Hanung Bramantyo Dan Pelaku Industri Film Soroti Surat Terbuka Untuk Presiden, Begini Isinya
Instagram/hanungbramantyo
Film

Dunia perfilman Indonesia ikut terkena imbas dari pandemi Covid-19 lantaran banyak bioskop yang tutup. Insan Film Indonesia kemudian menyurati Presiden Jokowi kemudian menyorotinya lewat akun Instagram masing-masing.

WowKeren - Platform film online kini sedang menjamur selama pandemi Covid-19. Banyak orang yang kemudian beralih menggunakan platform tersebut ketimbang harus pergi bioskop karena risiko penyebaran Covid-19 lebih besar. Hal tersebut pun sesuai dengan aturan yang dikeluarkan pemerintah agar tetap di rumah saja dan menghindari kerumunan.

Kendati demikian, tetap saja industri perfilman Indonesia ikut terombang-ambing dengan adanya aturan penutupan sejumlah tempat umum termasuk bioskop. Pada Juli 2020, industri film Tanah Air dikabarkan mengalami kerugian hingga Rp 481 miliar per bulan. Sementara platform film online hanya menyokong beberapa persen saja.

Alasan tersebut kemudian yang menjadikan Insan Film Indonesia mengirim surat untuk Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Surat tersebut dikirim pada Jumat (5/3) kemarin.

Surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo ini kemudian banyak diunggah oleh deretan selebriti Tanah Air. Hanung Bramantyo, Prilly Latuconsina, Lukman Sardi, Manoj Punjabi, Arbani Yasiz dan masih banyak lagi mengunggah tangkapan layar isi surat terbuka tersebut. Mereka kompak menggunakan hastag #FilmIndonesiaFilmKita dalam unggahannya tersebut.


Hanung sendiri sebagai seorang sutradara hanya memiliki keinginan yang sederhana. Suami Zaskia Adya Mecca ini hanya ingin terus berkarya dan menginspirasi banyak orang melalui film garapannya. Ia juga ingin merekam lebih banyak peristiwa bangsa kemudian memperkenalkannya ke seluruh dunia.

"SURAT UNTUK PRESIDEN," tulis Hanung dalam unggahannya hari Jumat (5/3) kemarin. "Film Indonesia milik kita semua, menjadi sahabat di banyak waktu, merekam banyak peristiwa bangsa. Kami ingin kembali bisa berkarya dan menginspirasi. Kami memohon dukungan Bapak Presiden @jokowi. Dan seluruh rakyat Indonesia. #FilmIndonesiaFilmKita."

Dalam surat tersebut tertulis bahwa produksi film mengalami berbagai hambatan, mulai dari pra hingga pasca produksi. Mereka juga menyebut bahwa keberhasilan industri perfilman dalam sebuah negara dapat ikut mendorong masuknya investasi. Sebab, film bukan saja hanya sekedar karya melainkan juga identitas budaya suatu bangsa sehingga bisa menjadi media promosi Indonesia ke kancah dunia.

Lewat surat terbuka itu, Insan Film Indonesia juga mengaku siap bertahan hingga masa pandemi Covid-19 usai. Namun, tentu saja kerugian yang terus menganga akan membuat mereka semakin kesulitan. Mereka berniat meminta dukungan penuh dari pemerintah.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait