Tak Hanya Lezat, 7 Selai Kacang Ini Ternyata Simpan Segudang Manfaat untuk Kesehatan!
pixabay.com
Kuliner

Ada banyak selai kacang yang bisa kamu jadikan opsi sarapan. Tak hanya kacang tanah, namun juga almond hingga mete serta beberapa jenis kacang lainnya yang kaya nutrisi.

WowKeren - Menikmati sepotong roti isi saat sarapan untuk mengawali hari memang menjadi opsi yang simpel dan lezat. Pada umumnya untuk menghemat waktu, bahan isi roti yang banyak digunakan adalah selai. Dengan adanya selai di kulkas, bisa menjadi penyelamat kapan saja saat lapar untuk dinikmati bersama roti.

Ada banyak variasi selai yang bisa kamu pilih sesuai pilihan termasuk salah satunya adalah selai kacang. Tinggal mengoleskannya di permukaan roti dan menu sarapanmu pun sudah siap hanya dalam beberapa detik.

Saat ini, ada banyak selai kacang yang bisa kamu dapatkan di supermarket. Tak hanya kacang tanah, namun juga almond hingga mete serta beberapa jenis kacang lainnya yang kaya nutrisi. Berikut beberapa selai kacang atau nut butter yang bisa kamu jadikan opsi untuk menemanimu sarapan.

(wk/zodi)

1. Selai Kacang Almond


Selai Kacang Almond
pexels.com/Kafeel Ahmed

Sudah menjadi rahasia umum jika kacang yang satu ini menyimpan segudang manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Kacang almond kaya akan antioksidan berupa vitamin E yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Selai almond bisa menjadi kombinasi yang baik untuk menemani sarapan rotimu di pagi hari. Almond mengandung lebih banyak lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Jika kamu penggemar makanan yang satu ini, intip juga manfaat susu almond yang menyehatkan di sini, ya.

2. Selai Kacang


Selai Kacang
pexels.com/Karolina Grabowska

Jenis yang satu ini sangat umum dijumpai di pasaran. Bukan tanpa alasan selai kacang banyak diminati selain karena rasanya yang memang lezat. Kacang tanah mengandung banyak protein dan nutrisi lainnya, termasuk zat besi dan asam folat yang mampu mencegah anemia.

Selain itu, selai kacang yang satu ini juga kaya akan kandungan kalium yang baik untuk kesehatan otot, serta magnesium untuk kekuatan tulang. Sebuah studi menunjukkan jika mengonsumsi selai kacang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Selai Kacang Kenari


Selai Kacang Kenari
pexels.com/Andreea Ch

Selain menjadi opsi yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein, selai kacang kenari juga bisa menjadi sumber yang baik untuk pemenuhan asupan asam alfa-linolenat, yang merupakan asam lemak omega-3 yang ditemukan pada tumbuh-tumbuhan.

Asam alfa-linolenat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Ahli diet sekaligus pendiri Keatley Medical Nutrition Therapy, Scott Keatley, mengatakan jika asam lemak esensial ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan mengurangi gejala pengerasan pada pembuluh darah.

4. Selai Biji Bunga Matahari (SunButter)


Selai Biji Bunga Matahari (SunButter)
pixabay.com

Reaksi alergi dapat terjadi pada siapa saja dengan pemicu yang bervariasi. Ada kalanya bagi sebagian orang, kacang-kacangan juga menyebabkan reaksi alergi. Jika seperti ini masalahnya maka diperlukan alternatif lain.

Selai biji bunga matahari bisa menjadi solusi bagi mereka yang alergi atau sensitif terhadap kacang-kacangan. Biji bunga matahari kaya akan vitamin A dan E yang sangat bagus untuk kesehatan mata dan kulit. Sebaiknya tidak berlebihan mengonsumsi selai ini karena kandungan kalorinya yang cukup tinggi.

5. Selai Kacang Hazel


Selai Kacang Hazel
pixabay.com

Menurut ahli diet sekaligus penulis The Small Change Diet, Keri Gans, RD, selai kacang hazel juga bisa menjadi alternatif lain bagi mereka yang memiliki alergi terhadap kacang-kacangan. Kacang hazel kaya akan kandungan asam oleat.

Asam oleat merupakan bentuk lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, kacang hazel juga bisa menjadi sumber asupan vitamin E bagi tubuh. Ingat, pilihlah selai hazelnut murni, bukan selai hazelnut cokelat karena justru lebih banyak mengandung gula.

6. Tahini


Tahini
pexels.com/Nataliya Vaitkevich

Nama yang satu ini mungkin belum seberapa akrab di telinga kita. Tahini merupakan sebuah olahan kental yang terbuat dari biji wijen dan kulit jagung dengan tekstur yang menyerupai selai kacang. Tahini banyak digunakan pada hidangan khas Timur Tengah.

Kendati demikian, tahini mulai populer beberapa tahun terakhir. Selain mengandung vitamin E, tahini juga kaya kandungan tembaga yang berperan penting alam proses pembentukan sel darah merah. Untuk penyerapan maksimal, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi tahini bersamaan dengan makanan yang mengandung zink.

7. Selai Kacang Mete


Selai Kacang Mete
pixabay.com

Kacang yang satu ini selain lezat dinikmati sebagai camilan maupun campuran cokelat batangan, ternyata juga nikmat dinikmati bersama roti dalam bentuk selai. Karena rasanya yang lebih manis, selai mete cocok untuk kamu yang ingin menurunkan asupan gula tambahan tanpa merusak gigi. Meski harganya sedikit lebih mahal, namun selai kacang yang satu ini lebih rendah protein.

Selain diolah menjadi selai, kacang-kacangan juga banyak dimanfaatkan untuk memasak. Tak jarang juga kacang dinikmati sebagai camilan sehari-hari. Untuk mengetahui lebih lengkap manfaat jenis kacang-kacangan tertentu kamu bisa menyimaknya pada artikel ini, ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel