Delegasi India Dinyatakan Positif COVID-19 Setibanya Di London Untuk Hadiri Pertemuan G7
Dunia
Pandemi Virus Corona

COVID-19 hingga saat ini masih menjadi kekhawatiran tersendiri bagi negara-negara di dunia. Hal itu rupanya juga tengah dirasakan oleh anggota pertemuan G7 usai delegasi India dinyatakan positif COVID-19.

WowKeren - Pertemuan G7 di London tengah dilanda rasa kekhawatiran akan COVID-19 ketika Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar dan seluruh timnya mengatakan mereka mengisolasi diri. Hal itu dilakukan karena dua anggota delegasi India dinyatakan positif COVID-19.

Dilansir dari Channel News Asia, India datang sebagai tamu di pertemuan G7 pada Selasa (4/5) malam. "Diberitahu kemarin malam tentang kemungkinan kasus positif COVID-19," tulis Subrahmanyam di Twitter.

Menlu India itu akhirnya memutuskan untuk menghadiri pertemuan secara virtual. "Sebagai tindakan untuk sangat berhati-hati dan juga untuk mempertimbangkan orang lain, saya memutuskan untuk melakukan diplomasi saya dalam mode virtual, itu juga akan terjadi pada pertemuan G7 hari ini (Rabu, 5/5)," terangnya.

Pertemuan tersebut merupakan pembuka dari KTT G7 yang akan diselenggarakan di sebuah resort pedesaan Inggris pada bulan Juni mendatang. Pertemuan itu nantinya akan dihadiri oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan para pemimpin dunia lainnya.


Pertemuan yang dijadwalkan pada Rabu (5/5), tetap berjalan sesuai dengan rencana secara tatap muka. Mengenai dua delegasi India yang dinyatakan positif COVID-19, Perdana Menteri Boris Johnson mengaku tidak menyesal mengadakan pertemuan secara langsung. Johnson mengatakan akan berbicara dengan Menlu India melalui zoom.

Sementara Menlu Inggris Dominic Raab mengatakan bahwa aturan terkait dengan protokol kesehatan telah diterapkan dengan cermat dan bekerja secara efektif. Hal itu bertujuan agar KTT pada bulan Juni tetap bisa digelar secara langsung. "Kami tahu sistem ini berfungsi, kami akan dapat merencanakan lebih banyak lagi dan bahkan lebih hati-hati," terang Raab.

Saat pertemuan dimulai secara langsung, Raab sempat menyapa anggota G7 lainnya saat mereka tiba di tempat acara berlangsung. Sementara itu, Diplomat Senior Inggris terlihat juga menyapa Menlu India yang menghadiri acara tersebut secara virtual.

"Kami sangat menyesalkan Jaishankar tidak dapat menghadiri pertemuan hari ini secara langsung," ujar Diplomat senior Inggris itu. "Ini lah mengapa kami menerapkan protokol COVID-19 yang ketat dan pengujian harian."

Sebagai informasi, India sebenarnya bukan anggota dari negara G7, tetapi diundang oleh Inggris. Tidak hanya India, Inggris juga mengundang negara lain yang juga bukan anggota G7 yakni Australia, Afrika Selatan dan Korea Selatan.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts