Walkot Solo Gibran Rakabuming Siap-Siap Buka Bioskop di Masa Pandemi
Instagram/pemkotsurakarta
Nasional

Gibran Rakabuming menilai kondisi pandemi virus corona (COVID-19) di Solo kini sudah terkendali. Selain itu, vaksinasi virus corona saat ini juga tengah dikebut di Solo.

WowKeren - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming bersiap-siap membuka kembali bioskop hingga wayang orang yang sempat tutup akibat pandemi virus corona (COVID-19). Hal ini disampaikan Gibran usai memimpin rapat koordinasi (rakor) penanganan COVID-19 di kompleks Balai Kota Solo.

"Kita usahakan agar bioskop bisa dibuka. Tapi dengan pembekalan dari Gugus Tugas COVID-19," terang Gibran pada Senin (8/3). "Termasuk pula wayang orang, ketoprak."

Gibran menilai kondisi pandemi corona di Solo kini sudah terkendali. Selain itu, vaksinasi virus corona saat ini juga tengah dikebut. Nantinya, kebijakan tersebut akan dirilis melalui Surat Edaran (SE) yang segera diterbitkan.

"Yang jelas sudah under control, tapi protokol kesehatan tetap diperketat," jelas putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut. "Vaksinasi kita sudah jalan."

Lebih lanjut, Gibran mengklaim bahwa Solo sudah tidak masuk dalam wilayah berstatus zona merah COVID-19. Meski demikian, Kota Solo sendiri masih masuk dalam 10 besar wilayah dengan kasus COVID-19 tertinggi di Jawa Tengah. "Enggak ada, di Solo tidak ada zona merah dan oranye," tegas Gibran.


Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Solo, Ahyani, menyebutkan bahwa sebelum bioskop benar-benar dibuka akan ada proses persiapan terlebih dahulu. Pihak pengelola juga harus mengajukan izin dan mengikuti pengarahan.

"Tapi persiapan dulu. Pengelola menyiapkan agar ruang studio harus di wrap, jaraknya 1-0," papar Ahyani. "Nanti disurvei dulu prokesnya. Jadi setelah selesai semprot."

Tak hanya bioskop, tempat hiburan lain seperti karaoke juga sudah diperbolehkan beroperasi dengan protokol kesehatan ketat. Namun acara yang berpotensi menimbulkan kerumunan masih belum diizinkan.

"Karaoke sudah bisa. Pentas musik dan event belum," ungkap Ahyani. "Hajatan belum boleh dine in, ada kursi 20 persen tapi buat istirahat saja, bukan untuk makan."

Sebagai informasi, Gibran dan Teguh Prakosa resmi dilantik menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo pada 26 Februari 2021 lalu. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melantik Gibran-Teguh secara virtual karena situasi pandemi corona.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait