun seiring berjalannya waktu, varian rasanya mulai berkembang. Meskipun berasal dari Garut, Chocodot bisa ditemui di berbagai kota di Indonesia.

Satu yang menarik dari produk cokelat ini adalah pengemasannya. Kata-kata yang tertulis di kemasannya bakal membuatmu senyum-senyum sendiri seperti "Cokelat Rasa Sayang", "Cokelat Obat Stres", "Cokelat Pantang Friendzone" hingga "Cokelat Cegah Alay" dengan penulisan yang khas.

3. Krakakoa


Krakakoa
Instagram/krakakoa

Tak hanya dibuat dari cokelat pilihan, Krakakoa juga dibuat dengan memberdayakan petani di Indonesia dengan memberikan pelatihan cara penanaman kakao yang baik dan benar hingga pada proses produksi. Krakakoa juga berhasil menyabet penghargaan bergengsi dalam ajang prestisius Academy of Chocolate 2017 Awards di Inggris.

Merek yang berasal dari Lampung ini menunjukan jika cokelat buatan Indonesia tak kalah dengan negara lain. Produk Krakakoa sangat bervariasi yang dibanderol mulai harga Rp40.000 hingga ratusan ribu rupiah. Untuk harga yang lebih terjangkau, kamu bisa mencoba Blinkies, Sweet & Salty seharga Rp17.500.

4. Soklat Inyong


Soklat Inyong
Instagram/cokelat_banyumas

Beralih ke Purwokerto, kamu wajib mencoba Soklat Inyong yang terbuat dari bahan cokelat pilihan. Karena dibuat dengan bahan alami menggunakan proses yang cepat, Soklat Inyong memiliki tekstur yang lembut dan aman dikonsumsi.

Kalau kamu pergi ke Banyumas jangan lupa untuk membeli cokelat produksi rumahan ini untuk oleh-oleh. Di Galeri Soklat Inyong yang berlokasi di Jl My Haryono no 140 Purwokerto, kamu tak hanya bisa mendapatkan varian lengkap produk cokelat ini tetapi juga akan diajak mengenal sejarah hingga jenis dan tata cara pengolahan coklat.

5. Soklate Jogja


Soklate Jogja
Instagram/soklatejogja

Selain cokelat Monggo, merek cokelat yang satu ini juga tak ada salahnya dijadikan sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Kota Gudeg. Produk ini cocok untuk kamu yang suka makan cokelat dan juga buah-buahan. Pasalnya, Soklate Jogja menyediakan varian rasa cokelat dengan buah-buahan seperti jeruk, mangga, dan pisang.

Pengemasan produk cokelat ini bisa dibilang unik. Untuk varian Wijilan dan Bringharjo misalnya, dikemas dalam wadah seperti besek bambu yang kental akan nilai budaya Indonesia. Harganya juga sangat terjangkau mulai belasan ribu rupiah saja.

6. Fondre


Fondre
Instagram/fondre_cokelat

Ada yang unik dari produk cokelat ini. Fondre tak hanya dibuat dari biji kakao yang sudah diolah, tetapi juga dipadukan dengan kacang edamame. Sensasi kacang edamame pada isinya membuat cokelat ini berbeda dan sebaiknya kamu juga mencobanya, ya.

Edamame sendiri merupakan kacang-kacangan seperti kedelai yang berasal dari Jepang dan memiliki rasa yang lebih kuat. Cokelat ini berasal dari Jember, Jawa Timur. Kemasan Fondre juga bagus karena mengusung konsep rasanya dengan sentuhan warna hijau edamame.

7. GuSant


GuSant
Instagram/11uchi

GuSant adalah produk cokelat asli dari daerah Blitar, Jawa Timur. GuSant adalah produk andalan dari wisata edukasi Kampung Coklat yang terletak di Desa Plosorejo. Di tempat wisata ini, kamu bisa menambah pengetahuan mengenai budi daya tanaman kakao hingga pengolahan cokelat.

Bagi kamu yang ingin mencicipi lezatnya cokelat ini namun tidak memiliki waktu luang untuk pergi ke Jawa Timur, bisa membelinya di akun resmi e-commerce Kampung Coklat. Tak hanya berupa cokelat batangan, kamu juga bisa mencoba GuSant varian cokelat unik yang berbentuk seperti biji kopi yang terbuat dari 80 persen dark chocolate.

8. Pipiltin Cocoa


Pipiltin Cocoa
Instagram/pipiltincocoa

Terakhir, ada Pipiltin Cocoa yang dibuat dari kakao asal Indonesia yang beragam mulai dari Aceh Hingga Papua Barat. Kokoa dari masing-masing tempat tersebut memiliki karakter dan juga rasa yang unik. Kamu bisa mendapatkan cokelat ini seharga antara 50 hingga 80 ribu rupiah. Pipiltin Cocoa bisa didapatkan dengan mudah melalui lapak e-commerce.

Apakah dari daftar di atas ada yang merupakan favoritmu? Selain dinikmati sebagai camilan, cokelat juga banyak digunakan untuk bahan membuat kue maupun topping. Produk yang tersedia di pasaran pun juga bermacam-macam sehingga kamu tak akan bingung untuk memilihnya sesuai selera.

Khasiat cokelat juga tak perlu diragukan. Kaya antioksidan, cokelat dipercaya sangat baik untuk kecantikan kulit. Untuk lebih jelasnya, simak manfaat cokelat di artikel ini, ya. Yuk, intip juga produk cokelat yang bisa kamu jadikan sebagai topping camilan di sini.

You can share this post!

Related Posts