Jangan Biarkan Otot Kaku, Ini 7 Ide Olahraga Sederhana Saat Berada di Kantor
Getty Images
Health

Tak ada salahnya menyisihkan waktu sebentar untuk melakukan olahraga ringan di kantor. Olahraga ini tak harus dilakukan di luar ruangan tetapi cukup dilakukan dari tempat duduk.

WowKeren - Bagi pelajar atau pekerja kantoran, aktivitas mereka mengharuskan untuk duduk berlama-lama di depan layar komputer selama berjam-jam. Kondisi ini tentu membuat otot tubuh kaku dan tidak nyaman.

Jika aktivitas tersebut tidak dibarengi dengan olahraga maka akan membuat tubuh mudah lelah. Namun sayangnya, kesibukan sehari-hari terkadang tidak memungkinkan kita untuk melakukan olahraga secara teratur. Padahal di lain sisi tubuh sangat butuh peregangan untuk otot-otonya.

Untuk itu, tak ada salahnya kamu menyisihkan sebentar waktu saat berada di kantor untuk melakukan olahraga ringan. Olahraga ini tak harus dilakukan di luar ruangan tetapi bisa dilakukan dari tempat dudukmu. Tertarik mencobanya? Berikut gerakan-gerakan sederhana yang bisa kamu lakukan.

(wk/zodi)

1. Peregangan Otot Leher


Peregangan Otot Leher

Memandangi layar komputer atau laptop selama berjam-jam membuat otot di sekitar leher menjadi kaku. Alhasil kerja pun menjadi tidak nyaman karena kamu akan merasa mudah lelah. Tak perlu khawatir, ada cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk melemaskan otot leher.

Dalam posisi duduk, cobalah menurunkan dagu dengan cara menundukkan kepala. Lalu putar kepala perlahan dan di waktu yang sama, putar bahu ke dua arah dan regangkan tangan dengan berpegang pada kursi (posisi tetap menghadap ke depan). Segera hentikan jika mulai terasa sakit.

2. Relaksasi Pergelangan Tangan


Relaksasi Pergelangan Tangan
YouTube/Caroline Jordan

Tak hanya otot leher, otot di sekitar pergelangan tangan bisa menjadi kaku jika terlalu lama dipakai untuk mengetik. Sehingga bagian tubuh yang satu ini juga perlu dilemaskan.

Caranya, angkat telapak tangan lalu regangkan lengan. Tutup kedua telapak tangan satu sama lain dan buat keduanya saling mendorong. Lakukan secara perlahan ke kanan dan ke kiri. Cara ini efektif untuk menghilangkan otot tegang di sekitarnya.

3. Lari di Tempat


Lari di Tempat
https://www.snacknation.com/

Pertama-tama berdirilah di depan meja dan angkat lutut setinggi mungkin. Latihan ini pada dasarnya mirip seperti lari di tempat tetapi lebih memfokuskan kepada bagaimana mengangkat lutut setinggi mungkin.

Sambil melakukan gerakan lari di tempat, sejajarkan telapak tangan setinggi perut dan menghadapkannya ke bawah. Angkat lutut setinggi mungkin untuk bisa menyentuh telapak tangan ini.

4. Chair Dip


Chair Dip
https://www.insider.com//Zoe Ettinger

Untuk olahraga yang satu ini, pastikan kursi yang kamu pakai bukan kursi beroda yang bisa bergerak, ya. Duduklah di bagian paling ujung kursi dalam kondisi kaki merentang. Posisi tangan berada di kedua sisi pinggul dengan jari-jari memegang pinggiran kursi.

Pegang tepi kursi dengan kedua tangan, dan gunakan tubuh bagian tengah dan lengan untuk mengangkat tubuh dari kursi lalu turun sehingga bagian belakang turun ke lantai. Dorong kembali dan ulangi sebanyak 10-15 kali.

5. Chest Opener


Chest Opener
Instagram/misslululam

Nyeri bahu sangat mengganggu saat harus duduk berjam-jam di depan layar komputer. Olahraga yang satu ini bisa mengurangi rasa pegal sehingga kamu bisa terus bekerja lebih fokus tanpa rasa sakit.

Dalam posisi duduk, letakkan kedua tangan di belakang bagian bawah leher, tekuk siku secara perlahan sambil menundukkan badan ke arah depan. Kemudian, buka dada dan lengan sambil mengangkat kepala tinggi-tinggi dan meremas bahu. Ulangi beberapa kali hingga otot terasa rileks.

6. Push Up Meja


Push Up Meja
News Group Newspapers Ltd

Olahraga yang satu ini cocok untuk melatih otot tubuh bagian atas. Dalam posisi berdiri, letakkan telapak tangan di tepi meja (sekitar selebar bahu), dan jauhkan kaki dari meja sampai tubuh condong ke depan.

Kemudian, perlahan turunkan dada ke arah meja sambil menarik napas, lalu dorong tubuh kembali (seperti yang kamu lakukan selama push-up biasa). Ulangi sebanyak yang kamu bisa.

7. Ganti Kursi dengan Bola Yoga


Ganti Kursi dengan Bola Yoga
Getty Images/Darren Robb

Bukan olahraga, untuk yang satu kamu hanya memerlukan tempat duduk alternatif. Alih-alih kursi dengan alas keras, kamu perlu menggantinya dengan bangku ergonomis atau bola yoga.

Pastikan ukuran bola sesuai dengan tubuhmu sehingga lutut tidak berada di atas pinggul. Pastikan juga posisi tulang punggung lurus saat duduk di atas bola. Tempat duduk ini bisa membantumu mengurangi rasa sakit pada punggung akibat duduk terlalu lama di kursi.

Pada dasarnya aktivitas olah raga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama terkait fungsinya untuk melemaskan otot tubuh. Olahraga terkadang juga bisa membuat tubuh lelah. Jika kamu mengalaminya, bisa membaca artikel ini untuk memulihkannya. Ada baiknya juga kamu memperhatikan hal-hal yang tidak boleh dilakukan sehabis olahraga, seperti yang dijelaskan di sini.

You can share this post!

Related Posts