7 Ide Memasak Quinoa Kreatif yang Tak Hanya Lezat Tapi Juga Sehat
pixabay.com
Kuliner

Quinoa adalah salah satu makanan nabati yang memiliki kandungan protein tinggi yang tidak mengandung gluten sehingga aman dikonsumsi bagi mereka yang alergi.

WowKeren - Jika kamu mencari makanan sehat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian, ada banyak sekali yang bisa kamu temukan. Salah satunya quinoa. Quinoa merupakan jenis biji-bijan yang berasal dari Peru dan dikenal sebagai makanan pokok suku Inca. Bahkan quinoa dianggap sebagai induk dari semua biji-bijian.

Quinoa tidak mengandung gluten sehingga aman dikonsumsi bagi mereka yang memiliki alergi dengan zat tersebut. Quinoa adalah salah satu makanan nabati yang memiliki kandungan protein tinggi. Selain itu, biji-bijian ini juga mengandung serat dan mineral penting lainnya seperti magnesium, zat besi, kalium, kalsium, dan fosfor.

Biji-bijian ini juga mengandung vitamin B dan vitamin E yang diperlukan oleh tubuh. Untuk mendapatkan semua manfaat itu, tak ada salahnya kamu mulai memasukkan quinoa ke dalam daftar menu makananmu sehari-hari. Berikut beberapa ide untuk inspirasi kulinermu.

(wk/zodi)

1. Campur dengan Apel untuk Makanan Penutup Bebas Gluten


Campur dengan Apel untuk Makanan Penutup Bebas Gluten
pixabay.com

Siapa bilang quinoa tidak bisa dijadikan sebagai makanan penutup? Kamu bisa lho memakai quinoa untuk membuat pai yang dicampur dengan oat sebagai topping. Perpaduan ini akan memberimu asupan serat untuk kebutuhan nutrisi sehari-hari. Caranya, campurkan tepung almond, quinoa, telur, susu almond, minyak kelapa, dan sirup maple ke dalam mangkuk.

Tuang adonan ke dalam loyang. Masukan irisan apel, choco chips, dan oat di atasnya lalu panggang selama 45 menit. Karena menggunakan tepung almond, maka makanan ini aman bagi kamu yang alergi gluten. Bagi kamu yang ingin mengetahui rekomendasi tepung alternatif lainnya, bisa menyimak di artikel ini, ya.

2. Makaroni Rasa Keju Juga Tak Kalah Lezat


Makaroni Rasa Keju Juga Tak Kalah Lezat
pixabay.com

Makaroni merupakan salah satu pasta berbentuk pipa kecil yang biasanya diolah dengan saus krim dan kacang polong. Jika kamu ingin menghindari kandungan sodium yang tinggi dari makaroni ini, bisa menggantinya dengan quinoa. Masak quinoa dengan air kaldu. Panaskan mentega dalam wajan.

Masukkan campuran tepung dan susu ke dalam wajan tersebut. Tambahkan susu dan aduk terus-menerus sampai mengental. Jika sudah matang, tambahkan yoghurt yunani, keju, dan bumbu yang diperlukan. Tuang di atas quinoa yang sudah matang dan aduk hingga tercampur rata. Untuk menambah cita rasa, tambahkan keju parmesan.

3. Jadikan Sup Kental untuk Diet Vegetarian


Jadikan Sup Kental untuk Diet Vegetarian
pexels.com/Ponyo Sakana

Semangkuk sup hangat di musim hujan saat malam hari bisa menjadi menu makan malam yang lezat. Namun sayangnya, tak sedikit sup kental mengandung banyak lemak jenuh dan natrium yang banyak dihindari sebagian orang. Kamu bisa mengganti krim tersebut dengan alternatif lain berupa susu nabati.

Lalu, dapatkan manfaat maksimal dengan membahkan quinoa ke dalamnya. Karena sup ini dibuat dari bahan-bahan nabati maka sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu diet vegetarian yang lezat. Selain itu, menu sup kental ini bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama.

4. Tambahkan Selai Kacang untuk Menu Salad Sehari-hari


Tambahkan Selai Kacang untuk Menu Salad Sehari-hari
pixabay.com

Bosan dengan menu salad yang sama? Tambahkan saja quinoa ke dalam daftar menu saladmu dengan menambahkan selai kacang untuk cita rasa yang lebih bervariasi. Selain kedua bahan di atas, kamu juga bisa menambahkan cranberry serta keju untuk membuatmu lebih kenyang.

Sedangkan untuk bumbunya, kamu bisa memberinya sedikit cuka apel dan minyak zaitun. Perpaduan bahan-bahan di atas sangat kaya nutrisi, termasuk minyak zaitun yang banyak dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner dan kardiovaskular lainnya. Sedangkan cranberry mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal dampak radikal bebas.

5. Casserole Ayam Lezat untuk Varian Rasa Baru


Casserole Ayam Lezat untuk Varian Rasa Baru
pixabay.com

Casserole sebenarnya adalah sebuah kata dalam bahasa Prancis yang berarti panci besar yang digunakan untuk memasak hidangan di dalam oven. Casserole di sini mengacu pada makanan yang dimasak dengan perkakas semacam itu. Casserole dibuat dengan mengombinasikan variasi pati, daging, sayuran, dan bahan lainnya, lalu memanggangnya.

Biasanya, daging ayam yang digunakan untuk casserole harus dimasak terlebih dahulu sampai matang. Casserole ayam dan quinoa bisa dijadikan sebagai opsi sarapan kaya nutrisi untuk menambah energi selama beraktivitas seharian.

6. Padukan dengan Kale untuk Salad Kaya Serat


Padukan dengan Kale untuk Salad Kaya Serat
pixabay.com

Salad adalah salah satu cara untuk mendapatkan asupan serat sehari-hari yang cukup. Mencampurkan quinoa dengan kale sepertinya bukan ide buruk untuk memulai harimu. Quinoa akan memberikan cita rasa baru jika kamu bosan dengan menu salad yang itu-itu saja. Selain rasa, quinoa juga akan memberimu tekstur salad yang berbeda.

Sementara itu, kale sendiri kaya akan vitamin A dan C yang sangat baik untuk kesehatan kulitmu. Sayuran hijau ini juga mengandung mangan dan kandungan serat yang baik. Daun kale merupakan salah satu sumber vitamin K yang baik untuk kesehatan tubuh terutama untuk proses pembekuan darah.

7. Campur dengan Wortel, Quinoa Juga Lezat untuk Muffin


Campur dengan Wortel, Quinoa Juga Lezat untuk Muffin
pixabay.com

Tak hanya untuk makanan utama, kamu juga bisa mencoba sesuatu yang baru dengan stok quinoa di rumah. Untuk kue muffin misalkan. Biji-bijian ini bisa menjadi alternatif yang baik sebagai bahan pelengkap untuk kue yang dipanggang. Dengan mencampurkan gandum dan quinoa, kamu bisa membuat kue muffin yang kaya serat dan manfaat dengan rasa yang lezat.

Itulah tadi beberapa ide mengolah quinoa sebagai makanan yang lezat dan kaya manfaat. Selain quinoa, ada banyak makanan lezat lainnya yang menyimpan segudang manfaat. Seperti beberapa jenis kacang yang banyak digunakan untuk camilan maupun bahan untuk membuat makanan. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimaknya di artikel ini, ya.

You can share this post!

Related Posts