Fakta! Mayoritas Orang Terkaya Dunia Cerai, Mark Zuckerberg dan Warren Buffet Tidak Termasuk?
pexels.com/Ketut Subiyanto
SerbaSerbi

Sebelum Bill-Melinda Gates, sejatinya sudah ada beberapa pasangan orang terkaya dunia lainnya yang juga memutuskan untuk mengakhiri bahtera rumah tangga mereka.

WowKeren - Perceraian terkadang dianggap sebagai jalan keluar yang paling baik bagi kedua belah pihak jika situasi memang tidak memungkinkan untuk melanjutkan kehidupan bersama. Perceraian bisa dialami oleh siapa saja, tak terkecuali para miliarder dunia. Belum lama ini dunia dihebohkan dengan kabar perceraian Bill Gates dan Melinda Gates.

Tentu saja, perceraian ini menjadi perhatian dunia dan bagian yang cukup membuat penasaran adalah bagaimana keduanya membagi harta kekayaan mereka. Dengan aset sekitar 130 miliar dolar, pendiri Microsoft dan Melinda kemungkinan akan menjadi pesaing salah satu perceraian termahal yang pernah ada.

Namun sejatinya, perceraian miliarder dunia bukanlah hal yang jarang ditemui. Sebelum pasangan itu, sudah ada beberapa pasangan orang terkaya dunia lainnya yang juga memutuskan untuk mengakhiri bahtera rumah tangga mereka, termasuk Elon Musk dan Jeff Bezos. Berikut daftar lengkapnya.

(wk/zodi)

1. Roy E. Disney - Patricia Dailey (2007)


Roy E. Disney - Patricia Dailey (2007)
imdb.com/waltdisney.com

Roy dan istrinya mengajukan gugatan cerai pada 2007 ketika usia keduanya 77 dan 72 tahun. Perceraian ini mereka ajukan setelah 52 tahun menjalani kehidupan rumah tangga bersama. Roy, yang merupakan keponakan Walt Disney, memiliki kekayaan sekitar 1,3 miliar dolar AS pada saat itu. Sebelumnya, ia selalu masuk 400 besar daftar orang terkaya Forbes.

Namun, ia kehilangan hampir setengah dari kekayaannya dalam perceraian tersebut dan harus lengser dari daftar itu. Pada 2008, ia menikah dengan penulis dan produser Leslie DeMeuse yang juga pemenang Emmy dari berbagai film dokumenter layar. Roy meninggal setahun kemudian dan Patricia meninggal empat tahun setelahnya pada 2012.

2. Larry Ellison - Melanie Craft (2010)


Larry Ellison - Melanie Craft (2010)
AP/Jeff Chiu

Larry Ellison adalah pebisnis dan investor asal Amerika yang merupakan salah satu pendiri, ketua eksekutif dan chief technology officer (CTO) Oracle Corporation. Pada April 2021, ia terdaftar oleh Bloomberg Billionaires Index sebagai orang terkaya kesembilan di Amerika Serikat dan sebagai orang terkaya kesepuluh di dunia. Dia juga pemilik pulau Lanai di Kepulauan Hawaii yang berpenduduk 3.000 jiwa.

Larry pernah menikah dan bercerai empat kali. Pada 2010 ia bercerai dengan Melanie Craft, seorang novelis roman setelah menikah sejak 2003. Sebelumnya, ia pernah menikahi Adda Quinn pada tahun 1967 dan bercerai di tahun 1974. Ia kemudian menikah dengan Nancy Wheeler Jenkins dan bercerai pada 1978. Sebelum menikah dengan Craft, ia bercerai dengan Barbara Boothe setelah 3 tahun menikah.

3. Steve Wynn - Elaine Pascal (2010)


Steve Wynn - Elaine Pascal (2010)
AP/Isaac Brekken

Salah satu pendiri raksasa kasino Wynn Resorts bercerai (untuk kedua kalinya) pada tahun 2010. Penyelesaian itu menentukan bahwa Elaine yang merupakan anggota dewan Wynn Resorts sejak 2002, menerima 11 juta saham, yang kemudian bernilai sekitar 795 juta dolar AS. Steve juga menjual sekitar 114 juta dolar saham di tahun yang sama. Sebagian di antaranya diberikan ke Elaine sebagai bagian dari kesepakatan perceraian.

Elaine kemudian menggugat Wynn Resorts pada tahun 2012 karena menjual sebagian dari 9 persen sahamnya dan dikeluarkan dari dewan tiga tahun kemudian. Setelah Steve mengundurkan diri sebagai CEO dan ketua pada Februari 2018 di tengah tuduhan pelecehan seksual, dia menjual semua sahamnya.

