Masih Berat Move On dari yang Lama? Ini 8 Alasan Kamu Harus Upgrade ke Windows 10
pixabay.com
Tekno

Windows 10 hadir dengan teknologi keamanan yang lebih baik dengan mengusung fitur Secure Boot dari Windows 8. Windows 10 juga memiliki fitur keamanan lain termasuk Device Guard.

WowKeren - Microsoft terus mengembangkan produk mereka untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para penggunanya. Tak heran jika seiring berjalannya waktu, lahirlah versi windows yang lebih baru. Terakhir, adalah windows 10 yang telah dirilis sejak pertengahan tahun 2015 lalu.

Pengguna pun bisa meng-upgrade windows mereka dari versi lama ke yang lebih baru. Namun rupanya, hingga kini masih ada yang tetap setia menggunakan windows versi sebelumnya. Alasannya beragam. Misalnya Windows 7, dinilai lebih ringan daripada windows 10.

Begitu pula dengan proses latar belakang, Windows 7 dianggap memiliki proses background yang lebih minim sehingga tidak terlalu memberati prosesor. Namun, ada sejumlah keuntungan jika kamu memilih untuk meng-upgrade Windows-mu. Berikut beberapa di antaranya.

(wk/zodi)

1. Cortana yang Serba Bisa


Cortana yang Serba Bisa
wikipedia

Bagi kamu yang pernah menggunakan smart speaker atau Siri, pasti sudah tahu betapa nyamannya untuk bisa berinteraksi dengan teknologi. Cortana siap menjadi asistenmu setiap saat, mulai dari memainkan musik, membuat catatan, maupun mematikan PC-mu. Namun lebih dari itu.

Cortana tak hanya sebatas mengenai perintah suara, buku catatannya bisa melacak minatmu, memunculkan info seperti skor tim olahraga favoritmu, bagaimana kondisi cuaca lokal, dan bahkan kondisi lalu lintas untuk perjalanan pulang. Cortana bahkan dapat mengontrol perangkat rumah pintar yang sudah terintegrasi.

2. Toko Aplikasi untuk Mendukung Pengerjaan Tugas


Toko Aplikasi untuk Mendukung Pengerjaan Tugas
pixabay.com

Kelebihan Windows 10 dibanding Windows 7 adalah adanya toko aplikasi. Windows 10 memungkinkanmu untuk lebih mudah menemukan perangkat lunak yang diperlukan untuk mendukung pengerjaan tugas. Windows Store tak hanya untuk aplikasi namun kamu juga bisa mendapatkan film dan acara TV untuk disewa atau dibeli secara digital.

Tak hanya itu, windows 10 juga hadir dengan produktivitas dan aplikasi media yang lebih apik dan kuat. Misalnya seperti foto, video, musik, peta, mail, dan kalender baru. Aplikasi-aplikasi ini akan diperbarui secara berkala dengan kemampuan baru.

3. Memungkinkan Layar Sentuh


Memungkinkan Layar Sentuh
pexels.com/Pixabay

Meski masih belum sangat populer diaplikasikan ke PC atau komputer, namun sepertinya hanya tinggal menunggu waktu bagi teknologi layar sentuh untuk ramai-ramai dipakai oleh orang-orang. Seperti ponsel layar sentuh, yang pada awal keluarannya hanya beberapa yang mengusung teknologi ini.

Namun seiring berjalannya waktu, hampir semua ponsel yang ada saat ini menggunakan layar sentuh. Di Windows 10, kamu bisa dengan mudah mengaktifkan dan menonaktifkan layar sentuh melalui menu Device Manager. Dengan layar sentuh, kamu mungkin tidak perlu menggeser mouse atau kombinasi keyboard untuk memberi perintah.

4. Microsoft Edge yang Lebih Cepat


Microsoft Edge yang Lebih Cepat
microsoft.com

Microsoft Edge memodernisasi browser default OS, yang artinya kompatibilitas dan kecepatan yang dimilikinya meningkat, serta kemampuan baru yang bermanfaat seperti markup halaman web. Microsoft Edge disebut-sebut menjadi browser pertama yang memungkinkan penggunanya untuk menambahkan catatan ke halaman web.

Fitur ini sangat membantu jika kamu tiba-tiba teringat sesuatu saat mengunjungi halaman web dan ingin mencatatnya. Fitur ini akan bekerja lebih baik jika kamu mengaktifkan layar sentuh.

5. Sistem Keamanan yang Lebih Baik


Sistem Keamanan yang Lebih Baik
pexels.com/Markus Spiske

Windows 10 mewarisi fitur Secure Boot dari Windows 8 yang membuatnya lebih aman. Dengan adanya fitur ini, maka kode apa pun yang berjalan ketika OS berjalan haruslah yang sudah diakui oleh Microsoft atau pembuat perangkat lunak.

Pada PC atau laptop yang sudah menggunakan Windows 10, hal ini dapat diatur sehingga fitur itu tidak dapat ditembus. Tak cukup sampai di situ, Windows 10 juga memiliki fitur keamanan lain seperti Device Guard, Microsoft Passport, dan Windows Hello. Microsoft juga telah menambahkan perlindungan ransomware.

6. Sudah Terintegrasi dengan Xbox


Sudah Terintegrasi dengan Xbox
pexels.com/Oleg Magni

Poin ini bisa menjadi kabar gembira bagi para gamers. Kamu akan menyukai integrasi dengan Xbox yang hadir di Windows 10. Melalui aplikasi Xbox, kamu bisa melacak teman dan sejauh mana level mereka. Tak cukup sampai di situ, kamu juga dapat melakukan streaming game dari konsol ke PC.

Masih kurang? Kamu bakal dimanjakan dengan fitur di mana kamu bisa bermain bersama pemain lain yang bermain melalui Xbox. Melalui windows Store kamu bisa mencari dan membeli game yang juga bisa dipakai di Xbox.

7. Ada Game Bar untuk Merekam Permainan


Ada Game Bar untuk Merekam Permainan
pexels.com/Alexander Kovalev

Masih untuk para gamers, di Windows 10 kalian bisa memanfaatkan Game Bar yang bisa dibuka menggunakan kombinasi perintah Windows + Tombol G. Saat bermain dan kamu mengalami momen langka ketika pemain lainnya mati-matian untuk mencapainya, tentu kamu ingin mengabadikannya, bukan?

Game Bar memungkinkanmu melakukannya. Fitur ini memungkinkanmu mengambil tangkapan layar, merekam video saat bermain, mengontrol sumber audio, dan menyiarkan sesi permainan yang sedang kamu lakukan. Cukup mengasyikkan, bukan?

8. Mengetik dengan Suara


Mengetik dengan Suara
pexels.com/Burst

Pernahkah kamu mengalami ketika sebuah ide cemerlang terbelesit dalam pikiran, namun kecepatan otakmu jauh lebih cepat mengembangkan ide itu dibanding bagaimana kamu menuangkannya dalam kata-kata? Kabar gembira untukmu, karena kamu bisa mengetik hanya dengan suara di Windows 10. Aktifkan melalui Windows + Tombol H dan PC-mu akan mengetikkan semua kata yang kamu ucapkan.

Itulah tadi alasan-alasan kenapa kamu harus segera meng-upgrade Windows-mu ke Windows 10. Meski demikian, keputusan akhir tetap berada di tanganmu. Jika kamu merasa cukup berat untuk naik ke Windows 10 lantaran kondisi PC yang tidak memungkinkan, apa boleh buat.

Kamu bisa meng-upgrade laptop atau PC terlebih dahulu agar Windows 10 bisa berjalan lancar tanpa hambatan. Simak juga artikel ini untuk mengetahui cara menjaga performa laptop agar tetap prima. Intip juga tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi internet kantor yang lemot di sini, ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru