Ada Ka'bah Hingga Notre Dame, Ini 7 Destinasi Religi Populer Dunia untuk Dikunjungi Usai Pandemi
Pixabay
Travel

Di dunia ada beberapa destinasi religi yang sangat populer. Tak hanya bagi umat Islam maupun Kristen, namun juga umat Hindu dan Buddha, mulai dari Ka'bah hingga Kuil Senso-ji.

WowKeren - Berbicara mengenai destinasi wisata di dunia tentu ada banyak tempat yang bisa dikunjungi. Objek wisata ini memiliki daya tarik yang kuat hingga mampu menarik wisatawan dari luar negeri untuk datang jauh-jauh untuk berkunjung. Banyak bentang alam memukau di dunia yang sayang jika dilewatkan.

Kondisi geografis yang berbeda-beda membuat bentang alam yang dimiliki masing-masing negara tidaklah sama. Inilah yang menjadi latar belakangnya. Namun selain bentang alam, budaya yang ada pada masing-masing negara rupanya juga menjadi magnet bagi wisatawan, termasuk situs religi.

Di dunia ada beberapa destinasi religi yang sangat populer. Tak hanya bagi umat Islam maupun Kristen, namun juga umat Hindu dan Buddha. Berikut tim WowKeren rangkum destinasi religi dunia yang bisa kamu kunjungi saat pandemi sudah berakhir.

(wk/zodi)

1. Ka'bah di Mekah, Arab Saudi


Ka'bah di Mekah, Arab Saudi
Pxhere

Destinasi yang satu ini pasti tak asing lagi di telinga kita. Ka'bah yang terletak di Mekah, Arab Saudi, telah menjadi kiblat bagi umat muslim di seluruh dunia. Ka'bah selalu ramai dikunjungi para peziarah dari seluruh penjuru dunia, meskipun beberapa waktu lalu pemerintah setempat sempat membatasi kedatangan turis sebagai upaya mencegah penularan COVID-19.

Terletak 210 mil dari Madinah, Mekah yang merupakan kota tersuci bagi umat Islam dikunjungi 13 juta orang setiap tahunnya. Alasan yang membuat kota ini amat sakral bagi umat muslim adalah karena merupakan tempat kelahiran Nabi Muhammad serta tempat pertama diturunkannya wahyu AL-Quran yang merupakan kitab suci umat Islam.

2. Vatikan di Roma, Italia


Vatikan di Roma, Italia
commons.wikimedia.org/Didier Moise

Jika umat muslim punya Mekah sebagai kota suci mereka, ada Vatikan di Italia yang merupakan tempat ziarah bagi umat Katolik. Terletak di jantung kota Roma, Vatikan dikunjungi oleh hampir 4,2 juta orang setiap tahunnya. Keindahan maupun sejarah yang dimiliki kota ini menjadi daya tarik bagi wisatawan dan juga penggemar arsitektur.

Kota Vatikan adalah rumah bagi paus dan dianggap sebagai pusat spiritual Gereja Katolik. Vatikan yang merupakan kota independen, memiliki Basilika Santo Petrus yang dianggap sebagai kuil Katolik tersuci. Basilika ini dirancang oleh arsitek kondang termasuk Michelangelo dan Bernini.

3. Katedral Notre Dame di Paris, Prancis


Katedral Notre Dame di Paris, Prancis
commons.wikimedia.org/sacratomato_hr

Di Eropa, magnet yang menjadi destinasi wisata religi lainnya adalah Katedral Notre Dame yang terletak di Paris. Sama seperti Vatikan, Katedral Notre Dame juga merupakan situs ziarah bagi umat Katolik. Dalam setahun, jumlah pengunjung situs ini diperkirakan mencapai 13,7 juta jiwa.

Ini membuat Notre Dame menjadi obyek wisata yang paling banyak dikunjungi di Prancis. Katedral ini dianggap sebagai salah satu wujud terbaik arsitektur Gotik Prancis, yang menggabungkan patung naturalistik dan kaca patri bercahaya dengan arsitektur Romawi kuno.

4. Tembok Ratapan di Yerusalem, Israel


Tembok Ratapan di Yerusalem, Israel
Pixabay

Polisi Israel memperkirakan bahwa lebih dari 11 juta orang mengunjungi Kota Tua Yerusalem dan Tembok Ratapan (Tembok Barat) pada tahun 2016. Jumlah ini jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan pengunjung pada tahun 2003 silam, yang hanya berjumlah sekitar 3 juta orang.

Sebagian besar pengunjung situs ini adalah orang Yahudi, di mana beberapa di antara mereka melakukan lebih dari satu perjalanan dalam setahun. Tembok tersebut juga merupakan situs suci bagi umat Islam, sehingga penguasaan tembok telah lama menjadi subjek perselisihan antara kedua kelompok tersebut.

5. Kuil Senso-Ji di Tokyo, Jepang


Kuil Senso-Ji di Tokyo, Jepang
Pixabay

Jepang adalah salah satu destinasi yang paling populer di Asia Timur. Negeri Sakura ini menawarkan keindahan alam yang sangat menakjubkan di setiap musimnya. Selain itu, budaya anime juga menjadi magnet bagi wisatawan mancanegara dari berbagai usia. Namun selain itu, Jepang juga memiliki destinasi wisata yang populer untuk para peziarah.

Adalah Kuil Senso-ji, yang dikunjungi sekitar 30 juta orang setiap tahunnya. Kuil ini merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat pergi ke Tokyo, ibu kota Jepang. Senso-ji dibangun pada tahun 628 M dan merupakan kuil tertua di kota. Kuil Senso-ji adalah tempat populer dikunjungi selama perayaan Tahun Baru.

6. Kuil Kashi Viswanath, India


Kuil Kashi Viswanath, India
commons.wikimedia.org/Rosehub

Kuil Kashi Vishwanath di India terletak di tepi barat sungai Gangga. Kuil ini adalah salah satu kuil yang populer di kalangan umat Hindu. Kuil Kashi Vishwanath menjadi magnet bagi 22 juta pengunjung setiap tahunnya. Rata-rata 3.000 orang berkunjung ke sini setiap hari.

Pada hari-hari sibuk, hampir 10.000 orang lalu lalang di sini. Konstruksi kuil ini dibangun pada tahun 1780 silam. Untuk berkunjung ke situs ini tidaklah sulit sebab ada banyak hotel yang menawarkan fasilitas penginapan di sekitarnya.

7. Basilika Guadalupe, Meksiko


Basilika Guadalupe, Meksiko
commons.wikimedia.org/GAED

Beralih ke Benua Amerika, ada Basilika Guadalupe yang merupakan tempat berziarah di Meksiko. Sekitar 20 juta orang mengunjungi situs religi ini setiap tahun. Basilika ini dibangun di lokasi yang dipercayai umat Katolik, sebagai tempat di mana Bunda Maria menampakkan diri kepada seorang petani Aztec bernama Juan Diego pada Desember 1531.

Selain di negara-negara dunia, sebenarnya di Indonesia sendiri ada banyak wisata religi yang bisa kamu kunjungi. Banyaknya wisata religi menunjukkan keanekaragaman bangsa Indonesia. Untuk mana saja destinasinya, bisa kamu cek pada artikel ini. Selain itu bagi kamu yang berkunjung ke Surabaya, ada 8 wisata religi yang super keren dan menyejukkan, seperti situs-situs ini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru