Sehat dan Menyenangkan, Ini 7 Kegiatan Sederhana untuk Alternatif Latihan Fisik
Pixnio
Health

Berolahraga tetap bisa kamu lakukan walau tanpa harus melibatkan latihan fisik yang berat. Bahkan aktivitas ini tak kalah menyenangkan untuk dilakukan.

WowKeren - Latihan fisik memang menjadi salah satu upaya yang paling banyak dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Latihan fisik juga ada banyak macamnya mulai dari yang ringan hingga berat. Dengan melakukan aktivitas fisik, otot tubuh menjadi lebih rileks karena aktif bergerak.

Namun ada kalanya, bagi sebagian orang, latihan fisik bisa menjadi hal yang cukup berat untuk dilakukan. Selain itu, rasa malas juga terkadang menjadi alasan mengapa orang memilih untuk rebahan atau melakukan hal lainnya yang menurutnya menyenangkan dibanding work out.

Apakah kamu salah satunya? Ada kabar gembira untukmu, karena berolahraga tetap bisa kamu lakukan walau tanpa harus latihan fisik yang berat. Bahkan aktivitas ini tak kalah menyenangkan. Penasaran seperti apa? Berikut tim WowKeren rangkum beberapa di antaranya.

(wk/zodi)

1. Belajar Seni Bela Diri


Belajar Seni Bela Diri
pixy.org

Belajar seni bela diri tak hanya menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bagi para penggemarnya, namun juga menyehatkan. Dengan melakukan gerakan-gerakan yang diajarkan oleh sang instruktur kamu akan membuat tubuhmu terus bergerak dan otot rileks.

Belajar ilmu bela diri selain bisa membentuk tubuhmu, juga mendatangkan benefit lain sebagai tameng perlindungan diri. Selain itu, aktivitas bela diri yang mengharuskanmu untuk tetap fokus dengan lawan akan membuat otakmu lebih fokus dibanding dengan olahraga lari. Beberapa seni bela diri yang bisa kamu jadikan opsi adalah judo, karate, maupun taekwondo.

2. Mencuci Mobil


Mencuci Mobil
Pixabay

Hari Minggu adalah hari yang cerah untuk mencuci mobil setelah dipakai selama seminggu penuh. Terlebih lagi di musim hujan ketika jalanan banyak lumpur dan mobilmu harus terkena cipratan yang bisa membuat tampilannya jorok.

Selain bisa membuat mobilmu kembali bersih, aktivitas yang satu ini rupanya juga bisa menjadi alternatif bagi kamu yang kurang suka work out. Dengan menggosok seluruh permukaan mobil, menyemprot dengan slang air, hingga menyedot debu menggunakan vacuum cleaner di seluruh sudut mobil maka secara tidak langsung kamu telah membuat ototmu bergerak.

3. Menari


Menari
Pixabay

Menari tentu akan membuat tubuhmu bergerak ke segala arah. Ada banyak jenis tarian yang bisa kamu coba dan kamu tidak akan sulit menemukan tutorialnya di kanal YouTube, mulai dari yang ringan untuk pemula hingga yang kompleks. Aktivitas ini akan jauh lebih menyenangkan jika kamu lakukan bersama saudara atau keluarga.

Kamu akan merasakan jika menari lebih banyak mendatangkan manfaat yang menyehatkan dibanding hanya rebahan menonton TV. Selain bisa melemaskan otot dan juga menyehatkan jantung serta paru-paru, menari juga bisa membautmu lebih bersemangat.

4. Berkebun


Berkebun
Pixabay

Mungkin aktivitas yang satu ini tidak disangka-sangka bisa menjadi alternatif olahraga. Selama berkebun kamu juga melakukan aktivitas menggali, membengkokkan sesuatu semacam ranting dan sebagainya, atau menjepit tanaman yang membuatmu harus memutar tubuh ke kanan dan ke kiri.

Yang mana secara tidak langsung kamu telah melakukan aktivitas fisik, jika melakukannya dalam waktu selama 35 menit. Tak hanya itu, berkebun dengan teman atau saudara bisa membuat suasana hatimu menjadi lebih baik. Selain aktivitas berkebun, intip juga rekomendasi bunga kosmos yang bagus untuk menghias pekaranganmu di sini, ya.

5. Menggelar Meeting Offline


Menggelar Meeting Offline
Pixabay

Ketika kamu memiliki gagasan tertentu dan ingin menyampaikannya dengan rekan kerja, sesekali ajaklah mereka bertemu secara langsung. Cara ini bisa mendapatkan keuntungan ganda, yakni memungkinkanmu untuk berinteraksi secara langsung dengan sesama dan membuatmu sehat.

Disebut membuatmu sehat karena dengan merencanakan meeting di tempat tertentu, mau tidak mau akan membuatmu berjalan, naik angkutan umum, dan mungkin berlari kecil. Selain itu, meeting secara langsung bisa jadi akan membuatmu lebih kreatif sehingga akan menghasilkan ide yang lebih efektif.

6. Jalan-Jalan


 Jalan-Jalan
Pixabay

Jika kamu lebih suka pergi ke suatu tempat dengan berjalan kaki santai, maka kabar gembira untukmu. Pasalnya, aktivitas ini juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk membuat otot tubuh rileks. Akan jauh lebih baik jika rute yang kamu ambil adalah jalanan yang banyak memiliki pemandangan hijau di kanan-kirinya. Selain menyehatkan, berjalan juga bisa menyegarkan mata dan memperbaiki suasana hati.

7. Main Game Virtual


Main Game Virtual
Pixabay

Bermain game adalah salah satu cara untuk melepas penat setelah seharian bekerja. Namun, siapa sangka jika aktivitas menyenangkan yang satu ini bisa menyehatkan tubuh? Bermain game virtual reality seperti menari, tenis, tinju, maupun permainan genre sport lainnya bisa membuatmu tetap bergerak dan melemaskan otot tubuh.

Bagaimana, ada banyak cara untuk tetap bisa sehat, bukan? Tetap terus bergerak memang sangat penting agar otot tubuh tidak kaku. Tak melulu harus berolahraga berat, aktivitas menyenangkan pun bisa menjadi solusi.

Selain tips-tips di atas, simak juga artikel ini untuk mengetahui olahraga sederhana yang bisa dilakukan di kantor. Olahraga terkadang juga bisa membuat tubuh terasa lelah. Jika kamu mengalaminya, bisa membaca artikel ini untuk memulihkannya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait