Internet Kantor Lemot Bikin Bete? Ini 7 Tips yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasinya
Unsplash/Annie Spratt
Tekno

Koneksi internet yang cepat sangat mendukung pekerjaan agar bisa cepat selesai. Sebaliknya, koneksi yang tiba-tiba melambat bisa membuatmu merasa sebal, bukan?

WowKeren - Internet seakan telah menjadi kebutuhan sehari-hari yang penting. Tak hanya komunikasi, banyak aktivitas termasuk pekerjaan tertentu sangat bergantung pada jaringan internet. Maka, tak heran jika terjadi masalah pada internet maka hal ini akan menghambat pekerjaan.

Koneksi internet yang cepat sangat mendukung pekerjaan agar bisa cepat selesai. Sebaliknya, koneksi yang tiba-tiba melambat bisa membuatmu merasa sebal, bukan? Apalagi jika internet lemot tak kunjung membaik sehingga pekerjaan pun menjadi terbengkalai. Sedangkan di lain sisi deadline masih terus menunggu untuk diselesaikan tepat waktu.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan internet kantor lemot. Kamu pun bisa melakukan pertolongan pertama untuk mengatasi internet lemot agar bisa terus bekerja. Berikut beberapa cara mudah yang bisa kamu coba.

(wk/zodi)

1. Cari Tahu Penyebab Masalah


Cari Tahu Penyebab Masalah
Unsplash/Marcel Strauß

Internet lemot tidak selalu terjadi pada semua PC yang ada di kantor. Ada kalanya hanya satu atau dua PC saja yang mengalami masalah demikian, sedangkan koneksi di PC lainnya baik-baik saja. Untuk itu, kamu perlu mengidentifikasi terlebih dahulu komputer mana yang bermasalah.

Dari situ, cari tahu penyebab mengapa internet melambat, apakah ada aktivitas tak biasa sehingga membuatnya demikian. Bisa jadi aktivitas di background cukup menyita koneksi sehingga membuat semuanya melambat. Catat informasi ini sehingga kamu memiliki gambaran bagaimana cara menyelesaikannya.

2. Pecahkan Masalah Secara Bertahap


Pecahkan Masalah Secara Bertahap
Pixabay/AbsolutVision

Di sinilah pentingnya kamu untuk selalu membuat cadangan data. Terutama ketika terjadi masalah di luar dugaan yang memaksamu untuk mengeksekusi solusi, yang mana solusi tersebut berisiko menghilangkan data. Selain itu, seperti yang sudah banyak direkomendasikan oleh para ahli IT, penting untuk melacak atau mencatat perubahan yang kamu lakukan terhadap sistem komputer.

Sebab ada kalanya, perubahan tertentu turut berimbas pada sistem yang lainnya. Ini akan membantumu memikirkan solusi yang mungkin bisa menjawab masalah. Yang jelas, jangan melakukan banyak cara sekaligus selama proses ini karena bisa menyulitkanmu mengidentifikasi apa yang terjadi.

3. Cari Tahu Kemungkinan Masalah Server


Cari Tahu Kemungkinan Masalah Server
Unsplash/Nathan Dumlao

Poin ini berlaku bagi kantormu yang menggunakan server milik sendiri. Kamu mungkin perlu mengkonfigurasi ulang server sehingga karyawan mendapatkan bandwidth yang mereka butuhkan. Masalah umum yang terjadi adalah ketika perangkat dimatikan, dipindah, atau dihubungkan ke server baru.

Jika hal ini tidak dilakukan dengan benar, perangkat tersebut mungkin mencoba untuk terhubung ke server yang tidak lagi digunakan. Jika ini masalahnya, kamu perlu menemukan pedoman khusus untuk menghubungkan ke server baru dan menghapus informasi server lama.

4. Lakukan Tes Kecepatan Internet


Lakukan Tes Kecepatan Internet
Unsplash/Glenn Carstens-Peters

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah melakukan tes kecepatan internet. Lakukan langkah ini beberapa kali dalam sehari selama seminggu. Bisa jadi, provider penyedia layanan internet kamu tidak memberikan layanan sesuai yang kamu bayarkan.

Kamu bisa menghubungi mereka untuk bertanya lebih lanjut jika menemukan ketidakcocokan yang menonjol antara tarif yang kamu bayarkan dengan layanan yang kamu dapat. Jika tidak, kamu mungkin merasa perlu meningkatkan paket layanan yang lebih baik.

5. Lakukan Cek Hardware Mendasar


Lakukan Cek Hardware Mendasar
Unsplash/Jordan Harrison

Selain masalah sistem atau software, bisa jadi performa PC-mu menurun disebabkan karena persoalan hardware. Coba cek kembali untuk memastikan apakah kabel-kabelnya sudah tersambung dengan baik dan rapi. Bisa jadi, ada kabel yang secara tidak sengaja tercabut menjadi sumber masalah menurunnya performa PC.

Selain itu, perhatikan apakah di kantormu terdapat pintu atau lubang yang bisa menjadi jalan bagi hewan pengerat untuk masuk. Banyak terjadi ketika kabel-kabel di kantor rusak karena hewan pengerat ini. Jika ini memang sumber masalah jaringan internetmu, maka segera perbaiki atau ganti kabel yang rusak.

6. Cek Sinyal Wifi yang Lemah


Cek Sinyal Wifi yang Lemah
Unsplash/Stephen Phillips - Hostre

Internet lemot juga bisa disebabkan karena lemahnya sinyal WiFi. Router yang dipakai untuk koneksi internet skala rumahan tidak sama dengan yang dipakai untuk skala kantoran atau industri. Jika kamu menggunakan router yang dibuat untuk digunakan di rumah, mungkin harus menggantinya dengan router industri.

Selain itu, jika router di kantormu sudah berusia lebih dari 5 tahun ada baiknya kamu menggantinya dengan yang baru. Sebab, usia benda juga turut mempengaruhi performanya, bukan?

7. Awasi Penggunaan


Awasi Penggunaan
Unpslash/Compare Fibre

Jika masalah sudah teratasi, sebagai langkah antisipasi untuk ke depannya, kamu bisa melakukan pengawasan terhadap pemakaian internet untuk masing-masing PC. Sehingga jika kamu menemukan ada satu PC yang pemakaian bandwidth-nya melebihi normal, kamu bisa segera melakukan langkah antisipasi.

Setiap orang pasti menginginkan koneksi internet yang cepat, tak hanya untuk komputer kantor namun juga ponsel. Komunikasi melalui ponsel saat ini juga banyak dilakukan dengan bergantung pada internet, yang mana hal ini pun juga tak luput dari masalah koneksi.

Jika kamu mengalami internet lemot di ponsel, ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebabnya. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membacanya pada artikel ini. Intip juga cara mengatasinya di artikel ini.

You can share this post!

Related Posts