Jadi Juri 'INTM', Reaksi Deddy Corbuzier-Luna Maya Soal Model Penderita Eating Disorder Bikin Heboh
Instagram/lunamaya
TV

Deddy Corbuzier dan Luna Maya memberikan komentar mengejutkan ketika seorang konstestan 'Indonesia Next Top Model', Danella Ilene Kurniawan, curhat tentang masa lalu depresi dan eating disorder hingga akhirnya menuai reaksi kecewa netizen.

WowKeren - Deddy Corbuzier dan Luna Maya jadi sorotan terkait tugas mereka sebagai juri "Indonesia Next Top Model". Dalam acara tersebut, Deddy dan Luna kerap memberikan nasihat positif untuk para kontestan.

Namun baru-baru ini, sikap Deddy dan Luna malah menuai sorotan publik. Banyak yang kaget dan kecewa saat Deddy dan Luna justru memperlihatkan reaksi tak terduga ketika mendengar kisah kontestan cantik bernama Danella Ilene Kurniawan.

"Dulu udah pernah depresi, tapi udah lewatin itu dan aku sekarang udah tahu siapa diri aku, jadi lebih menghargai itu sekarang," seru Ilene. "Depresi? Bentar, bentar, bentar. Saya penasaran, deh, dengan teman-teman di sini, apalagi kamu, Ilene. Kamu, tuh, cantik. Kamu, tuh, model, tinggi. Terus, seksi, iya. Pinter, iya. Kalau kamu depresi, kamu itu nyakitin tukang martabak yang jualan depan rumah," ujar Deddy.

Di video lainnya, Ilene yang masuk TOP 5 "INTM" itu juga cerita soal dirinya mengalami eating disorder akibat depresi. Ia mendapatkan informasi itu setelah konsultasi dengan psikolog.

"Pertama aku gak paham kalau itu penyakit mental (eating disorder)," kata Ilene yang terlihat cantik mengenakan dress merah itu. "Jadi kamu muntahin (makanan)?" tanya Luna. "Nggak, jadi kayak ada dua (gejala). Yang pertama pengen makan terus, yang kedua kayak nggak mau makan apa-apa. Tapi gak sampai muntahin sesuatu," seru Ilene.


Namun Ilene belum selesai bicara sudah langsung disela oleh Luna. "Saya suka banget makan, jadi saya eating disorder kali, ya?" kata Luna. "Anda memang mental health bu," kata Deddy.

Bukan cuma itu, Deddy juga mengomentari soal Ilene yang mengaku depresi karena dibully dan body shaming. Menurut Deddy, itu sudah jadi resiko pekerjaan Ilene sebahai model.

"Aku kayak baru beres SMA kan, dan itu ternyata pressure (sebagai model muda) buat aku. Aku makin stres. Aku nyoba segala diet, tapi gagal. Alhasil aku makin dapat bullying sama body shaming," kata Ilene. "Menurut pendapatku, memang menentukan profesi, tuntutannya jadi seperti itu. Kalau saya tidak merasa itu sebagai body shaming," kata Deddy.

"Mungkin aku kurang kuat pada waktu itu, akhirnya aku decide ke psikiater. Diajak ngobrol," kata Ilene. "Momen depresi kamu paling parah apa?" tanya Deddy. "Aku mulai terganggu, mulai insomnia, hampir setiap hari aku punya keinginan bunuh diri, tapi aku gak mampu melakukannya," kata Ilene. "Itu bukan jalan keluar," ujar Deddy.

Twitter

Reaksi Netter

Video itu rupanya menuai reaksi protes dari banyak pihak hingga jadi trending di Twitter lewat tagar #INTM. "Luna sama Deddy udah kelewatan sih ini. Making fun to people struggle," kata netter. "That's so impolite of Deddy & Luna shaming her disorder, it was Ilene's story and her own. Even if the entertainment industry works that way, they have the choice to stop the shaming and share only kindness," kata seorang netter.

(wk/riaw)

You can share this post!

Related Posts