7 Jenis Usaha Menguntungkan yang Bisa Kamu Mulai dengan Modal 5 Juta Rupiah
Pixabay
SerbaSerbi

Tidak semua usaha harus dimulai dari modal yang besar. Hanya dengan modal Rp5 juta saja kamu sudah bisa memulai usaha sampingan seperti berikut ini contohnya.

WowKeren - Kebutuhan hidup yang terus bertambah seiring dengan dinamisnya gaya hidup terkadang tak sejalan dengan penghasilan yang diperoleh. Alhasil, mau tidak mau kita harus melakukan penghematan agar penghasilan bisa menutup kebutuhan selama satu bulan.

Kondisi seperti inilah yang menjadi salah satu alasan seseorang memulai usaha sampingan. Dengan usaha sampingan, diharapkan ada penghasilan tambahan yang mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun sayangnya, tak sedikit pula orang yang hendak memulai usaha namun urung lantaran modal yang dimiliki tak cukup.

Tak perlu khawatir, karena tidak semua usaha harus dimulai dari modal yang besar. Hanya dengan modal Rp5 juta saja kamu sudah bisa memulai usaha sampingan. Penasaran dengan usaha apa saja yang bisa kamu mulai dengan modal minim ini? Yuk, simak selengkapnya rekomendasi di bawah ini.

(wk/zodi)

1. Jual Tanaman Hias


Jual Tanaman Hias
Piqsels

Opsi bisnis pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mulai menjual tanaman hias. Sejak pandemi COVID-19 menyebar tahun lalu, tak sedikit masyarakat yang harus melakukan aktivitas di rumah demi menghindari persebaran virus. Alhasil, untuk menghindari kebosanan tak sedikit yang mulai menekuni hobi baru.

Salah satunya adalah dengan memelihara tanaman hias. Kondisi ini bisa kamu jadikan peluang untuk memperoleh keuntungan. Pelajari cara menanam dan belilah bibit tanaman dengan modal yang kamu miliki. Jika tanaman yang kamu miliki cukup langka bisa terjual dengan harga tinggi. Lebih lanjut, kamu bisa melihat rekomendasi tanaman hiasnya di sini, ya.

2. Usaha Konter Pulsa


Usaha Konter Pulsa
Pixnio

Usaha yang satu ini sepertinya juga cukup menjanjikan. Pulsa maupun kuota internet semakin banyak diperlukan di masa-masa seperti sekarang, ketika banyak pekerjaan maupun kegiatan belajar-mengajar dialihkan ke daring. Tak semua orang memiliki jaringan WiFi di rumah.

Oleh sebab itu, mereka akan membutuhkan kuota untuk beraktivitas maupun berselancar di dunia maya. Kamu bisa menyulap teras rumahmu menjadi konter pulsa dengan etalase pendukung. Jejer semua voucher kuota maupun pulsa yang kamu jual untuk menarik calon pembeli.

3. Jasa Cuci Motor


Jasa Cuci Motor
wikimedia.org/Syam Ciremai

Selain dua opsi di atas, opsi ketiga ini juga tak kalah menguntungkannya untuk dicoba. Di musim hujan seperti sekarang ini, jasa cuci motor pada umumnya banyak dicari. Sebab, saat kendaraan melintas di genangan air maka air akan terciprat sehingga menyebabkan motor kotor.

Bagi pekerja kantoran atau siapa pun yang telah bekerja seharian, pasti sudah lelah untuk mencuci motor mereka sepulang kerja. Dari sini, keberadaan jasa cuci motor akan sangat membantu. Jika kamu memiliki modal lebih, bisa menyewa lokasi strategis yang ada di pinggir jalan raya.

4. Jasa Laundry Kiloan


Jasa Laundry Kiloan
Pixabay

Kesibukan seseorang untuk bekerja maupun berkutat dengan aktivitas sehari-hari lainnya bisa membuat mereka kelelahan untuk mencuci baju kotor di akhir pekan. Alhasil, baju kotor pun menumpuk dan akan menjadi masalah jika tidak segera dicuci. Di saat-saat seperti inilah jasa laundry kiloan banyak dicari.

Kamu bisa membuka usaha laundry yang cukup menguntungkan. Dengan modal Rp5 juta, belilah dua mesin cuci dan sisanya untuk kelengkapan lainnya. Usaha ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki halaman rumah luas atau atap kosong sebagai lokasi menjemur pakaian.

5. Usaha Kue Kering


Usaha Kue Kering
Pixabay

Nah, kalau kamu pandai membuat kue dan suka bereksperimen dengan resep baru, membuka usaha kue kering bisa kamu coba. Sebagai langkah awalnya, kamu bisa menjajakan jajanan yang kamu buat ke tetangga sekitar. Beri mereka nomor kontak atau minta mereka untuk datang langsung ketika ingin memesan jajanan untuk acara tertentu.

Banyak resep di internet yang bisa kamu jadikan referensi. Jika kamu bisa menjual kue kering dengan rasa yang memuaskan, dijamin tetangga maupun saudaramu tidak akan kapok memesannya lagi. Bisa jadi pelangganmu justru akan bertambah banyak berkat pemasaran dari mulut ke mulut.

6. Kedai Jus Buah Segar


Kedai Jus Buah Segar
Piqsels

Bagi kamu yang tak ingin ribet, bisa bisa membuat kedai jus buah segar dengan modal Rp5 juta. Beli etalase untuk meletakkan buah segar guna menarik calon pembeli. Semakin banyak opsi buah yang kamu sediakan maka akan semakin suka pelanggan karena pilihan yang beragam.

Akan lebih baik jika kamu menyediakan layanan pesan antar untuk jus buahmu ke tempat-tempat terdekat. Jus buah selain lezat juga menyehatkan sehingga tak heran jika minuman yang satu ini banyak peminatnya.

7. Usaha Katering


Usaha Katering
Pixabay

Selain bisnis kue kering, kamu juga bisa membuka jasa katering skala rumahan dengan modal Rp5 juta. Bisnis ini sangat cocok untuk kamu yang hobi memasak. Kamu bisa membuat hobimu menghasilkan uang. Informasikan kepada tetangga terdekat dan teman-teman jika kamu membuka usaha katering yang siap melayani.

Siapa bilang memulai usaha harus dengan modal ratusan juta? Opsi di atas bisa kamu jadikan referensi untuk memulai bisnis kecil skala rumahan. Jika kamu merasa kurang dengan modal yang kamu miliki, masih ada sumber lainnya yang bisa kamu jadikan sebagai tambahan.

Untuk lebih jelasnya, bisa kamu simak artikel ini. Menjadi seorang pengusaha memang gampang-gampang susah. Ada beberapa sifat yang harus kamu miliki untuk mendukung jiwa wirausahamu. Seperti yang bisa kamu simak pada artikel ini.

You can share this post!

Related Posts