4. Elon Musk - Talulah Riley (2012)


 Elon Musk - Talulah Riley (2012)
Instagram/Taluah Riley

Nama Elon Musk tentu sudah tak asing lagi di telinga kita. Pria yang merupakan CEO SpaceX dan Tesla tersebut pada tahun 2012 bercerai dengan istri keduanya aktris asal Britania Raya Talulah Riley. sebelumnya, ia telah menikah dengan penulis asal Kanada Justine Musk pada tahun 2000.

Namun sayangnya, mereka harus mengakhiri hubungan pada September 2008. Saat ini, miliarder dunia tersebut tengah menjalin hubungan dengan musisi Grimes dan baru saja menyambut kelahiran anak mereka. Yang mana, nama bayi merak juga sempat menggemparkan jagat maya beberapa waktu lalu.

5. Harold Hamm - Sue Arnald (2014)


Harold Hamm - Sue Arnald (2014)
AP Photo/Evan Agostini

Setelah tiga tahun melalui proses pengadilan yang pelik, Harold Hamm pada tahun 2015 mencoba untuk mengakhiri pernikahan 26 tahunnya dengan Sue Ann dengan menulis cek sebesar jumlah tertentu. Namun kemudian Ann menginginkan jumlah yang lebih besar dan mengajukan banding untuk mencari bagian yang lebih besar dari kekayaan 13,7 miliar dolar terkait dengan 75 persen kepemilikan Hamm di Continental Resources.

Pada bulan April 2015, Mahkamah Agung Oklahoma mengakhiri kasus tersebut dengan mengabulkan mosi Harold untuk membatalkan bandingnya, dengan alasan dari preseden bahwa Sue Ann telah menyetujui penyelesaian tersebut dengan menandatangani dan menyetorkan cek. Sue Ann kemudian mendanai komite aksi politik yang berhasil menggulingkan hakim yang memimpin perceraian itu.

6. Jeff Bezos - MacKenzie Scott (2019)


Jeff  Bezos - MacKenzie Scott (2019)
AP/Ted S. Warren

Beberapa waktu lalu, dunia sempat digemparkan dengan perceraian bos Amazon Jeff Bezos dengan MacKenzie Scott. Perceraian yang terjadi pada tahun 2019 disebut-sebut yang paling mahal dalam sejarah. Dari perceraian itu, Scott menerima 38 miliar dolar dan saat ini memiliki kekayaan bersih 6,1 miliar dolar. Jumlah ini menjadikannya wanita terkaya ketiga di dunia.

Meski demikian, Bezos di sisi lain tetap menjadi orang terkaya di dunia. Mengutip situs resmi Forbes, Bezos saat ini masih setia bertengger di posisi puncak sebagai orang terkaya di dunia dengan harta senilai 177 miliar dolar. Adapun sumber kekayaannya masih berasal dari Amazon.

7. Bill - Melinda Gates (2021)


 Bill  - Melinda Gates (2021)
Instagram/thisisbillgates

Perceraian pasangan ini masih hangat dibicarakan. Bagaimana tidak, Bill Gates dan Melinda Gates telah menjalani kehidupan rumah tangga selama 27 tahun. Pasangan itu telah dikaruniai 3 orang anak dan memiliki yayasan yang memungkinkan semua orang untuk bisa menjalani kehidupan yang sehat dan produktif. Meski bercerai, namun keduanya melalui pernyataannya baru-baru ini mengkonfirmasi bahwa mereka akan bersama-sama mengelola yayasan itu.

Bill Gates adalah salah satu pendiri dan mantan CEO Microsoft. Ia pertama kali bertemu Melinda pada tahun 1980-an ketika dia bergabung dengan Microsoft. Saat ini, ia menduduki posisi 4 sebagai orang terkaya di dunia dengan harta senilai 124 miliar dolar. Adapun sumber kekayaan pria yang bertempat tinggal di Washington ini adalah dari Microsoft.

Walau pernikahan para miliarder di atas berakhir dengan perceraian, masih ada miliarder dunia lain yang tetap langgeng menjalani kehidupan rumah tangga mereka. Seperti sebut saja Mark Zuckerberg dan Warren Buffett. Masing-masing saat ini menduduki posisi 5 dan 6, dengan total kekayaan berturut-turut 97 miliar dolar dan 96 miliar dolar.

You can share this post!

Related Posts